Batu Akik Badar Besi Ulasan Lengkap Harga dan Khasiat

Batu akik badar besi ( Hematite ) adalah jenis batuan dengan rumus kimia Fe2O3 dengan komposisi Iron Oxide dan dengan campuran kandungan lainnya seperti titanium . Badar Besi merupakan salah satu batu akik terpopuler Indonesia , karena banyak dikoleksi dan dipakai oleh para gemslover . Adapun kelebihan dan keunikan dari badar besi terletak pada kandungan dan komposisinya . Selain itu , perpaduan warna dari mineral oksidasi menjadikan batuan ini memiliki keindahaan tersendiri dikalangan penikmatnya . Untuk mengenal lebih jauh dengan batu badar besi , kami akan mencoba memberikan ulasan singkat mulai dari proses terbentuknya , hingga terkait mitos tentang khasiatnya .

Batu Akik Badar Besi

Gambar Batu Akik Badar Besi ( Hematite ) Via Google.co.id

Batu Akik Badar Besi

Batu akik badar besi merupakan mineral besi oksida yang mengalami proses kristalisasi dalam sebuah sistem rombohedral , dan memiliki kesamaan dengan struktur kristal imenit dan korondum . Warna dominan dari badar besi adalah abu-abu kehijauan , coklat , merah kecoklatan , dan merah kehitaman . Di Indonesia , daerah populer penghasil batuan yang lengket dengan magnet ini adalah Kabumen , Papua , Bali ( Pulaki ) , Aceh , dan lain-lain .

Batu badar besi memiliki sistem kekristalan Exagonal dengan kekerasan 5 – 6 Skala Mohs , dan memiliki spesifik gravitasi 4.9 sampai 5.3 . Batu ini juga masuk kedalam grup Oxides , atau lebih tepatnya masuk kedalam sub-golongan Simple Oxides . Yang merupakan satu diantara 3 Sub-Golongan Oxides . Seperti Hydroxides dan Multiple Oxides . Walaupun kita lebih mengenal dengan istilah Hematite , namun batuan ini juga memili varian lain dengan sebutan yang berbeda seperti Bloodstone , Irone Rose , Kidney Ore , Martite , Paint Ore , Rainbow Hematite , Specularite , dan Titano Hematite . ( Minerals.net )

Di Indonesia , badar besi justru memiliki lebih banyak variasi . Contohnya saja adalah di Papua , dimana Hematite memiliki kandungan mineral emas dan perak . Hal ini menyebabkan Hematite yang berasal dari Indonesia memiliki pasaran harga yang tinggi di perdagangan Gemstone Internasional .

Harga dan Khasiat Batu Akik Badar Besi

Batu Akik Badar Besi Kabumen

Gambar Bongkahan Badar Besi Dari Kabumen Via viva.co.id

Di Indonesia , batu akik badar besi masuk kedalam 10 batuan populer . Selain memiliki keunikan dan keindahaan tersendiri , adanya mitos tentang khasiat dan manfaatnya juga menjadi daya tarik mengapa batu ini diincar oleh banyak orang . Salah satu khasiat dari badar besi yang paling sederhana namun sangat baik bagi kesehatan adalah mampu mencegah masuk angin . Adanya medan magnet yang menempel pada kulit , menciptakan energi yang dapat menghangatkan pembuluh darah . Sehingga , metabolisme tubuh meningkat dan daya tahan tubuh terhadap serangan yang dapat menimbulkan penyakit , bisa diredah .

Selain untuk mencegah masuk angin , Badar Besi dipercaya mampu memberikan terapi kesehatan yang positif bagi mereka para penderita penyakit Jantung . Hal ini merupakan efek tidak langsung dari proses pemanasan pembuluh darah yang ada didalam tubuh anda . Dalam pandangan lain , Badar Besi bahkan dipercaya mampu untuk memberikan kekuatan kepada siapa saja yang memakainya . Apakah sugesti atau tidak , namun banyak gemslover mempercayai hal ini . Selain untuk kesehatan , Badar Besi juga dipercaya dapat menarik pasangan . Hal ini disebabkan adanya pancaran energi positif yang mampu membuat siapa saja memiliki kesan yang berbeda saat memakainya .

Simak juga : Batu Black Jade Aceh Harga Khasiat dan Perawatannya

Batu akik badar besi memiliki pasaran harga yang sangat dinamis . Pada saat ini ( Oktober 2015 ) , harga jual seluruh batu akik di Indonesia mengalami penuurnan . Hal ini merupakan imbas dari ekonomi global yang sedang diterpa badai . Dan ini bisa menjadi kesempatan yang baik bagi anda untuk berinvestasi dikala harga sedang turun . Badar besi ukuran medium dengan ring titanium , kini dijual dengan harga Rp 150 ribu – Rp 300 ribu . Harga tersebut sangat turun dibandingkan awal tahun 2015 .

Batu Akik Badar Besi Ulasan Lengkap Harga dan Khasiat | Siopung | 4.5