Bahan Batu Akik Panca Warna: Cara Memilih Yang Bagus

Batu panca warna adalah jenis batuan Jasper Chalcedony yang memiliki keunikan pada warnanya yang beraneka ragam . Kandungan panca warna meliputi mangan , besi , zinc oxyd dan termasuk kedalam jenis batuan sedimen yang telah mengalami metamorfosis . Panca wana super , memiliki motif dan warna yang indah . Untuk mendapatkan jenis yang super , maka kita harus teliti dalam memilih bongkahannya . Untuk mendapatkan bahan batu akik panca warna dengan kualitas super , kami akan membeberkannya kepada anda secara ringkas dibawah ini .

Cara Memilih Bahan Batu Akik Panca Warna

Gambar Bahan Akik Pancawarna via Google.co.id

Daerah Jawa Barat merupakan penghasil jenis panca warna yang berkualitas tinggi . Bahkan Panca Warna yang berasal dari Jawa Barat pernah dibuat untuk dijadikan sebagai cendramata dalam KTT Asia Afrika yang berlangsung di Bandung beberapa waktu yang lalu . Untuk mendapatkan hasil yang maksimal dan memuaskan , maka diperlukan ketelitian dalam memilih corak dan warna dari bongkahan bahan batu akik panca warna milik anda .

Bahan Batu Akik Panca Warna Super

Dalam memilih bongkahan batu akik panca warna yang memiliki kualitas terbaik , maka ada 3 dasar yang dapat anda gunakan untuk menentukan apakah bongkahan tersebut bagus atau tidak . Dasar ini lah yang biasanya digunakan oleh para pengerajin , dalam memilih bahan panca warna super , sehingga setelah batu dipoles akan menghasilkan nilai jual yang tinggi . Berikut beberapa dasar yang bisa anda gunakan dalam memilih bahan dari batu tersebut .

1. Warna

Warna menjadi dasar utama untuk menentukan batu tersebut memiliki kualitas atau tidak , karena hal ini akan mempengaruhi keindahannya . Nilai jual dari panca warna , sering kali ditentukan oleh warna yang menghiasinya . Pastikan bahwa bahan batu anda memiliki setidaknya 5 warna . Dalam kasus tertentu , warnanya mungkin akan lebih atau bahkan akan kurang dari 5 .

Jenis panca warna umumnya memiliki warna dominan ke merah . Jika anda bisa mencari jenis yang tidak memiliki warna dominan , maka batu tersebut bisa dianggap bagus dan memiliki harga jual yang tinggi . Pastikan bahwa pembagian warna sama rata , sehingga batu akan terlihat memiliki perpaduan warna yang lebih beragam .

2. Kecacatan

Ada perbedaan dikalangan para gemslover yang memandang kecacatan dari batu panca warna . Bagi sebagian orang , cacat-nya batu panca warna menjadi nilai plus . Cacat tersebut meliputi retakkan , pengeroposan , warna yang buram , dan hanya memiliki satu warna . Namun dalam pandangan para gemslover lainnya , kecacatan tersebut dapat mengurangi nilai jual dari sebuah batu . Jadi , pastikan bawah bahan batu akik panca warna anda tidak memiliki kecacatan , walaupun kecacatan tersebut terjadi karena proses alamiah .

3. Motif

Para kolektor batu panca warna mengincar jenis yang tidak hanya memiliki warna , namun juga memilik perpaduan warna yang dapat menciptakan pola sugestif seperti motif-motif unik . Diantaranya adalah motif pemandangan , tokoh , sosok , dan lain-lain . Jenis panca warna yang memiliki motif pastilah memiliki harga yang tinggi . Namun untuk mencari pola sugestif yang membentuk motif , diperlukan ketelitian dalam memahami struktur warna dari bahan batu akik panca warna .

Jangan lewatkan: Cara Merawat Batu Panca Warna Garut

Demikian artikel tentang tips dalam memiliki bahan batu akik panca warna yang baik . Tips ini hanya bersifat relatif , karena setiap gemslover memiliki pandangan yang berbeda dalam menentukan kualitas dari sebuah batu yang akan dipakainya .

Bahan Batu Akik Panca Warna: Cara Memilih Yang Bagus | Siopung | 4.5