Apakah Power Bank Dapat Merusak Smartphone atau Hp?

Power Bank adalah alat pengisian baterai secara portable yang banyak digunakan oleh para pengguna mengingat akan kebutuhan penggunaan bagi daya listrik yang tinggi terhadap hp mereka . Banyak keresahan yang terjadi saat ini mengingat adanya kabar bawah power bank dapat merusak hp . Lalu apakah pernyataan ini benar atau salah? . Mari kita simak penjelasan sederhana berikut ini agar kedepannya kita lebih cerdas dalam menggunakan power bank.

Power Bank Dapat Merusak

Dampak Baik dan Buruk Penggunaan Power Bank Tergantung Pengunanya

Efek Positif dan Buruk Penggunaan Power Bank

Power Bank tentunya sangat kita butuhkan dikala kita sedang berada pada situasi yang mendesak . Seperti saat bepergian di suatu daerah yang tidak memiliki akses listrik . Apalagi mayoritas kota-kota di Indonesia cenderung  mendapati kondisi listrik yang padam . Selain itu, banyaknya smartphone yang memiliki daya baterai rendah dengan penggunaan yang tinggi, memaksa penggunanya berulang kali melakukan pengisian baterai .

Beragam aplikasi dan game diklaim menjadi penyebab mengapa smartphone saat ini sangat cepat kehabisan daya listrik. Oleh sebab itu , power bank dianggap angin segar bagi mereka para traveler atau orang-orang sibuk yang tidak sempat melakukan charging baterai smartphone nya . Hal ini tentunya sangat positif dikala kita sedang sibuk menggunakan smartphone tanpa harus repot-repot berdiri dibawah colokan listrik sembari menunggu baterai menjadi penuh.

Power Bank Dapat Merusak HP Jika ?

Adapun yang menyebabkan hp anda rusak adalah jika anda menggunakan Power Bank palsu atau abal-abal . Jadi pastikan pertama sekali bahwa anda menggunakan PB yang original . Ingat , jangan pernah tergiur dengan harga murah dan pastikan bahwa anda sudah melakukan uji coba terhadap PB tersebut. Beberapa produk abal-abal akan sangat banyak anda temui saat ini di berbagai situ jual beli online populer . Mulai dari harga 20 rb – 50rb . Ini adalah tanda bahwa produk tersebut mencurigkan .

Bahkan beberapa produk PB abal-abal memakai merk popular seperti Samsung, Xiaomi, Iphone, dan lain-lain . Selain itu produk abal-abal akan menawarkan jumlah daya listik yang tinggi . Seperti 100 rb Mah, 50rb Mah, 99000 Mah, dan yang terkecil biasanya 10rb Mah . Jika anda adalah konsumen awam , pasti anda akan sangat tergiur untuk membeli PB tersebut . Dengan harga yang murah , anda sudah bisa mendapatkan PB dengan daya  100rb Mah.

Jadi, setelah anda membaca artikel ini, pastikan bahwa anda lebih berhati-hati untuk membeli PB yang beredar di pasaran saat ini. Kenapa PB yang abal-abal mampu membuat rusak HP anda? .

Perbedaan Power Bank Palsu dan Original

Komponen yang ada pada PB palsu, tidak memiliki uji ketahanan . Sehingga akan sangat rawan untuk meledak , bahkan mampu merusak HP anda . Tergangan yang tidak stabil, bisa saja memicu Baterai Smartphone anda lebih cepat rusak . Charger hp biasa memiliki komponen untuk menstabilkan arus listrik yang berada di batok atau kepala . Namun, PB abal-abal sama sekali tidak memiliki hal tersebut . Sehingga tegangan listrik yang ada tidak stabil dan tidak aman untuk digunakan .

Simak juga: Tips Ampuh Menghemat Baterai Android

Sebelum membeli PB, pastikan bahwa anda memikirkan hal tersebut . Tidak masalah jika PB tersebut sedikit mahal, asalkan anda mendapatkan produk yang berkualitas dan aman digunakan . Apakah semua PB dapat membuat smartphone anda rusak ? . Baterai yang ada di HP anda memiliki usia ketahanan . Untuk memperpanjang usianya, pastikan bahwa anda tidak terlalu sering menggunakan PB . Kalaupun menggunakan PB dikala terdesak saja . Selain itu, gunakanlah PB yang original agar mengurangi resiko kerusakan pada komponen HP anda .

Adapun kelebihan dan perbedaan Power Bank asli diandingkan palsu adalah memiliki beberapa fitur tambahan . PB yang asli saat ini memiliki fitur fast charging . Selain itu , perbedaan daya asli dengan yang tertera tidak berbeda jauh. Berbeda hal nya denga PB palsu yang memalsukan daya aslinya . Untuk mengetahui apakah PB anda asli atau palsu yang pertama adalah identifikasi besar daya baterai anda . Setelah itu uji lah melakukan pengisian dengan menggunakan PB .

Mengetes Power Bank Asli atau Palsu

Jika daya baterai anda sebesar 2000 mah , jika PB anda memiliki besaran 10rb mah, setidaknya anda dapat menggunakan PB tersebut sebanyak 4 – 5 kali . Namun jika anda hanya bisa menggunakannya sekali saja , sudah bisa dipastikan bahwa PB tersebut adalah palsu . Jika sudah tahu , pastikan bahwa anda tidak menggunakan PB tersebut kedepannya.

Power Bank asli memiliki kemasan yang bagus dengan surat-surat petunjuk penggunaan . Sedangkan PB palsu hanya menggunakan pembungkus sederhana dan tidak memiliki kertas petunjuk pemakaian . Bahkan beberapa PB palsu  yang kami temui sama sekali tidak menggunakan kotak kemasan . Dibandingkan harga tentunya berbeda jauh . PB palsu memiliki harga yang murah untuk menarik pembeli .

Power Bank dapat merusak hp jika anda menggunakan produk yang palsu . Menggunakan yang asli atau tidak tetap saja usia baterai anda akan berkurang . Namun menggunakan produk yang asli merupakan usaha anda memperlambat usia baterai berkurang. Mematikan hp dikala sedang tidak digunakan mampu membuat baterai beristirahat sejenak dan memperpanjang usia pemakaiannya . Pastikan bahwa anda tidak menggunakan PB setiap hari . Faktanya di lapangan , banyak yang mengakui bahwa usia baterai mereka menjadi lebih cepat habis akibat pemakaian yang terlalu sering . Jadi jika ada yang bertanya bahwa Power Bank dapat merusak hp ? maka jawabannya adalah tergantung bagaimana anda memakainya .

Apakah Power Bank Dapat Merusak Smartphone atau Hp? | Siopung | 4.5