Rahasia Memulai Awal Tahun Agar Lebih Sukses Mencapai Target

Tips Memulai Awal Tahun Dengan Lebih Baik

Gambar Ilustrasi Via Pixabay

Anda pasti sudah menyambut tahun ini dengan antusias yang cukup baik. Setidaknya, anda memiliki semangat untuk creat new history of life di tahun 2017 ini. Mungkin anda berencana memperbaiki sikap diri kemudian menjalankan rutinitas sehari – hari dengan lebih baik lagi. Tidak mudah untuk melakukan hal tersebut, maka dari itu banyak orang mendoakan dan mengharapkan hal tersebut agar masa depannya menjadi lebih baik.

Segala sesuatau memang pada dasarnya dimulai dari diri sendiri, namun apabila anda hanya berdoa, berharap, dan meminta tanpa adanya usaha, hal –hal tersebut akan jadi sia – sia dan menghasilkan proses yang cukup lama. Usaha tetaplah menjadi hal yang terpenting dalam menjalankan sesuatunya agar lebih baik.

Kadar usaha anda di tahun lalu akan berpengaruh pada hari ini dan bergitu juga kadar usaha anda tahun ini pasti berpengaruh untuk masa depan anda. Berusahalah jauh lebih keras lagi sehingga harapan – harapan yang belum anda sebut dalam doa awal tahun anda mungkin bisa terkabul dengan mudah seperti rejeki yang berlimpah, didekatkan dengan orang – orang baik, dan dapat jodoh mungkin.

Berikut 8 tips agar anda bersemangat dan memulai tahun 2017 anda dengan pribadi yang lebih baik.

1. Jangan Membenci

Benci merupakan sifat buruk manusia yang sudah diturunkan sejak kita diciptakan. Rasa benci itu muncul ketika anda merasa sesuatu hal yang tidak anda sukai, mungkin seperti anda tidak suka melihat cara seseorang berperilaku, anda tidak suka melihat seseorang mendapatkan sesuatu dengan cara seperti yang anda benci, atau bahkan anda tidak suka caranya bersikap terhadap anda.

Baca Juga 3 Game Psikologi Yang Bisa Kamu Mainkan Bersama Teman Di Malam Tahun Baru

Rasa benci juga mempunyai batas kewajaran. Benci yang sudah terlalu dikhayatin akan buruk bagi anda. Kita semua hidup dalam keadaan saling membutuhkan. Suatu saat kebencian yang sudah anda genggam sejak lama tersebut akan berpengaruh buruk untuk anda dan kehidupan anda di tahun 2017 ini. Sebaiknya, bersihkan hati, pikiran, dan diri anda. Jangan sampai anda membenci sesuatu. Pada dasarnya, benci berasal dari rasa tidak suka. Ada baiknya anda tidak mengembangkan rasa tidak suka tersebut menjadi benci.

Kebencian sendiri memiliki arti yang lebih spesifik yaitu emosi yang kuat dan melambangkan ketidaksukaan, permusuhan, atau antipati untuk seseorang, benda, maupun suatu fenomena tertentu. Kebencian juga merupakan sebuah rasa untuk menghindari, menghancurkan, bahkan lebih parahnya adalah menghilangkannya.

Jika anda membuang rasa benci anda tersebut, banyak hal positif yang bisa anda dapatkan. Setidaknya hidup anda akan jauh lebih berwarna jika tidak membenci.

2. Jangan Khawatir

Pada dasarnya, kekhawatiran merupakan tindakan anda dalam mengurung diri anda pada suatu perasaan yang cemas. Efek buruknya menyebabkan rasa depresi, merebut inisiatif anda dalam bertindak, dan menimbulkan masalah fisik yang serius. Kekhawatiran anda terhadap sesuatu akan menjadi beban pikiran anda. Semakin banyak beban yang anda rasakan, semakin berpengaruh pula hal – hal tersebut terhadap kesehatan anda.

