10 Cara Menghemat Kuota Internet Hingga 200% Di Android

10 Cara Menghemat Kuota Internet Hingga 200% Di Android

Gambar Ilustrasi Penggunaan Kuota Internet Via Pixabay.com

Penggunaan data internet yang berlebihan tentu saja dapat merugikan kamu dari sisi keuangan. Pasalnya, kuota internet bukanlah barang murah. Untuk mendapatkan data internet sebesar 3GB saja, pada umumnya kamu harus mengeluarkan dana sebesar Rp 50.000 – Rp 100.000 . Jika selama satu bulan kamu membeli data sebanyak 3 kali, berapa rupiah dana yang kamu keluarkan ?

Tentu sangat disayangkan jika dana yang kamu keluarkan tidak memberikan manfaat yang besar bagi dirimu . Untuk itu, kamu perlu memperhatikan hal-hal sederhana yang bisa menghemat kuota internet yang ada di smartphone-mu . Berikut beberapa tips yang bisa kamu terapkan .

1. Gunakan Facebook Di Browser

Sudah bukan rahasia umum lagi jika facebook merupakan aplikasi nomor satu yang sangat boros data internet . Namun, tidak semua orang bisa meninggalkan kebiasaan mengunjungi situs ini . Aplikasi dengan pengguna terbanyak di dunia ini memiliki beragam kelebihan yang tidak bisa ditemukan di situs lain .

Salah satunya adalah kelengkapan fitur jejaring sosial, dimana kita dapat mengetahui update status,foto, dan lain-lain dari seluruh pertemanan kita secara real time . Oleh sebab itu, situs ini memiliki permintaan data yang tinggi dimana ia bekerja secara otomatis setiap detiknya meng-update segala informasi yang ada .

Baca Dulu Tips Ampuh Hemat Data Saat Buka Facebook Di Android

Kabar gembira nya, kamu tidak diwajibkan untuk menginstall aplikasi facebook untuk tetap mengunjungi situs tersebut. Oleh sebab itu, kamu dapat menghemat data internet jika melakukan kunjungan melalui browser dengan mengunjungi m.facebook.com . Kenapa hemat data ? Dengan menggunakan browser, kamu menghindari facebook berjalan di latar belakang memakan kuota internetmu .

2. Bijaklah Menggunakan Instagram

Selain facebook, aplikasi berikutnya yang dapat menguras kota internetmu adalah intagram . Hal yang membuat aplikasi ini sangat boros data adalah update video dan gambar yang dimuat secara real time . Gambar dan video di IG termasuk yang berkualitas yang tinggi . Sehingga ukurannya membuat kamu mengharuskan mengeluarkan data internet yang besar untuk bisa menampilkannya .

Salah satu tips bijak menggunakan instagram adalah dengan mengurangi akun yang kamu follow . Semakin banyak akun yang kamu ikuti, tentu saja membuat beranda-mu menjadi sangat ramai. Jika beranda-mu sangat ramai, maka kuota internetmu akan terkuras dengan sangat cepat . Jadi, follow lah akun yang menurutmu penting untuk diikuti .

3. Jangan Hapus Cache Aplikasi

Loh? Kenapa cache tidak boleh dihapus ? . Ini adalah pemahaman yang sangat keliru di kalangan pengguna smartphone di indonesia . Cache adalah data yang tersimpan dari sebuah aplikasi atau website yang bermanfaat digunakan jika kamu mengunjungi atau membuka kembali aplikasi tersebut . Pada saat itu, sistem tidak akan melakukan proses download data dari sebuah website . Ia akan menggunakan data yang ada di Cache .

Manfaat cache salah satunya adalah mempercepat kamu membuka aplikasi atau website , dan menghemat kuota internetmu . Lalu kapan waktunya kamu harus menghapus cache ? . Lakukan penghapusan cache setidaknya 2 minggu sekali . Hal ini dilakukan untuk melegakan memory . Jangan lakukn penghapusan setiap hari, tindakan ini membuat kuota intermetmu menjadi sangat boros.

4. Gunakan Hanya Satu Aplikasi Perpesanan

Kenapa harus menginstall banyak aplikasi perpesanan jika kamu hanya berkomunikasi dengan orang yang sama ? . Hal ini yang mungkin banyak dilakukan orang indonesia dikala mereka takut dikatakan ketinggalan jaman . Padahal, menginstall banyak aplikasi perpesanan, hanya akanmenguras data internetmu lebih banyak setiap detiknya . Salah satu aplikasi perpesanan nomor wahid yang unggul dalam menguras data adalah BBM dan Line .

