Batu Akik Kecubung Asap Smoky Quartz Harga dan Khasiatnya

Batu akik kecubung asap adalah varian dari mineral kuarsa atau sering disebut Smoky Quartz . Kecubung asap memiliki warna abu-abu hitam kecoklatan , dominan abu-abu , dan putih abu-abuh . Warna batu ini diyakini merupakan bentuk dari kandungan aluminium yang mengalami iradiasi-diinduksi . Namun dominan warna pada batu kecubung asap disebabkan adanya sentuhan dengan senyawa organik dan paparan radiasi dari penyinaran alami .

Batu Akik Kecubung Asap

Gambar Smoky Quartz atau Kecubung Asap via Google.co.id

Ciri-Ciri dan Mengetahui Batu Akik Kecubung Asap Yang Asli

Ciri-ciri dari jenis kecubung asap dapat dilihat dari tekstur-nya yang memiliki inklusi seperti serabut halus dan juga beberapa bintik-bintik hitam . Namun bintik hitam tidak akan bisa dilihat apabila anda tidak menggunakan mikroskop atau kaca pembesar . Untuk dapat melihat serat dari kecubung asap , anda dapat menerawangnya menggunakan senter atau cahaya biasa . Saat disenter , warna btu akan terlihat lebih dominan ke putih abu-abu dengan tambahan goresan serabut alami yang menghiasi struktur dalam batu .

Jenis kecubung asap tentunya banyak ditemukan dibeberapa daerah di Indonesia , seperti halnya kita ketahui bahwa mineral kuarsa merupakan senyawa yang berlimpah di muka bumi ini . Adapun jenis ini banyak ditemukan di Sumbar , tepatnya di daerah Solok Selatan . Namun untuk jenis tersebut , lebih sering disebut Batu Solar Padang ketimbang kecubung asap . Di Bengkulu juga demikian , jenis ini sering disebut juga dengan batu solar . Selain di Sumbar , jenis ini banyak ditemukan di Jambi dan Kalimantan ( Disebut Kecubung Teh ) . Berdasarkan kabar terbaru , Aceh juga memiliki jenis batu ini , namun apakah batu yang ada di Aceh benar memiliki kandungan mineral kuarsa atau Chalcedony seperti yang diduga oleh gemslover , masih belum pasti .

Untuk mengetahui kecubung asap yang asli atau palsu , maka anda dapat memperhatikan seluk beluk dari setiap sisi batu tersebut . Untuk jenis yang asli , biasanya memiliki perbedaan pada tiap sisi . Baik itu kepekatan warna , inklusi , dan serat berbentuk goresan yang berbeda-beda . Jika batu tersebut tidak memiliki kecacatan seperti inklusi atau senyawa pengotor , maka bisa dipastikan bahwa batu tersebut palsu . Jikalau asli , maka tersebut merupakan mineral kuarsa dengan bentuk kristal super . Saat disenter , batu akan menunjukkan warna yang berbeda . Sebelum disenter akan terlihat coklat , dan setelah disenter akan terlihat abu-abu . Untuk kasus tertentu , putih abu-abu  akan menjadi warna dominan dari batu tersebut .

Khasiat dan Manfaat Batu Kecubung Asap

Batu Solar Solok Selatan Padang Sumbar

Gambar Solar Solok Selatan ( Batu Solar Padang ) Via Google.co.id

Kecubung asap ( Smoky  Quartz ) memiliki khasiat untuk perlindungan fisik dan psikis . Quartz dikenal lama dapat memberikan perlindungan terhadap energi negatif , dan juga mampu mengubah energi negatif menjadi positif . Hal ini menyangkut fikiran dan perasaan yang buruk terhadap sesuatu . Bahkan gemslover luar negeri percaya jika batu ini sangat cocok untuk dipakai sebagai penambah nilai positif pada penampilan , juga dapat membawa keberuntungan dalam usaha atau bisnis yang sedang dikerjakan .

Simak juga : Batu Kecubung Api Harga dan Khasiat

Jenis ini merupakan varian dari Amethyst atau Kecubung Ungu yang juga masih satu nenek moyang dengan Smoky Quartz atau Kecubung Asap . Yang merupakan salah satu dari sekian banyak jenis batu mulia yang digunakan dalam terapi pengobatan alternatif atau Lithotherapy . Hal ini karena jenis batu kecubung asap dipercaya memiliki energi penyebuhan bagi tubuh . Selain secara fisikis , kecubung asap juga sangat memberikan energi positif pada hati dan fikiran , dan juga dapat mengatasi emosi yag berlebihan , termasuk didalamnya mengurangi depresi .

Harga Pasaran Batu Kecubung Asap

Kecubung asap dijual dengan harga berbeda-beda di tiap daerah . Untuk daerah penghasilnya seperti Bengkulu , Sumatera Barat , dan beberapa daerah lainnya , batu ini masih dijual dengan harga yang relatif lebih murah . Untuk perbandingannya , kecubung asap yang sudah dibentuk dan dipasang dengan ikatan cincin titanium , dibandrol dengan harga Rp 350 ribu – Rp 400 ribu di Jakarta . Namun jika anda langsung membelinya di daerah asal batu , maka harganya bisa berkurang sebanyak 50% .

Batu Akik Kecubung Asap Smoky Quartz Harga dan Khasiatnya | Siopung | 4.5