6 Makanan Jepang Yang Tabu dan Aneh Di Mata Dunia

Makanan Jepang

Gambar Berbagai Jenis Makanan Jepang Via Pixabay.com

Makanan yang berasal dari negeri yang terkenal dengan sebutan matahari terbit ini cukup banyak menarik perhatian dunia. Walaupun bukan merupakan negara dengan kuliner terbaik, namun Jepang memiliki banyak inovasi unik dalam menciptakan kreasi makanan yang menarik, memiliki cita rasa khas yang baru serta layak untuk dikonsumsi walau bagi beberapa umat, tidak dapat dijamin juga kehalalannya.

Jepang sendiri sudah sangat terkenal dengan kemajuan teknologinya yang sudah mendunia, bahkan negara ini merupakan salah satu negara penghasil game terbesar di dunia dan juga animasinya yang khas menyerupai manusia dengan tampilan yang sering disebut kawaii. Namun, kali ini kita akan fokus membahas makanan – makanan tabu tersebut yang sudah pernah dikonsumsi oleh beberapa orang di dunia khususnya masyarakat Jepang itu sendiri, berikut ulasannya.

1. Bashashi

Diposisi pertama tetapi masih belum yang tertabu, ada Bashashi yang merupakan makanan yang berasal dari kombinasi sushi (daging ikan mentah) dan daging kuda yang ternyata mentah juga. Pada dasarnya makanan ini lebih fokus terhadap daging kudanya yang hanya dilengkapi dengan tambahan irisan sushimi yang tipis.

Daging kudanya sendiri memiliki sebutan sakuraniku, yang berati sakura, layaknya bunga sakura yang sedang merekah dan berwarna menawan, warna layaknya daging kuda mentah yang segar, sangat merah mengkilap. Dan niku yang berarti daging. Makanan ini sudah terkenal di Jepang khususnya daerah Nagano, Komamoto, dan Oita dan sudah menjadi makanan yang umum di daerah atau wilayah Tohoku.

Anda berminat ke daerah tersebut sekaligus mencicipin makanan mentah yang khas satu ini?

2. Ice Cream Daging Kuda

Lagi – lagi olahan makanan yang berbahan dasar daging kuda, yang kali ini daging kuda tersebut dipadukan dengan cairan lembut yang agak padat serta sudah dikenal dengan cita rasa khas manis dan legitnya tersebut, yah ice cream tentunya. Namun, bagaimana dengan olahan yang satu ini? Mungkinkah ice cream tersebut masih bercita rasa manis? Olahan tersebut dikenal dengan sebutan Bashashi Ice atau Es Krim Bashashi.

Mungkin anda seorang penikmat makanan bercita rasa baru yang ekstrim dan khas seperti ini? Atau anda penikmat es krim yang senang mencampur – campurkan rasanya? Anda bisa mencobanya langsung saat berkunjung ke Jepang atau anda bisa memesannya secara online di akun jual – beli dunia seperti eBay.

3. Natto

Natto merupakan makanan dengan bahan olahan dasar kedelai fermentasi yang dijadikan sebagai menu sarapan tradisional yang bisanya dihidangkan dengan nasi, sup miso, kecap manis, saus mustard maupun telur mentah. Mungkin anda membayagkannya sama dan mirip sekali dengan makanan khas Indonesia yang sudah mendunia yaitu Tempe. Namun anda ternyata salah besar, karena hidangan ini memiliki bau yang tidak sedap dan memiliki cairan yang lengket sekali menyerupai karamel namun terkesan sangat menjijikkan.

Lebih tepatnya, berlendir. Dan parahnya lagi, ternyata makanan aneh dengan bau tidak sedap ini merupakan bahan makanan untuk pakan anjing yang bahkan masyrakat Jepang sendiri yang sudah menilai bahwa menu sarapan tradisional mereka sangat bermanfaat baik untuk hewan peliharaan seperti anjing.

