5 Cara Mudah Tidur Kembali Setelah Terbangun Tengah Malam

5 Cara Tidur Kembali Setelah Terbangun Tengah Malam

Gambar Ilustrasi Orang Yang Terbangun Dari Tidur Via Pixabay.com

Banyak orang yang sering mengalami peristiwa terbangun di tengah malam. Tidak sedikit juga diantara kita sulit untuk tidur setelah terbangun. Padahal, aktifitas yang sangat menumpuk sudah menunggu untuk dikerjakan keesokan pagi nya. Tentu hal ini sangatlah beresiko dimana kita berpotensi mendapatkan keadaan kurang tidur.

Kebanyakan orang akan mengalami kesulitan untuk mendapatkan momen pra-tidur saat terbangun. Orang dengan tingkat depresi dan tekanan yang tinggi akan sering mendapatkan hal ini.

Untuk dapat kembali tidur, ada beberapa hal yang harus anda perhatikan. Berikut penjelasan bagaimana cara tidur kembali setelah terbangun di tengah malam. Mari kita simak

1. Jangan Keluar Dari Kamar Tidur

Saat anda terbangun pada pertengahaan malam, sebaiknya jangan tinggalkan kamar tidur anda. Dengan meninggalkan kamar tidur, anda beresiko sangat sulit untuk tidur kembali . Hal ini bisa diabaikan jika anda ingin buang air kecil atau buang air besar.

Jika anda benar-benar ingin ke kamar mandi, sebaiknya siramlah kembali kaki anda dengan air. Efek dingin pada kaki akan membantu anda untuk mendapatkan tidur kembali.

2. Jangan Pegang Smartphone

Untuk yang kedua sebaiknya anda hindari untuk menghidupkan dan memainkan smartphone anda. Pasalnya, smartphone merupakan salah satu penyebab terbesar seseorang insomnia atau sulit tidur di malam hari. Untuk itu, hindari menggunakan atau sekededar melihatnya, abaikan hal tersebut jika anda ingin tidur kembali.

Melihat media sosial, membaca chat, hanya akan membuat anda tidak fokus untuk tidur. Hal ini mengalihkan pikiran anda untuk terus memainkannya.

3. Jangan Melihat Jam

Usahakan atau kondisikan jam berada di tempat yang tidak terlihat atau sulit untuk dijangkau dari kamar anda. Pasalnya, melihat jam saat terbangun tengah malam membuat otak anda menjadi lebih waspada. Hal ini dikarenakan anda menyadari satu hal yaitu pagi tidak akan lama lagi. Pada saat itu, anda akan sulit untuk tidur dan membuat anda terjaga sepanjang pagi.

4. Jangan Membaca Sesuatu

Pastikan bahwa anda tidak membaca sesuatu. Baik itu tulisan didalam smartphone atau tulisan majalah yang ada di kamarmu. Sama seperti efek melihat jam, melihat tulisan juga akan membuat anda terjaga sepanjang pagi. Pastikan anda menghindari buku atau sesuatu yang berkaitan dengan tulisan.

Pada saat membaca, otak akan kembali bekerja secara normal. Yang membuat anda menjadi sadar secara keseluruhan. Hal ini akan membuat anda sulit untuk mendapatkan kantuk.

5. Buka Selimut Anda

Membuka selimut akan membantumu untuk mendapatkan tidur kembali. Pada saat terbangun, kamu akan merasakan ketidaknyamanan saat menggunakan selimut. Pastikan kamu membuka nya untuk memberikan efek dingin keseluruh tubuh. Udara malam yang menghantam tubuhmu akan membantumu untuk menjadi tidur. Jika anda sudah mendapatkan kantuk tersebut, kamu boleh menariknya kembali.

Baca Dulu 4 Gerakan Yoga Ini Menjadi Solusi Untuk Kamu Yang Sulit Tidur

Demikian beberapa tips yang bisa anda terapkan untuk mendapatkan tidur kembali setelah terbangun pada pertengahan malam.

 

5 Cara Mudah Tidur Kembali Setelah Terbangun Tengah Malam | Siopung | 4.5