Batu Akik Ati Ayam Harga dan Khasiatnya

Batu akik ati ( hati ) ayam atau Jasper Chalcedony adalah jenis yang memiliki warna merah darah seperti jeroan ayam . Jenis ini tentunya sudah tidak asing di telinga para gemslover Indonesia , dimana batu ini sangat banyak ditemukan di berbagai daerah di tanah air .

Batu Akik Ati Ayam

Berdasarkan informasi yang kami dapatkan , jenis batu akik ati ayam terdiri dari 2 . Yaitu jenis kembang dan non-kembang atau tembus dan tidak tembus cahaya . Batu ini sendiri memiliki kekerasan 6 – 7 Skala Mohs . Jika batu tersebut tida kristal ( tidak tembus cahaya ) maka kekerasanya bisa dibawah angka tersebut .

Kandungan Batu Akik Ati Ayam

Kandungan batu akik ati ayam antara lain adalah silikon dioksida , kotoran besi , dan beberapa zat organik lainnya dan juga memiliki rumus formula kimia SiO2 . Batu ini juga masuk kedalam keluarga silikat dan Tectosilicates . Selain disebut dengan nama Jasper Chalcedony , ada juga yang menganggap bahwa batu ini berasal dari jenis Carnelian .

Walaupun jenis batu tidak terdefenisi , dikarenakan semua batu akik yang berwarna merah darah disebut ati ayam , membuat penggolongannya menjadi sulit untuk dilakukan . Penamaan batu sendiri banyak diambil dari warnanya oleh para gemslover tanah air .

Batu akik ati ayam termasuk memiliki pasaran harga yang murah . Mulai dari puluhan ribu sampai ratusan ribu . Batu akan semakin mahal , apabil jika sudah tembus cahaya . Untuk ati ayam kembang jati , yang memiliki motif seperti serbuk didalamnya , harganya bisa mencapai 300 – 500 ribu rupiah .

Ada juga ati ayam dwi warna , dimana batu tersebut memiliki warna tambahan kuning , ungu , dan warna lainnya . Batu ati ayam dwi warna , dianggap lebih menarik dibandingkan yang memiliki satu warna saja .

Khasiat Batu Akik Ati Ayam

Sama seperti jenis batu lainnya , ati ayam juga memiliki mitos seputar khasiatnya untuk para pemakai . Dari semua mitos-mitos tersebut antara lain adalah untuk kewibawaan , pembawa rezeki , pengasihan , meningkatkan keberanian dan adrenalin , dan juga mampu memberikan terapi kesehatan bagi tubuh . Batu ati ayam atau Jasper Chalcedony ( Sebagian menyebut sebagai jenis Carnelian ) juga digunakan dalam pengobatan alternatif menggunakan batu mineral yaitu Lithotherapy .

Batu Akik Ati Ayam Harga dan Khasiatnya | Siopung | 4.5