4. Nashinoko

Nashinoko ini adalah makanan olahan Jepang yang berasal dari larva lebah dengan bentuk yang menyerupai belatung. Makanan ini tidak hanya terkenal di Jepang, tetapi juga di China. Menurut sumber (YT Crash), makanan ini ada karena saat itu masyarakat Jepang membutuhkan asupan protein yang cukup dari makanan cemilan seperti kacang, namun karena saat itu mengalami masa kekurangan kacang, masyarakat Jepang malah menjadikan larva – larva tersebut sebagai sumber protein yang baik untuk memenuhi kebutuhan akan asupan protein yang cukup.

Makanan renyah yang diolah menggunakan saus teriyaki manis ataupun tambahan mentega dan bumbu lain yang biasa dihidangkan dengan nasi hangat ini tidak bisa diragukan khasiatnya karena mengandung gizi yang tinggi.

5. Shirako

Shirako merupakan makanan yang berasal dari organ dalam ikan antan, yaitu alat kelaminnya. Bagaimana? Apakah anda sudah membayangkan bahkan bentuk dari organ tersebut yang bagi banyak orang masih terbilang sangat tabu? Parahnya lagi, alat kelamin ikan jantan tersebut masih berisikan cairan sperma ikan jantan itu sendiri. Bagaimana bisa? Bagaimana cara mereka memperoleh yang seperti itu? .

Bukankah makanan itu berarti sama langkanya seperti kaviar dengan harga yang sangat mahal itu? Shirako yang sudah populer di negara asalnya sendiri ini memiliki tampilan menyerupai usus sapi dan berwarna putih. Beberapa masyarakat jepang menkonsumsinya dengan tambahan – tambahan lainnya seperti olahan sayur, bumbu, dan lain – lain. Bagaimana rasa makanan tersebut? .

Merasa jijikkah anda? atau mungkin anda malah merasa sangat penasaran. Selain itu makanan ini juga sepertinya memiliki khasiat yang saat ini sedang diteliti, hingga menyebabkan makanan ini masih saja banyak yang mengkonsumsi bahkan menggemarinya di Jepang.

6. Shiokara

Shiokara adalah makanan hasil laut yang sudah melewati tahap fermentasi. Bayangkan saja ikan mentah yang baunya amis sekalipun melewati tahap perebusan, kemudian di fermentasi hingga menghasilkan rasa yang asam, akan menghasilkan rasa yang seperti apa lagi? .

Bahkan, sedikit dari orang Jepang yang mampu memakan hidangan ini karena rasanya yang tajam dan benar – benar khas. Shiokara biasanya dimakan dengan sekali lahap saja, tanpa mengunyah dan merasa – rasakannya kemudian langsung ditelan dan disusul langsung oleh minuman whisky, padahal sudah jelas seafood sangat tidak dianjurkan untuk dimakan dengan beer karena buruk bagi kesehatan dan menghilangkan kandungan gizi (Glycerin) dari seafood tersebut.

Makanan ini biasa dihidangkan juga bersama nasi, sama seperti makanan khas Jepang lainnya ynag memiliki aroma yang tidak sedap. Mungkin akan sulit menemukan makanan ini di Jepang, karena hanya sedikit bar yang menyedikan olahan makanan yang seperti ini. Anda mungkin sudah bisa membayangkan bau dan rasa dari makanan ini yang bahkan membuat masyarakat asal makanan tersebut sendiri tidak banyak yang mampu menyediakannya di restoran ataupun bar mereka.

Oiya, Simak Juga 21 Tempat Wisata Unik Di Jepang Yang Wajib Kamu Datangi

Tentu masih banyak lagi makanan khas jepang yang tabu untuk dikonsumsi, tetapi rasa dari setiap olahan tersebut benar – benar tidak bisa diragukan. Anda yang seorang pecinta kuliner yang sangat menggemari rasa dari jerohan, jengkol, pete, dan durian, mungkin wajib mencicipi makanan – makanan dengan cita rasa baru, bau yang tajam, dan lebih khas tersebut dan memperbaruin history list makanan yang anda gemari.

6 Makanan Jepang Yang Tabu dan Aneh Di Mata Dunia | Siopung | 4.5