Anda sebaiknya tidak memiliki rasa khawatir berlebihan dengan bersikap lebih realistis dan tanggap terhadap sesuatu. Anda juga sebaiknya tetap berpikiran positif dan percaya diri. Hal lain yang membuat anda terhindar dari rasa khawatir adalah berdoa. Jika anda sudah melakukannya, setidaknya perasaan yang jauh lebih tenang akan anda rasakan.

Selain itu, anda juga membantu diri anda sendiri dalam mengatasi dan keluar dari suatu masalah dan tentunya, hal tersebut akan sangat berpengaruh baik terhadap kesehatan anda.

3. Hiduplah Sederhana

Nikmat itu adalah sebuah kesederhanaan. Tetapi anda mungkin merasa tidak suka akan pandangan orang maupun teman – teman anda terhadap penampilan sederhana anda. Anda pasti merasa bahwa teman dan orang disekitar anda merupakan orang yang terlalu naif, sangat tidak menarik, dan tidak tahu perkembangan. Dan memang, hidup sederhana pada dasarnya tentu dimulai dari penampilan anda sendiri.

Apakah anda terlalu memilih dalam berpakaian? Malu dengan tidak memakai suatu yang branded? Atau apakah anda nyaman dalam berpola hidup sederhana? Sederhana yang dimaksud adalah cukup. Anda sebaiknya melakukan hal – hal yang cukup. Hal yang dimaksud tentu bukanlah kinerja dan usaha anda, melainkan cara anda menampilkan jati diri anda ke orang – orang. Anda yang memang senang dipuji dan ingin menjadi sumber perhatian, memang akan terasa sulit dalam berpola hidup sederhana.

Sebenarnya akan mudah jika anda cuek terhadap penilaian orang dalam menilai kehidupan anda. Jika kritik mereka tidak membantu anda membentuk karakter yang lebih baik, maka anda sebaiknya tak perlu khawatir. Jadilah seseorang yang sederhana dan apa adanya. Jika anda cerdas, maka akan terlihat cerdas tanpa harus show off kejeniusan anda. Jika anda berparas indah, maka terpancarlah keindahan tanpa harus berlebihan mengenakan ini dan itu untuk memperindah diri.

Perdalamlah kemampuan anda, maka kesederhanaan anda akan terlihat mewah tanpa harus memamerkan ke orang – orang. Jauh lebih dihargai seseorang yang sederhana namun memiliki sesuatu yang dapat dijadikan panutan daripada seseorang yang berlebihan namun tidak begitu bermanfaat untuk orang disekitarnya.

4. Berharaplah Sedikit

Sekeras apapun anda berusaha, sebaiknya harapkan hal – hal yang sewajarnya. Penilaian orang berbeda – beda, usaha anda belum tentu yang terbaik bagi sang penilai, maka dari itu teruslah berusaha hingga anda terbiasa dan menjadikannya standar dalam beraktifitas. Jika anda terbiasa akan usaha yang keras, maka anda sendiri tidak akan tertarik untuk mengharapkan hal – hal yang tinggi.

Memang Presiden Indonesia pertama, Ir. Soekarno Hatta sempat berpesan “bermimpilah setinggi langit, kerena jika terjatuh, anda akan terjatuh diantara bintang – bintang”. Artinya anda boleh bermimpi dan berharap tinggi, asal dibarengin dengan usaha yang jauh lebih tinggi dari langit tersebut. Terjatuh diantara bintang tidaklah buruk. Pencapaian itu sudahlah tinggi daripada anda terjatuh diatas atap rumah warga kemudian mengalami patah tulang yang menyakitkan.

Namun, setidaknya anda harus memulai dengan ikhlas dan jangan terlalu menyombongkan usaha keras anda. Kekecewaan yang anda terima saat tidak mencapai suatu hasil malah terlihat seperti anda tidak bersyukur, padahal anda saat itu diibaratkan sudah terjatuh diantara bintang yang terterang. Maka dari itu, ubahlah mindset anda dan lakukan hal – hal dengan semangat menghargai waktu yang lebih baik lagi.

