10 Cara Mengatasi Rambut Rontok Secara Alami

Rambut rontok dapat menimpa siapa saja baik itu pria maupun wanita . Mengatasi rambut rontok secara alami tentunya lebih dianjurkan dibandingkan penggunaan produk atau obat-obatan kimia yang banyak beredar di pasaran . Untuk itu , sebaiknya anda pikir-pikir terlebih dahulu untuk menentukan pengobatan seperti apa yang sebaiknya anda terapkan pada kerontokan rambut yang anda alami saat ini . Berikut ini kami jabarkan kepada anda secara lengkap.

Cara Mengatasi Rambut Rontok

Gambar Ilustrasi Rambut Rontok

Penyebab Rambut Rontok Pada Pria dan Wanita

Ada berbagai macam penyebab kerontokan rambut pada pria maupun wanita . Untuk pria , hal ini dikenal dengan istilah Alopesia Androgenetik . Dimana kerontokan terjadi diakibatkan oleh hormon DHT yang terlalu tinggi . DHT adalah salah satu jenis dari hormon Testosteron yang membuat penurunan pada ketebalan rambut , sehingga akar menjadi lebih lemah dan terjadilah kerontokan .

Sedangkan untuk para wanita , hal ini umumnya terjadi dikarenakan sudah memasuki masa menopause , masa kehamilan atau setelah melahirkan dan juga adanya penggunaan kontrasepsi hormonal . Untuk mereka yang setelah melewati masa melahirkan , kecenderungan perubahaan hormon akan meningkat dengan sangat pesat . Sehingga , anda akan menemukan kerontokan pada bagian rambut kepala .

Penyebab lainnya yang terjadi pada pria dan wanita adalah masalah gizi . Pola hidup yang tidak sehat dan asupan makanan yang tidak mengandung gizi yang cukup membuat rambut menjadi lebih tipis bahkan rapuh . Pastikan anda memperhatikan asupan gizi yang sangat penting tidak hanya untuk mencegah terjadi kerontokan pada rambut , anda juga akan memiliki kekebalan tubuh yang baik dan terhindar dari berbagai macam penyakit .

Penggunaan bahan kimia seperti yang ada di salon juga sangat mempengaruhi ketebalan helai rambut . Bahkan , penggunaan panas untuk meluruskan rambut dapat membuat akar serta batang menjadi lebih rapuh dan mudah patah . Sehingga anda akan mendapatkan kerontokan rambut ada dimana-mana . Pastikan bahwa anda tetap menjaga nutrisi yang diperlukan untuk tetap menjaga kesehatan rambut . Selain itu , stress juga dapat meningkatkan hormon yang membuat rambut menjadi rontok.

Cara Mengatasi Rambut Rontok

Minyak Zaitun – Selain digunakan untuk tambahan penyedap makanan , minyak zaitun yang dikenal mengandung anti oksidan yang cukup tinggi juga mampu untuk mengatasi dan mempercepat tumbuhnya bagian rambut yang sudah rontok . Bahkan , dengan minyak ini anda juga dapat membuat rambut terlihat lebih hitam dan berkilau secara alami . Penggunaannya pun cukup mudah , anda cukup mengolesi minyak zaitun pada are kulit kepala hingga terkena ke akar rambut , dan lakukan pemijatan kurang lebih 10 menit . Lakukan hal ini setiap hari untuk mendapatkan hasil yang maksimal .

Minyak Kemiri – Bahan yang satu ini mungkin sudah tidak asing lagi ditelinga anda . Ya , minyak kemiri sudah lama dikenal sebagai obat herbal tradisional yang mampu merangsang tumbuhnya rambut lebih cepat . Untuk mendapatkan minyak kemiri , anda cukup membakarnya dan mengkompresnya dengan ulekan . Anda akan mendapatkan minyak kemiri dalam warna yang hitam . Setelah itu anda dapat menggunakannya seperti penggunaan bahan sebelumnya . Namun , anda tidak perlu repot untuk mendapatkan minyak kemiri pada saat ini . Karena , bahan yang siap jadi sudah banyak diperjual belikan di minimarket .

Lidah Buaya – Ekstrak lidah buaya pada saat ini sudah banyak digunakan diberbagai produk shampoo yang menawarkan cara mudah untuk mempercepat tumbuhnya rambut . Tanaman yang sudah lama dikenal sejak dahulu berkhasiat menyuburkan rambut ini bisa anda gunakan sebagai obat alami untuk mengatasi rambut rontok yang anda miliki . Penggunaannya pun juga cukup mudah . Anda cukup mengambil lidah buaya dan menggunakan jel nya sebagai pengganti shampoo . Jangan lupa untuk melakukan pemijatan selama 10 menit sebelum akhirnya anda bilas menggunakan air bersih . Jika anda menerapkan bahan yang satu ini setiap hari , anda akan mendapatkan rambut yang sehat tidak kurang dari 5 bulan saja .

Putih Telur – Bahan yang sangat mudah didapatkan dan tidak asing bagi kehidupan kita sehari-hari ini ternyata ampuh untuk mengatasi rambut rontok . Anda cukup mengoleskan putih telur pada kulit kepala dan didiamkan selama kurang lebih 10 menit . Hal ini dimaksudkan untuk memberikan nutrisi tambahan bagi helai dan akar rambut . Karena kita ketahui , putih telur memiliki kandungan protein yang sangat tinggi . Bahkan , dengan menggunakan bahan alami yang satu ini , anda akan mendapatkan tumbuhnya rambut lebih cepat hingga 150% .

Madu – Selain bermanfaat untuk kesehatan kulit , mengoleskan madu pada rambut dan kulit kepala juga sangat ampuh untuk mengatasi rambut rontok . Sejak dahulu , madu dikenal memiliki berbagai macam khasiat yang baik bagi kesehatan . Cara penggunaannya juga sama , anda cukup mengoleskannya dan kemudian mendiamkannya kurang lebih 20 – 30 menit sebelum dibilas menggunakan air bersih . Madu sangat kaya akan vitamin yang mampu merangsang kesehatan akar rambut.

Hindari Perawatan Dengan Bahan Kimia  dan Kurangi Stress– Sebaiknya hindari penggunaan obat-obatan kimia yang tidak jelas asal usulnya untuk perawatan rambut yang anda miliki . Sebaiknya , konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter spesialis sebelum memutuskan produk yang baik dengan tipikal rambut yang anda miliki . Menumpuknya pekerjaan dan munculnya berbagai permasalahan kehidupan yang anda terima , dapat memcu timbulnya stress . Hal ini mengakibatkan meningkatnya hormon yang membuat akar rambut menjadi lebih rentan dan rapuh . Selain itu , hindari makanan yang mengandung kolestrol tinggi .

Simak juga: Tanda-Tanda Anda Memiliki Kadar Kolestrol Tinggi

Untuk mengetahui secara detail tentang permasalahan rambut rontok yang anda miliki , segera konsultasikan dengan dokter spesialis untuk mendapatkan rekomendasi perawatan dan pengobatan yang terbaik bagi kesehatan rambut anda.

10 Cara Mengatasi Rambut Rontok Secara Alami | Siopung | 4.5