10 Manfaat Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Kehidupan

Teknologi telah berhasil mengubah pola hidup dunia maupun individu akhir-akhir ini. Meskipun demikian, bagi sebagian orang hal kemajuan teknologi yang terlalu pesat akan membawa dampak negatif terhadap perkembangan pola hidup manusia. Akan tetapi, kemajuan teknologi tidak selamanya membawa dampak negatif ada begitu banyak dampak positif yang dapat kita peroleh dari perkembangan teknologi yang semakian canggih ini.

Manfaat Teknologi Dalam Segala Bidang Aspek Kehidupan Manusia

Gambar Ilustrasi Besarnya Manfaat Teknologi Bagi Kehidupan Manusia Via Pixabay.com

Meninjau Lebih Jauh Manfaat Teknologi Bagi Kehidupan Manusia

Kita hanya memilah mana yang teknologi yang harus digunakan dan mana tidak. Pada saat ini, segala aspek dalam kehidupan manusia telah tergantung dengan teknologi . Misalnya saja adalah teknologi informasi . Dalam kehidupan sehari-hari, internet sangat membantu kita mencari berbagai jenis informasi dengan sangat cepat dan mudah .

Jika ditinjau lebih jauh, teknologi tepat guna tentunya akan memberikan manfaat yang besar bagi peradaban manusia . Namun faktanya, banyak diantara kita yang salah mengartikan dan memanfaatkannya . Seperti pisau bermata dua, tentunya teknologi akan memberikan manfaat yang baik apabila yang menggunakan juga memahami dengan baik fungsi dan manfaatnya .

Oleh karena itu, kita akan membahas beberapa manfaat teknologi yang diciptakan untuk membuat hidup lebih mudah dan lebih aman.

1. Manfaat Teknologi Dalam Bidang Kesehatan

Teknologi dan kesehatan merupakan hal yang tidak dapat dipisahkan seperti selai kacang dan jelly. Bahkan, perubahan teknologi untuk dunia kesehatan begitu banyak mengalami peningkatan akhir-akhir ini.

Adanya penemuan aplikasi dan perangkat yang dapat digunakan yang membantu orang memantau segala sesuatu yang ada di dalam manusia, dimulai dari kadar gula darah, denyut nadi, pengecekan adanya potensi sel kanker secara lebih dini dan masih banyak lagi.

Sekarang ini, teknologi memungkinkan pasien dapat melakukan konsultasi kepada dokter mereka dalam jarak jauh. Pasien juga dapat melaporkan data kesehatan terkena mereka dari jarak jauh kepada dokter mereka. Dan masih banyak lagi perkembangan teknologi yang sangat membantu perkembangan bidang kesehatan.

2. Adanya Teknologi Pembayaran Online

Pasti kamu pernah mendengar tentang munculnya pencurian identitas dan kejahatan cyber, tapi tenang ada banyak cara yang dapat dilakukan pengguna internet untuk melindungi diri mereka sendiri. Contohnya, jika kamu adalah pengguna Apple, Apple dilengkapi aplikasi yang memungkinkan pengguna untuk menyimpan data kartu kredit dan informasi pribadi lainnya dalam satu fitur yang aman.

Oiya, Baca Juga Tips Mengamankan Seluruh Data Pribadi Anda Di Internet

Dengan menggunakan fitur ini, pengguna dapat melakukan pembayaran dari ponsel mereka e dengan memvalidasi proses atau transaksi yang dilakukan melalui sidik jari mereka. Metode lain yang dapat dilakukan untuk melindungi data pembayaran yaitu dengan memanfaatkan aplikasi seperti PayPal .

Tidak masalah aplikasi apa yang kamu pilih untuk melakukan pembayaran online kamu, yang pasti aplikasi tersebut harus menjaga indentitas dan informasi pribadi kamu.

3. Berbelanja online

Apakah kamu tidak punya terlalu banyak waktu untuk pergi ke toko setiap minggunya? Tenang, banyak toko yang kini menawarkan produk dan jasa mereka melalui online.

Hal ini akan sangat membantu orang-orang dengan tingkat kesibukan tinggi. Jangan khawatir barang tidak sampai atau pesanan tidak sesuai dengan apa kamu inginkan. Sekarang ini, ada begitu banyak situs belanja online resmi yang menawarkan pengembalian barang apabila barang tersebut tidak sesuai dengan keinginan pelanggan.

4. Adanya Smart City ( Kota Pintar )

Jika kamu khawatir jika perubahan teknologi akan membawa dampak negatif bagi kamu dan lingkungan kamu. Mulailah untuk merubah pemikiran itu.

Pemanfaatan teknologi dimanfaatkan sebagian orang untuk menjadikan kawasan mereka menjadi kawasan kota pintar, dengan menggunakan teknologi, sebuah kota pintar dirancang untuk mengurangi konsumsi penggunaan listrik dan air yang dirancang agar hemat se-efisien mungkin untuk menghemat energi.

5. Membuang Sampah Secara Online, Apa Bisa ?

Internet memungkinkan kamu untuk menemukan hampir apa pun yang kamu mungkin bisa pikirkan. Ada begitu banyak layanan yang menyediakan persewaan barang-barang sehingga kamu tidak perlu membelinya apabila kamu hanya akan menggunakan sekali saja. Cara ini juga merupakan cara yang baik untuk menghemat uang.

