Batu Akik Fosil Kayu Ulasan Lengkap Harga dan Khasiat

Batu Akik Fosil Kayu adalah jenis zat organik yang telah berubah menjadi mineral dalam kurun waktu kurang lebih seratus ribu tahun . Negara-negara seperti Amerika , Afrika , dan Indonesia memiliki varian fosil dari berbagai jenis Kayu berusia ratusan ribu tahun . Indonesia , dikenal oleh gemslover luar sebagai salah satu negara penghasil Wood Fossil dengan kualitas terbaik . Dahulu , Fosil Kayu sering dijadikan sebagai hiasan rumah . Namun saat ini , sudah banyak diantara mereka yang menjadikan Fosil Kayu sebagai perhiasan diri dalam bentuk batu akik .

Foto Batu Akik Fosil Kayu

Gambar Bongkahan Batu Akik Fosil Kayu Via Google.co.id

Kandungan Mineral Pada Batu Akik Fosil Kayu

Fosil Kayu sendiri terbentuk melalui proses pengendapan kayu mati , dibawah lapisan lumpur sedimen , dimana air membawa mineral masuk kedalam struktur batu . Pada saat itu , kandungan organik yang terdapat pada batu digantikan oleh berbagai mineral . Beberapa kandungan yang umumnya ditemukan pada batuan fosil kayu adalah Mineral Kuarsa ( Quartz ) , Silika , Kalsit , Pyrite , dan lain-lain .

Fosil Kayu super memiliki kekerasan antara 6 – 7 Skala Mohs dengan spesifik gravitasi 2.58 . Kualitas dari Fosil Kayu tentunya dipengaruhi oleh kondisi alam dimana batuan tersebut ditemukan . Semakin dalam ditemukan , maka kualitasnya juga akan semakin baik . Berdasarkan kutipan pendapat dari para gemslover , kekerasan menjadi salah satu tolak ukur untuk menentukan kualitas dari sebuah Fosil Kayu .

Macam-Macam Nama Batu Fosil Kayu Populer di Indonesia

Di Indonesia , ada beragam jenis Fosil Kayu yang paling populer dan banyak dicari oleh mereka para gemslover . Kami akan membahasnya secara singkat dan kami tidak mengurutkan berdasarkan kualitas . Yang pertama adalah Fosil Kayu Ulin . Fosil Kayu Ulin menjadi salah satu yang paling populer , setelah beberapa waktu yang lalu beredar kabar ditemukannya sebuah Fosil Kayu Ulin raksasa , terpanjang dan terbesar sampai saat ini , di Kutai Kaltim .

Batu Fosil Kayu Ulin Terbesar dan Terpanjang

Gambar Penemua Batu Fosil Kayu Ulin di Desa Purawajaya , Kecamatan Loa Janan , Kabupaten Kutai Kartanegara Via Kutaikartanegara.com

Batu Fosil Kayu Ulin raksasa senjang kurang lebih 25 meter ini ditemukan pertama kali pada tahun 2001 oleh pemilik lahan yaitu Gandi . Namun , saat dilaporkan pertama kali tidak ada respon dari Pemerintah setempat dan jua masyarkat disekitar . Karena pada waktu itu , Fosil Kayu Ulin dianggap hal yang biasa . Namun setelah trend batu akik meningkat pada awal 2015 yang lalu , batu fosil kayu ulin tersebut kini diperebutkan dan kini dijadikan sebagai tempat wisata .

Yang kedua adalah Fosil Getah Katilayu . Fosil Getah Katilayu menjadi kedua terpopuler setelah Kayu Ulin . Dimana batuan tersebut merupakan getah ( Sap ) yang telah memfosil , dan menciptakan struktur batu yang unik . Jenis ini menjadi populer setelah banyak dipakai oleh mereka para pemancing . Khasiat dari Fosil Getah Katilayu yang paling utama adalah untuk memancing ikan . Batuan ini dianggap sangat bertuah dan berkhasiat untuk memenangkan perlombaan memancing .

Baca juga: Harga dan Khasiat Batu Akik Getah Katilayu

Selain Fosil Kayu Ulin dan Katilayu , jenis fosil populer lainnya adalah kayu jati , kelapa , kelor , cendana , sungkai , asem , kayu aren , gaharu , pohon cokelat , laban , arang ( kayu yang telah terbakar ) , cendana , bengkirai , beringin , belian , sagu , jelatang , dan lain-lain . Dengan warna umum hitam , merah kecoklatan , hijau kebiruan , dan kuning kemerahaan atau serat emas . Sedangkan motif fosil kayu yang paling banyak dicari saat ini adalah model bulu macan atau monyet .

Khasiat dan Manfaat Batu Akik Fosil Kayu

Jenis Batu Akik Fosil Kayu

Gambar Berbagai Jenis Batu Akik Fosil Kayu Via Google.co.id

Batu akik fosil kayu dipercaya memiliki beragam khasiat dan kegunaan bagi si pemakainya . Salah satunya adalah untuk memancarkan energi positif terhadap lingkungan dan mengubah energi negatif pada diri menjadi positif . Sejak dahulu , batu fosil kayu sering digunakan untuk dijadikan sebagai cangkir atau gelas para raja , dimana untuk memberikan kehormatan yang khusus . Pada akhirnya disadari , hal ini memberikan dampak kesehatan kepada sang Raja .

Fosil Kayu dapat memberikan suasana tenang dan nyaman . Oleh sebab itu , Fosil Kayu dalam ukuran besar sangat baik untuk ditempatkan di area ruangan keluarga dan juga ruang tamu . Selain itu , Fosil Kayu juga media terapi spritual yang baik untuk penyembuhaan pinggul dan punggung . Tempelkan beberapa buah Fosil Kayu ukuran genggaman tangan di area  punggung hingga pinggul . Dan biarkan selama kurang lebih 1 jam , untuk mengalirkan energi-nya ke tubuh anda .

Memakai Fosil Kayu dalam bentuk cincin , dapat memberikan suasana nyaman saat beraktifitas . Bagi anda yang selalu bekerja dibawah tekanan , dianjurkan untuk memakai jenis batuan ini . Selain itu juga , memakai Fosil Kayu dalam berbagai artikel Crystal Meaning dari berbagai penulis yang kami kutip sebelumnya , menyebutkan bahwa Fosil Kayu sangat baik ditempatkan di sekitaran ruangan bisnis atau usaha anda .

Harga Pasaran Batu Fosil Kayu

Batu Fosil Kayu memiliki harga jual yang berbeda-beda disetiap jenisnya . Untuk Fosil Kayu Ulin hitam polos non-motif , biasanya dijual dengan harga Rp 140 ribu – Rp 200 ribu / 1 buah size medium ikatan cincin titanium . Untuk bongkahaan , dijual dengan harga Rp 40 ribu – Rp 60 ribu / 1 potongan size kotak rokok . Namun untuk Fosil Kayu lainnya yang memiliki motif unik dan tembus cahaya , maka harganya bisa tinggi . Contohnya saja adalah Fosil Kayu Bulu Macan , yang memiliki pasaran harga Rp 200 ribu – Rp 300 ribu saat ini .

Batu Akik Fosil Kayu Ulasan Lengkap Harga dan Khasiat | Siopung | 4.5