Mengenal Batu Akik Hijau Botol Dari Seluruh Indonesia

Garut adalah sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Barat , dikenal sejak lama menghasilkan beragam jenis batu akik yang sangat populer dikalangan gemslover . Diantaranya adalah jenis Pancawarna , Jasper , Batuan Lumut , dan Jenis permata lainnya seperti yang akan kita bahas kali ini yaitu Batu akik hijau botol . Batu akik hijau botol adalah sebutan untuk nama sebuah varian batuan Cryptocrystalline Sillica atau sering disebut Kristopas ( Chrysoprase ) oleh gemslover lokal . Warna dari jenis Greend Chalcedony yang satu ini menarik perhatian kita semua .

Batu Akik Hijau Botol Garut

Gambar Batu Akik Hijau Botol Garut Via Google.co.id

Garut Penghasil Batu Akik Hijau Botol Terbaik di Indonesia

Garut diklaim menjadi daerah penghasil jenis batu akik dengan sebutan hijau botol terbaik di Indonesia . Hal ini terlihat dari harga jualnya yang begitu tinggi . Baik diperjual belikan di wilayah Jawa Barat , maupun diperjual belikan di wilayah indonesia lainnya . Harga dari jenis batu akik yang satu ini tidak pernah rendah dan selalu menunjukkan peningkatan .

Batu Akik Hijau Botol Garut

Gambar Para Penambang Batu Akik Hijau Botol Garut Via Viva.co.id

Daerah penghasil batu aik hijau botol di Garut adalah Kecamatan Bungbulang . Wilayah ini tidak hanya menghasilkan varian dari batu Green Chalcedony , melainkan ada juga jenis Pancawarna . Selain hijau botol bungbulang , gemslover juga mengenal jenis batu hijau botol ohen dan hijau botol dari daerah Pacitan , Jawa Timur . Selain daerah garut dan beberapa daerah lainnya di Pulau Jawa , ada beberapa daerah lagi yang juga menghasilkan batu akik dengan sebutan hijau botol . Berikut ulasan selengkapnya untuk anda .

Batu Akik Hijau Botol Aceh

Aceh dikenal sebagai daerah seribu satu batu akik . Di  Daerah ini terdapat beragam jenis batu akik populer dikalangan gemslover . Tidak abdol rasanya jika seorang gemslover belum mengoleksi jenis batu dari Aceh . Aceh dikenal menghasilkan beragam jenis Giok dan Idocrase terbaik di Indonesia . Selain jenis batu unggulan tersebut , anda juga dapat menemukan jenis batu hijau botol HQ ( Hight Quality ) dari Aceh .

Batu Hijau Botol Aceh

Batu Hijau Botol Aceh Via Google.co.id

Dari varian tersebut , jenis hijau botol aceh terbagi menjadi dua . Yaitu jenis hijau botol super ( HQ ) dan jenis semi-super . Jenis hijau botol super ditandai dengan bentuk kristal batu yang sudah bisa dilihat dengan bentuk kristal dan struktur kejernihan batu yang sudah tembus cahaya . Varian super terdapat pada jenis batu serpentine . Sedangkan hijau botol semi-super , tipe ini adalah jenis yang sama sekali tidak tembus cahaya . Ciri-ciri berwarna hijau tua ( botol ) dan banyak ditemukan diberbagai daerah di Aceh .

Batu Hijau Botol Kabaena , Sulawesi Tenggara

Batu Akik Hijau Botol Kabaena Sulawesi Tenggara

Gambar Batu Akik Hijau Botol Kabaena Sulawesi Tenggara Via Google.co.id

Ini adalah jenis hijau botol berserat yang hampir sama dengan jenis batu hijau botol dari Aceh . Perbedaan mencolok hanya terlihat pada warnannya . Jenis batu hijau botol kabaena memiliki warna yang lebih cerah daripada jenis hijau botol aceh . Kabaena adalah sebuah kecmatan di Kabupaten Buton , Sulawesi Tenggara . Kabupaten Buton memiliki daerah-daerah penghasil jenis batu akik populer . Diantaranya adalah Badar Perak Ureke , Giok Bau Bau , dan jenis lainnya .

Simak juga : 3 Jenis Batu Akik Dari Sulawesi Yang Paling Banyak Dicari

Jenis hijau botol kabaena memiliki ciri khas berserat yang merupakan bentuk inklusi dari logam oksidasi . Varian ini jika diihat sekilas sangat mirip dengan jenis black jade atau badar lumut aceh . Hanya saja Hijau Botol Kabaena memiliki warna dasar yang berbeda .

Batu Akik Hijau  Botol Halmahera dan Ternate

Batu Akik Hijau Botol Halamahera dan Ternate

Gambar Batu Akik Hijau Botol Halmahera dan Ternate Via Google.co.id

Halmahera dan Ternate adalah daerah yang berbeda namun masih dalam wilayah Provinsi Maluku Utara . Jenis ini sering disebut Bacan Botol oleh gemslover dari luar . Mengingat warnanya yang tidak berbeda jauh dengan botol bir yang umumnya diperjual-belikan . Jenis Bacan Botol memiliki beberapa varian . Yaitu Bacan Botol HQ atau Super , memiliki ciri-ciri tembus cahaya dengan sedikit inklusi . Kemudian Bacan Botol Totol , ini adalah jenis hijau botol halmahera yang memiliki bintik hitam yang sangat banyak . Kemudian adalah jenis Bacan Hijau Botol semi-super atau tidak tembus cahaya , yang juga banyak ditemukan di Aceh dan Garut .

Batu Akik Hijau Botol Kalimantan

Batu Akik Hijau Botol Kalimantan

Gambar Green Obsidian atau Disebut Batu Akik Hijau Botol di Kalimantan Via Google.co.id

Batu Akik Hijau Botol Kalimantan adalah varian Obsidian yang berwarna hijau . Jenis ini juga bisa anda temukan di daerah Papua , tepatnya di Gunung Siklop , Jayapura . Selain disebut hijau botol , jenis ini juga disebut Zamrud Kalimantan . Kita ketahui bahwa Kalimantan adalah salah satu daerah penghasil batuan obsidian dengan kualitas tinggi di Indonesia . Selain itu , wilayah yang juga disebut Bornoe ini menghasilkan jenis Kecubung atau Mineral Kuarsa dengan berbagai macam varian .

Simak juga : Jenis Batu Akik Kalimantan Termahal

Hijau Botol Kalimantan menjadi salah satu pilihan alternatif bagi anda yang berkunjung ke daerah tersebut untuk dijadikan sebagai cendramata atau oleh-oleh . Selain jenis Hijau Botol Kalimantan , anda juga bisa mencoba untuk membeli Red Borneo dan juga jenis Kecubung ( Amethyst ) .

Mengenal Batu Akik Hijau Botol Dari Seluruh Indonesia | Siopung | 4.5