Aplikasi tersebut tidak hanya menampilkan pesan, malinkan update gambar, informasi status terbaru, dan lain-lain. Salah satu aplikasi perpesanan yang sangat hemat penggunaan data adalah Whatsapp . Kamu bisa mengajak seluruh temanmu untuk menggunakan aplikasi perpesanan yang satu ini .

5. Gunakan Youtube Hanya Saat Tersambung Dengan Wifi

Youtube adalah aplikasi yang jika digunakan mampu menguras data bergiga-giga hanya dalam satu jam saja . Untuk menghabiskan data internet sebanyak 1 GB, kamu hanya membutuhkan waktu tidak kurang dari satu jam . Hal ini sangat lazim, mengingat Youtube merupakan aplikasi berbasis video . Untuk kamu yang ingin menghemat data saat menggunakan aplikasi ini, pastikan kamu hanya menggunakannya saat tersambung dengan wifi .

Salah satu kelebihan Youtube saat ini adalalah adanya mode offline, dimana saat tersambung dengan wifi kamu dapat mendownloadnya, pada saat tidak tersambung, kamu dapat menontonnya .

6. Lakukan Pembaruan Aplikasi Hanya Saat Tersambung Wifi

Kamu dapat melakukan settingan di Play Store, dimana sistem akan melakukan pembaruan otomatis saat smartphone kamu tersambung dengan Wifi . Jangan gunakan kuota internetmu, pasalnya sebagian aplikasi memiliki ukuran file yang sangat tinggi . Tentunya kamu tidak menginginkan kuota internetmu habis hanya untuk memperbarui aplikasi .

Jadi, lakukan pembaruan aplikasi hanya saat kamu tersambung dengan wifi . Pada saat ini, kamu dengan mudah menemukan wifi diseluruh sudut kota .

7. Install Aplikasi Berita

Untuk kamu yang maniak informasi, sebaiknya kamu mengintall aplikasi berita yang kamu inginkan. Faktanya, penggunakan aplikasi lebih menghemat kuota internet dibandingkan kamu menelusurinya melalui browser . Hal ini berbeda dengan penggunaan facebook dimana kamu dianjurkan untuk menggunakan browser saja dalam penggunaannya .

Apalikasi berita memiliki file yang lebih terkompres dibandingkan kamu mengunjungi situs mobile nya . Jika kamu ingin membaca berita, sebaiknya lakukan instalasi aplikasi nya saja . Tidak perlu mengunjungi melalui browser . Namun, pastikan kamu mematikan notifikasi pembaruan terbaru . Agar data internet kamu habis saat aplikasi tidak digunakan .

8. Matikan Sinkronisasi Yang Tidak Diperlukan

Sinkronisasi adalah proses update notifikasi terbaru untuk aplikasi-aplikasi tertentu . Seperti Google Maps, Gmail, Kalender, dan lain-lain . Sinkronisasi tersebut memiliki sifat melakukan redownlod data dari server asal . Hal ini akan menyebabkan kuota internet digunakan . Walaupun terbilang sangat kecil, namun mengaktifkan sinkronisasi berarti membiarkan data internetmu digunakan setiap detiknya .

Aktifkan hanya untuk aplikasi yang kamu perlukan saja . Contohnya adalah Gmail . Gmail membutuhkan sinkronisasi agar kamu dapat menerima notifikasi terbaru yang masuk ke email-mu .

9. Aktifkan Kompresi Data Pada Chrome

Jika kamu adalah pengguna setia browser Chrome, sebaiknya aktifnya kompresi data untuk menghemat penggunaan kuota internet saat kamu sedang melakukan aktifitas browsing . Dengan menerapkan kompresi data, kamu dapat menghemat setidaknya 40% penggunaan data internet .

Untuk dapat menerapkan pengaturan ini, kamu cukup bukan Apalikasi Chrome, dan pergi menuju Settings > data saver.

 

10. Matikan Data Internet Saat Kamu Istirahat

Jika kamu sedang bersantai atau ingin tidur, sebaiknya matikan data internet yang ada di smartphone kamu . Hal ini berguna untuk mengurangi kerja smartphone dalam menggunakan kuota internet untuk hal yang tidak diperlukan. Proses latar belakang perpesanan melakukan download-upload ke database untuk memerika pesan terbaru yang kamu miliki . Jadi sebaiknya, matikan data, dan nikmati istirahatmu .

Baca Juga 5 Tips Merawat HP Android Agar Awet Dan Tahan Lama

Ini adalah cara yang disebut konyol namun sangat ampuh untuk menghemat data anda hingga 200% . Mematikan data adalah salah satu cara terbaik untuk melakukan penghematan kuota internet

10 Cara Menghemat Kuota Internet Hingga 200% Di Android | Siopung | 4.5