Batu Akik Bulu Macan Ulasan Lengkap Harga dan Khasiat

Batu akik bulu macan ( Seraphinite ) adalah jenis batuan dengan motif unik yang asal-usul nya berasal dari Fosil Kayu . Fosil kayu sendiri adalah batuan yang telah melewati proses perubahan panjang selama kurang lebih ribuan tahun , dimana kandungan organik yang terdapat pada Kayu telah berubah menjadi mineral , pada saat Kayu tersebut mengendap dalam lapisan lumpur sedimen . Mineral yang terkandung pada jenis fosil kayu umumnya berbentuk Cryptocaline Silika ( Chalcedony ) dan Quartz atau Mineral Kuarsa . Batu bulu macan menjadi sangat populer di Indonesia dikala tersiar kabar jika , mantan presiden indonesia yaitu Susilo Bambang Yudhoyono ( SBY ) juga memakai batu cincin tersebut .

Batu Akik Bulu Macan

Gambar Batu Akik Bulu Macan Via Google.co.id

Daerah Penghasil Batu Akik Bulu Macan Terpopuler

Batu akik bulu macan banyak ditemui di Pulau Jawa , karena jenis ini pertama kali di populerkan oleh gemslover yang ada disana . Namun bukan berarti jenis ini hanya bisa anda temui di Pulau dengan jumlah penduduk terbesar di Indonesia itu . Selain dibeberapa daerah Pulau Jawa , anda juga bisa menemukan batu bulu macan yang sejenis di wilayah Indonesia lainnya . Seperti di Sumatera , Kalimantan Selatan , Sulawesi , dan Nusa Tenggara Barat ( Sumbawa , Lombok ) . Di Sumatra , jenis batuan ini bisa ditemukan di daerah Aceh , Pasaman ( Sumatera Barat ) , Riau , Jambi , Lampung , Bengkulu , dan beberapa daerah lainnya di wilayah selatan dari pulau Sumatera .

Sampai saat ini , daerah penghasil jenis batu akik bulu macan terbaik di Indonesia adalah Lumajang . Lumajang adalah sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Timur . Berdasarkan informasi terbaru , bahwa selain di Lumajang ada banyak daerah di Jawa Timur yang juga menghasilkan jenis ini . Seperti Kabupaten Jember , Pacitan , Ponorogo dan Kecamatan Sukosari di Kabupaten Bondowoso . Batu akik bulu macan Lumajang asli menjadi yang paling banyak dicari , karena memiliki kualitas terbaik dengan khas motif dan warna yang sangat baik . Salah satu jenis yang paling banyak dicari saat ini adalah batu akik bulu macan serat emas .

Batu Akik Bulu Macan Serat Emas

Gambar Batu Akik Bulu Macan Serat Emas Via Google.co.id

Ciri-Ciri dan Macam-Macam Batu Bulu Macan

Batu bulu macan adalah sebutan untuk batuan fosil dengan ciri-ciri tertentu . Ciri-ciri yang paling menonjol adalah motif bulu macan atau sebagian lainnya menyebut Bulu Monyet . Jika batuan fosil anda tidak memiliki motif seperti apa yang dimaksud sebelumnya , maka batuan anda bukan Bulu Macan . Oleh sebab itu , tidak semua daerah penghasil Batu Fosil Kayu memiliki motif serat seperti bulu macan . Ada beberapa varian warna dari batu bulu macan populer . Diantaranya adalah hitam , kuning kemerahaan , coklat , hijau , putih bening ( kembang ) , dan lain-lain . Namun tipe yang paling banyak dicari adalah jenis bulu macan hitam dengan motif berwarna emas dan putih ( abu-abu ) .

Untuk mengetahui jenis batu bulu macan super atau yang memiliki kualitas terbaik , maka ada beberapa hal yang harus diperhatikan . Yang pertama adalah keindahaan . Didalam keindahaan tersebut , sudah masuk kedalamnya motif yang menyerupai sugestif bulu macan dan warna . Dan kedua adalah ketahanan atau kekerasan dari batu tersebut . Fosil kayu terbaik memiliki kekerasan antara 6 – 6.5 Skalah Mohs dengan spesifik gravitasi 2.58 . Pada umumnya , tipe bulu macan yang memiliki harga yang tinggi harus melewati syarat tembus cahaya .

Mitos Tentang Khasiat dan Manfaat Batu Akik Bulu Macan

Kegunaan memakai batu bulu macan yang paling utama adalah untuk kewibawaan atau penampilan para pria ( Sumber : Merdeka.com ) . Walaupun begitu , banyak juga diantara meraka kaum hawa yang gemar memakai batu unik ini . Para penggemar batu akik bulu macan percaya bahwa kharisma seseorang akan meningkat setelah memakainya . Baik itu dalam bentuk mata cincin maupun liontin .

Memakai batu bulu macan yang berwarna coklat , mampu memberikan rasa nyaman dalam menghadapi setiap situasi . Hal ini merupakan efek tidak langsung yang diterima oleh si pemakai saat melihat batu ada di jemarinya . Secara fisik , fosil kayu dianggap mampu untuk menyembuhkan berbagai keluhan sakit pada punggung , dan lain-lain . Bahkan bagi anda yang mendapati masalah pada pertumbuhan rambut , fosil kayu bisa dijadikan media penyembuan secara spritual kepada si penderita .

Dikalangan gemslover Indonesia , batu bulu macan berkhasiat untuk menciptakan daya tarik bagi lingkungan ( pengasihan ) . Energi yang dihasilkan oleh Batu Bulu Macan , merupakan energi positif yang ringan dan berasal dari Bumi . Oleh sebab itu , Fosil Kayu adalah salah satu jenis batu akik yang cocok digunakan oleh mereka yang berusia remaja .

Harga Pasaran Batu Bulu Macan

Bongkahan Batu Bulu Macan

Gambar Bahan atau Bongkahan Batu Bulu Macan Via Google.co.id

Batu akik bulu macan memiliki pasaran harga yang berbeda-beda di tiap daerah . Untuk di Sumatera seperti di Aceh , jenis bulu macan pada umumnya di jual dengan sangat murah . Untuk bongkahan yang dapat dijadikan sebanyak 2 batu cincin ukuran medium , maka harganya berkisar antara Rp 50 ribu – Rp 100 ribu . Lain halnya di Kalimantan dan Jawa , batu ini dijual dengan harga yang relatif lebih mahal .

Simak juga : Harga dan Khasiat Batu Black Jade Aceh

Untuk bongkahan dengan ukuran yang sama seperti sebelumnya , di Kalimantan batu tersebut dijual dengan harga Rp 150 ribu – Rp 300 ribu . Sedangkan di Jawa , harga batu bulu macan dengan ukuran yang sama , berkisar antara Rp 200 ribu – Rp 300 ribu . Harga dari batu bulu macan juga dipengaruhi oleh warna dan motif-nya . Semakin baik dan unik , maka harga jual nya pun semakin mahal . Untuk bulu macan super , yang memiliki motif dan warna yang baik , maka harga jual-nya mampu menembus jutaan rupiah .

Batu Akik Bulu Macan Ulasan Lengkap Harga dan Khasiat | Siopung | 4.5