5 Fakta dan Mitos Dibalik Menstruasi Yang Jarang Diketahui

Bagi anda para wanita, siklus menstruasi menjadi tamu setiap bulannya bagi yang memiliki siklus normal. Menstruasi merupakan salah satu tolak ukur bagi wanita untuk menunjukkan apakah organ tubuhnya terutama bagian reproduksi sehat atau tidak. Karena salah satu manfaat dari menstruasi adalah sebagai cara bagi daerah reproduksi untuk membuang bakteri dan juga membuang zat besi yang produksinya sangat berlebihan. Ini akan dapat mencegah penyakit alzheimer, kemudian jantung dan juga stroke.

Mitos Dibalik Menstruasi

Mitos Dibalik Menstruasi

Penyakit alzheimer adalah jenis demensia (kepikunan) paling umum yang awalnya ditandai oleh melemahnya daya ingat, hingga gangguan otak dalam melakukan perencanaan, penalaran, persepsi, dan berbahasa. Sungguh proses mentruasi sangat bermanfaat bagi para wanita. Namun, dibalik proses menstruasi tersebut berbagai kebiasaan sering dipercayai oleh sebagian wanita terkait mitos-mitos saat menstruasi.

Kebenaran mitos tesebut belum dapat dipastikan, namun para wanita banyak juga yang melakukan hal-hal aneh yang justru dalam penjelasan ilmiahnya tidak mempunyai hubungan dengan menstruasi. Mungkinkah anda adalah salah satu dari mereka? Supaya anda dan kita semua mengetahui sebenarnya seperti apa mitos-mitos tersebut jika dikaji secara ilmiah, berikut penjelasannya.

1. Dilarang Tidur Siang Ketika Menstruasi

Banyak orang yang beranggapan bahwa apabila anda tidur siang ketika menstruasi, apalagi dihari pertama dan kedua yang bisa dibilang saat volume darah yang dikeluarkan masih tinggi, maka akan membuat darah tersebut naik ke bagian kepala. Sehingga hal itu dapat membuat anda menjadi pusing. Namun sampai saat ini belum ada penelitian secara ilmiah yang dapat mendukung kebenaran tersebut.

Sebenarnya dari sisi kesehatan, seharusnya seorang wanita dianjurkan lebih baik banyak berinstirahat yang salah satunya dengan melakukan tidur siang ketika sedang menstruasi. Sebab, ketika proses menstruasi kita bisa mengalami sindrom premenstua atau sering disebut PMS. Sehingga dengan banyak istirahat akan membuat kita mampu mengatasi sindrom tersebut.

2. Dilarang Mencuci Rambut Sebelum Siklus Menstruasi Selesai

Orang tua zaman dahulu sangat melarang mencuci rambut saat menstruasi. Karena mencuci rambut ketika menstruasi dipercaya akan membuat kepala menjadi pusing dan masuk angin. Karena saat menstruasi pori-pori kepala terbuka lebar sehingga air akan masuk kedalamnya. Namun itu semua hanyalah mitos belaka yang belum ada penjelasan secara ilmiahnya.

Justru mandi dan mencuci rambut dapat menjaga kebersihan tubuh kita dan terhindar dari berbagai bakteri yang dapat menyerang tubuh kita terutama bagian organ intim yang sangat rentan dengan bakteri karena tingkat kelembabannya meningkat saat proses mentruasi. Tetapi akan lebih baik jika kita mandi dengan air hangat agar membuat tubuh merasa rileks dan mengurangi nyeri saat menstruasi.

3. Dilarang Memijat Anggota Tubuh Ketika Menstruasi

Melakukan pemijatan pada anggota tubuh merupakan salah satu terapi yang dapat membuat tubuh menjadi lebih ringan, menghilangkan rasa pegal dan terasa lebih rileks. Karena beberapa hari sebelum wanita mengalami menstruasi pasti banyak melakukan aktifitas yang membuat tubuhnya menjadi lebih lelah dan mengalami sakit pinggang serta nyeri haid.

Namun ada sebagian wanita yang mempercayai bahwa jika melakukan pijat saat menstruasi akan membuat aliran darah pada saluran reproduksi akan terhambat sehingga menstruasi tidak akan berjalan lancar. Hal itu hanya mitos belaka yang beredar di masyarakat, sehingga mereka takut untuk melakukan pemijatan saat sedang menstruasi. Sebenarnya pemijatan ini sangat boleh dilakukan, tetapi harus dengan orang yang profesional dan ahli dalam memijat.

Karena teknik pijatan yang tepat akan memberikan manfaat, yakni akan mengurangi rasa nyeri di daerah panggul dan pinggang saat dilakukan pemijatan pada titik akupresur secara tepat. Selain itu jika kita sering melakukan terapi pijat, maka akan dapat melancarkan peredaran darah dan menjaga kebugaran tubuh.

4. Dilarang Minum Air Es Ketika Menstruasi

Meminum Es dianggap dapat membuat darah yang ada di rahim menjadi beku sehingga tidak dapat keluar dengan normal dan dapat membuat siklus menstruasi menjadi lambat atau tidak teratur. Namun mitos itu tidaklah benar adanya. Karena sebenarnya siklus menstruasi wanita diatur dan dipengaruhi oleh keseimbangan hormon estrogen dan progesteron.

Keseimbangan hormon ini sangat dipengaruhi oleh kesehatan fisik dan psikologis wanita tersebut. Ketika hormon seorang wanita tidak seimbang, menstruasinya bisa menjadi tidak teratur. Terdapat juga faktor lain yang dapat mempengaruhi teratur atau tidaknya siklus menstruasi, yaitu faktor kelelahan, stres dan penyakit lainnya dibagian reproduksi.

5. Dilarang Berenang Ketika Menstruasi

Berenang ketika menstruasi akan menyebabkan kemandulan. Apakah itu benar atau hanya mitos belaka? Jika benar begitu peluang wanita untuk tidak bisa hamil semakin besar saat ini, karena seiring berkembangnya zaman banyak sekali tempat wisata yang sangat membuat kita ingin berenang menikmatinya.

Faktanya adalah tidak ada larangan secara medis dan hubungannya dengan kemandulan untuk berenang disaat menstruasi jika para wanita benar-benar memastikan kenyamanan pembalut dan pakaian renang yang digunakan. Jika anda para wanita sudah benar-benar yakin akan pembalut dan pakaian renang yang digunakan serta cara atau gaya berenang yang sudah nyaman, tidak ada salahnya untuk berenang.

5 Fakta dan Mitos Dibalik Menstruasi Yang Jarang Diketahui | Siopung | 4.5