5. Berikanlah Lebih dan Terbaik

Memberi lebih bukan berarti anda harus merelakan suatu kebutuhan anda demi kebaikan masa panjang. Memikirkan diri sendiri merupakan kepentingan, namun memikirkan sesama itu merupakan kebaikan yang lebih penting. Motto ini memaksa anda untuk berusaha memberikan hal yang terbaik dan lebih agar orang disekitar anda merasakan kebaikan dan ketulusan anda dalam segala hal.

Jika anda sudah memperbaiki diri anda, maka anda sudah bisa menilai mana yang lebih penting untuk anda ataupun untuk orang – orang disekitar anda. Mungkin anda merasa tidak perlu memberi kepada orang – orang yang tidak berlaku demikian terhadap anda, tetapi pastikanlah bahwa anda merupakan orang yang mengejar kebahagiaan dengan cara kebaikan. Diibaratkan sebuah ember yang selalu terisi air, jika airnya tidak disebar sedikit – sedikit, maka ember itu akan penuh berisi dan air tersebut akan terbuang sia – sia.

Tetapi, bagaimana jika anda menyebar air tersebut untuk sesuatu hal yang lebih bermanfaat, maka tidak akan ada air yang terbuang sia – sia. Berperilakulah positif bukan naif, jangan mengeluh dan berusahalah menjadi orang yang dapat diandalkan.

6. Sebarkan Kebahagiaan

Orang – orang menilai uang adalah sumber dalam mengatasi masalah hingga menghasilkan sebuah kebahagiaan. Namun, cara anda berperilaku terhadap seseorang adalah kebahagiaan yang jauh lebih berarti hingga orang sudah banyak terlupa akan manfaat dan tujuannya.

Tersenyum dan bersikap ramah akan membuat kebahagiaan anda tertular kepada lawan bicara anda. Tersenyum itu dapat memberi manfaat baik. Perasaan tenang dan bahagia yang secara fisik memancarkan aura anda dan melancarkan peredaran darah serta menjaga detak jantung anda dengan normal. Kebahagiaan yang anda sebarkan juga akan memperbaiki hubungan anda dengan orang – orang disekitar anda.

Mulai dari cara komunikasi yang lebih baik hingga tindakan yang sangat berguna untuk anda. Maka tersenyum dan memberi sedikit perhatian akan baik dalam kehidupan sosial anda di tahun 2017 ini.

7. Hiduplah Dengan Cinta

Hiduplah dengan perasaan bahagia, jangan sedikit – sedikit mengeluh. Hiduplah dengan ikhlas jangan sedikit – sedikit mengharap balasan. Hiduplah dengan tulus jangan sedikit – sedikit mengingat – ngingat. Hidup lah dengan normal dan jalanin dengan baik – baik.

Kehidupan yang baik adalah dengan bertindak secara baik, mau itu secara lisan ataupun dengan perilaku. Kebaikan yang anda beri jangan anda harap sebagai hak yang akan anda terima di kemudian hari, tetapi anggaplah kebaikan tersebut sebuah kewajiban dalam anda menjalanin hidup bersama orang – orang disekitar anda.

8. Dekatlah dengan Tuhan

Terlebih dari semua tujuh tips tersebut, mendekatkan diri dengan Tuhan adalah yang terbaik. Rajinlah beribadah, tunjukkan rasa syukur anda karena masih mampu beribadah dengan baik dan dengan cara yang utuh. Semakin dekat anda dengan sang Pencipta, semakin banyak orang baik yang dekat dengan anda. Anda akan penuh rasa kasih dari sang Pencipta dan terasa penuh dalam lindungan-Nya.

Jadikanlah diri anda semakin denkat dengan Yang Maha Kuasa di tahun ini dan tahun – tahun berikut. Mungkin selama ini anda tidak begitu dekat dengan-Nya, tetapi jika anda berniat dan mulai membiasakannya mulai tahun ini, maka akan sangat mempengaruhi hubungan anda dengan Yang Maha Kuasa ditahun yang akan datang.

Rahasia Memulai Awal Tahun Agar Lebih Sukses Mencapai Target | Siopung | 4.5