Hal yang menjadi poin utama adalah dengan menghemat pembelian kamu akan barang-barang yang sebenarnya tidak terlalu kamu butuhkan akan mengurangi sampah barang bekas atau limbah rumah tangga yang sudah sangat menumpuk di tempat pembuang sampah.

Selain menyewa barang secara online . Kini sudah tersedia berbagai aplikasi yang menerima jasa pengambilan sampah hingga pembersihan rumah . Jadi, tidak perlu repot dan kotor-kotoran hanya untuk memberesi sampah rumah tangga anda .

6. Dengan Teknologi Saat Ini, Kamu Punya Instruktur Olahraga Sendiri

Olahraga secara intensif mungkin tidak mudah, tetapi melakukannya secara teratur dapat memberikan kamu jaminan kesehatan di masa tua. Resiko terkena berbagai penyakit yang kerap menerpa pada masa tua seperti kelumpuhan akan semakin kecil, berbeda dengan orang yang tidak sering melakukan olahraga.

Banyak perusahaan yang akhir-akhir ini menawarkan berbagai aplikasi yang inovatif agar memicu pengguna (user) termotivasi untuk melakukan olahraga. Salah satu contoh terbaru adalah augmented reality game Pokemon Go. Aplikasi populer yang mengharuskan pemain untuk berjalan, dan hal ini secara tidak langsung membantu pengguna untuk melakukan olahraga dengan cara yang menyenangkan.

Permainan Pokemon Go mengharuskan penggunanya untuk berjalan sebanyak enam mil per hari untuk mencari Pokemon baru dan langka.

7. Memberikan Anda Gambaran Peluang Bisnis Yang Besar

Apakah kamu lebih suka bekerja dari rumah? Ada banyak fasilitas untuk melakukan hal ini, termasuk mengurangi jejak karbon yang kamu keluarkan ketika kamu berangkat bekerja, kamu dapat menyimpan uang bensin yang harus kamu keluarkan untuk berangkat bekerja dan kamu memiliki resiko yang lebih rendah mengalami kecelakaan ketika kamu berangkat bekerja.

Berkat Internet dengan kecepatan tinggi, laptop, smartphone dan perangkat lunak manajemen proyek, 45 persen karyawan AS sekarang memulai bisnis baru dengan memanfaatkan teknologi yang ada dan bekerja dari rumah. Mereka tidak perlu memakai pakaian formal yang biasa digunakan orang-orang kantoran.

Mereka cukup menggunakan piyama mereka atau pasangan jeans favorit mereka kemudian duduk di laptop dan menghasilkan uang. Sangat sederhana.

8. Membantu Kamu Mencari Informasi Dengan Cepat

Browsing Di Internet

Berselancar Yang Aman Di Internet Via Google.co.id

Sekarang, kamu dapat melihat dan mencari apapun di website Google dan mendapatkan hasilnya dalam sekejap. Hal ini tentunya telah membuat hidup kita menjadi lebih mudah, dan hal ini merupakan alat pendidikan yang besar bagi orang-orang dari segala usia.

Kita akan lebih memilih untuk menemukan sesuatu secara online daripada kita harus repot bertanya melalui telepon atau pergi ke sebuah perpustakaan besar. Tentu saja, ketika kamu menginginkan jawaban yang sempurna atas pertanyaan yang kamu miliki kamu memperluas jawaban kamu dengan menggunakan sebuah buku acuan yang sesuai dengan topik yang sedang ingin kamu ketahui.

9. Dalam Bisnis, Perusahaan Bisa Lebih Efisien Dan Produktif

Email, Skype, SMS, Facetime dan situs jejaring sosial memberikan kesempatan bagi orang-orang dari seluruh dunia untuk dengan mudah tetap terhubung.

Menariknya, penelitian menunjukkan bahwa orang yang menggunakan Facebook secara teratur memiliki peningkatan 10 persen dalam hal kedekatan hubungan dengan keluarga dan teman-teman mereka. Ini membantu orang-orang dengan keluarga yang terpisahkan oleh jarak dan waktu untuk tetap terhubung

Selain itu, bagi kamu yang saat ini sedang bekerja atau membangun bisnis sendiri, tentunya sangat merasakan manfaat besar dari teknologi komunikasi ini . Pekerjaan kamu akan lebih cepat , bahkan untuk membangun mitra bisnis, kamu tidak perlu repot kesana kemari . Cukup temukan mereka di jejaring sosial kamu .

10. Manfaat Satelit GPS Yang Membantu Kamu Menunjukkan Jalan

Ketika kamu melakukan suatu perjalanan yang belum kamu lakukan sebelumnya dan kamu tidak tahu arah, pada saat itu GPS akan sangat membantu kamu. Ini adalah salah satu teknologi satelit yang saat ini sudah banyak digunakan oleh masyarakat luas .

Oiya, Jangan Lewatkan 4 Teknologi Yang Meningkatkan Bisnis Kamu Dengan Cepat

Pada saat ini, teknologi GPS sudah di kostumisasi dengan sebuah aplikasi digital . Bahkan, kamu tidak perlu untuk melihat peta jika ingin menuju ke suatu tempat . Cukup tuliskan tempat dan tujuan kamu, maka aplikasi akan menuntun anda dengan suara . Sehingga, anda tetap bisa fokus mengemudi, meskipun jalan tersebut belum pernah anda kunjungi .

10 Manfaat Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Kehidupan | Siopung | 4.5