Aneka Batu Akik: Inilah Ciri-Ciri Kecubung Api Super

Kecubung Api Super adalah sebutan untuk jenis yang memiliki kualitas unggulan atau terbaik . Kecubung api adalah jenis Black Natural Chalcedony yang memiliki warna dasar merah dengan gradiasi warna hitam yang merupakan serbuk dari senyawa logam oksida . Kecubung api banyak ditemukan diberbagai daerah di Indonesia , terutama daerah-daerah yang ada di Pulau Sumatera . Contohnya saja adalah kecubung api bengkulu yang memiliki keunikan pada kepekatan warnanya . Selain bengkulu , Aceh juga menjadi salah satu daerah di Indonesia yang menghasilkan jenis kecubung api berkualitas .

Kecubung Api Super

Bahan Kecubung Api Bengkulu Via Google.co.id

Ciri-Ciri Kecubung Api Super

Untuk mengetahui jenis kecubung api super , para gemslover khususnya yang ada di Sumatera selalu memperhatikan 3 hal dari batu tersebut . Yang pertama adalah warna , kedua bentuk kristal-nya , dan ketiga adalah Inklusi ( Senyawa Pengotor ) . Berikut penjelasan singkat yang dapat anda jadikan sebagai acuan untuk melihat kualitas dari kecubung api .

1. Warna

Warna menjadi salah satu hal yang paling diperhatikan oleh para penggemar kecubung api . Jenis kecubung api super dengan kualitas terbaik disebut memiliki warna hitam pekat dan saat disenter akan terlihat warna merah menyala . Sebagian jenis kecubung api akan banyak anda temukan memiliki warna merah pudar . Warna merupakan hal yang paling penting mengingat hal ini menjadi salah satu faktor penunjang dari keindahaan batu

2. Inklusi ( Senyawa Pengotor )

Senyawa pengotor yang terdapat pada kecubung api harus diperhatikan dengan teliti saat anda pertama kali membeli yang sudah jadi atau masih dalam bentuk bongkahan atau bahan , dengan cara menyenternya atau menoropongnya . Untuk sebagian gemslover , bintik inklusi menjadi daya tarik dari batu tersebut . Namun kebanyakan gemologyst berpendapat jika semakin kecil atau sedikit inklusi pada batu permata , maka akan semakin baik kualitasnya . Kasus inklusi dengan jumlah besar akan banyak anda temu pada jenis Kecubung Api Aceh walaupun tidak semuanya .

3. Mineral Kristal

Kecubung Api Super

Contoh Gambar Kecubung Api Super Dengan Inklusi Minim Via Google.co.id

Bentuk kristal merupakan salah satu pon penilaian dari setiap kontes batu akik dimanapun berada . Bentuk kristal dari batu permata sangat mempengaruhi kepadatan dan kekerasan-nya . Berdasarkan penemuan selama ini , kekerasan dari Kecubung Api ( Black Natural Chalcedony ) berkisar antara 6 – 6,5 Skala Mohs . Untuk jenis kecubung api super maka kekerasannya bisa diatas angka tersebut .

Simak juga: Harga dan Khasiat Batu Kecubung Api

Bentuk kristal akan mudah diketahui dari lamanya proses pengkilapan . Ini adalah salah satu trik dari para penggosok atau pengrajin untuk mengetahui kualitas dari batu yang sedang dikerjakannya . Semakin cepat proses pengkilapan yang diperlukan , maka batu tersebut memiliki bentuk kristal yang baik .

Aneka Batu Akik: Inilah Ciri-Ciri Kecubung Api Super | Siopung | 4.5