Bahaya Duduk Terlalu Lama Bagi Kesehatan Tubuh

Bahaya duduk terlalu lama ternyata tidak diketahui oleh banyak orang . Faktanya menurut penelitian , kegiatan yang sangat sering kita lakukan ini mampu memberikan masalah bagi kesehatan tubuh kita . Seperti anda yang bekerja setiap hari di kantor , mengharuskan melakukan kegiatan yang satu ini dengan intensitas yang lebih lama . Faktor pekerjaan menjadi penyebab seseorang terpaksa atau tanpa sadar mengalami hal ini.

Bahaya Duduk Terlalu Lama

Gambar Ilustrasi Duduk

Bahaya Duduk

 

Ada berbagai fakta mengejutkan dibalik efek negatif terlalu lama duduk bagi kesehatan . Dari berbagai penelitian yang ada , terkumpul lah beberapa hasil yang sangat mengejutkan . Bagi sebagian orang , mungkin hal ini tidak dipercaya mampu membawa hal buruk bagi kesehatan . Namun , anda perlu menyimak beberapa resiko penyakit yang akan menyerang bagi mereka yang sering duduk terlalu lama . Berikut ini adalah dampak buruknya .

Diabetes РBerdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Diabetes Group at The University Of Leicester , menemukan bahwa mereka yang terlalu lama duduk di kantor atau ditempat lainnya lebih beresiko terkena penyakit diabetes dan memperpendek usia . Untuk mengatasi dan menetralisir dampak buruk terlalu lama , para peneliti menganjurkan anda untuk melakukan kegiatan fisik seperti berjalan dan berlari . Selain melakukan kegiatan olahraga lainnya juga mampu memberikan efek positif setelah anda lama duduk.

Jantung – Disaat kita terlalu lama melakukan aktifitas ini , disebutkan bahwa peredaran darah dari jantung menuju ke seluruh tubuh akan mengalami masalah . Hal ini diakibatkan pembuluh darah tidak lancar mentransfer setiap darah yang mengalir . Hal ini akan memicu masalah dari sumber pendorongnya . Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh ilmuan dari Universitas yang sama , terlalu lama duduk faktanya dapat membuat seseorang terkena serangan jantung mendadak.

Kesemutan dan Pegal – Hal ini merupakan dampak dari peredaran darah yang kurang lancar pada bagian paha dan seterusnya ke kaki . Untuk kalian yang terlalu lama melakukan aktifitas ini , mungkin akan sering mendapati kaki kesemutan dan pegal-pegal disaat hendak tidur atau setelah menjalani aktifitas yang mengharuskan anda lama duduk . Adapun beberapa hal yang sebaiknya anda lakukan anda mengisi waktu luang untuk berolahraga dan melakukan gerakan peregangan.

Tips Menghindari Bahaya Duduk Terlalu Lama

Sebelumnya kita telah membahas ada banyak efek negatif dari aktifitas yang satu ini . Salah satu yang paling menonjol dan berbahaya adalah penyakit diabetes . Duduk dalam waktu yang lama , ternyata mampu meningkatkan kadar gula darah . Hal ini diakibatkan terganggunya hormon insulin yang mengontrol hal tersebut.

Simak juga: Tips Sederhana Mencegah Datangnya Penyakit Diabetes

Pada era digital saat ini , penggunaan smartphone dan laptop akan mendorong kita untuk duduk lebih lama dibandingkan kegiatan lainnya . Melakukan kegiatan yang diatas tentunya membuat kita semua lupa waktu . Ada baiknya mengatur waktu yang tepat untuk melakukan peregangan atau sekedar berjalan kaki . Pastikan juga anda rajin berolahraga setiap hari untuk dapat melancarkan peredaran darah yang sempat terhambat .

Bahaya Duduk Terlalu Lama Bagi Kesehatan Tubuh | Siopung | 4.5