Batu Akik Kecubung Wulung Jenis Harga dan Khasiat

Batu akik kecubung wulung adalah varian terpopuler dan paling banyak dicari oleh gemslover Indonesia . Mungkin anda masih bingung , dari jenis batu apakah kecubung wulung . Berdasarkan tradisi dari gemslover terdahulu , kecubung wulung merupakan sebutan untuk jenis batu yang memiliki kelebihan dan kehebatan . Hal ini berdasarkan arti dan makna kata Wulung . Wulung dalam bahasa jawa adalah unggul , hebat , atau handal . Karena , pada saat jaman dahulu mitos tentang khasiat dari Batu Akik sangat sering dibicarakan . Saat gemslover terdahulu menemukan jenis batu akik yang bagus , maka mereka menyebutnya Wulung .

Batu Akik Kecubung Wulung

Gambar Batu Akik Kecubung Wulung Via Google.co.id

Ciri-Ciri Batu Akik Kecubung Wulung

Sebelum mengarah kepada penjelasan terkait ciri-ciri dari batu kecubung wulung . Maka ada hal dasar yang perlu anda ketahui perihal nama-nama batu akik kecubung . Kecubung awalnya adalah sebuah nama untuk jenis batu yang berwarna ungu . Nama tersebut dalam sejarahnya diambil dari Bunga kecubung yang juga memiliki warna ungu sebagiannya . Hal ini untuk memudahkan para gemslover mengenal dan menandai jeni-jenis batu akik kala itu . Dahulu , banyak gemslover Indonesia tidak mengerti tentang nama-nama batu mulia . Oleh sebab itu , sering kali penamaan batu akik diambil dari warna dan juga motif-nya .

Seiring perkembangan jaman , nama Kecubung tidak hanya berlaku bagi jenis batu yang berwarna ungu . Seperti Kecubung Asap ( Quartz ) , Kecubung Api ( Chalcedony and Quartz ) , Kecubung Air ( Quartz ) ,dan lain-lain . Dari berbagai jenis kecubung yang telah kami sebutkan diatas , semuanya tidak ada yang berwarna ungu . Sehingga saat ini , nama Kecubung telah dipakai tidak hanya untuk jenis batu yang berwarna ungu . Namun untuk jenis batu yang tembus cahaya . Dalam pemahaman gemslover awam adalah yg sudah mengkristal . Dibawah ini , anda akan melihat jenis batu kecubung yang sebenarnya .

Batu Kecubung Amethyst

Gambar Batu Kecubung Via Google.co.id

Kecubung dikenal oleh gemslover dunia dengan nama Amethyst . Amethyst adalah batu mulia yang mengandung mineral kuarsa ( Quartz ) dengan rumus kimia SiO2 . Warna ungu yang diciptakan oleh Amethyst merupakan bentukan dari kotoran Besi dan senyawa Mangan . Dan memiliki sistem kekristalan Hexagonal . Amethyst sendiri memiliki kekerasan 7 Skala Mohs , ukuran kekerasan umum pada varian Kuarsa lainnya .

Lalu , terdapat pada jenis batu apakah Kecubung Wulung ? . Wulung seperti yang dijelaskan sebelumnya memiliki makna hebat , handal , atau unggul . Sama hal-nya dengan nama Kecubung , seiring perkembangan jaman nama Wulung bukan untuk menyebutkan jenis batu akik yang handal , melainkan mengarah kepada jenis batu yang berwarna hitam dan memiliki warna yang berbeda saat disenter . Saat digabungkan antara Kecubung dan Wulung , maka hal ini mengarah kepada batu yang tembus cahaya dan memiliki warna hitam namun berbeda warna saat disenter . Kecubung Wulung yang sebenarnya bisa anda lihat pada gambar dibawah ini .

Batu Akik Kecubung Wulung

Gambar Batu Akik Kecubung Wulung Asli dan sebenarnya Via Google.co.id

Dikarenakan perubahaan penyebutan , maka beredarlah jenis-jenis lainnya . Seperti Kecubung Wulung Api , Kecubung Wulung Merah , Kecubung Wulung Ungu , Kecubung Wulung Combong , Kecubung Wulung Junjung Drajat , dan lain-lain . Namun hal ini tidak bisa disalahkan , karena penamaan ini sudah terlanjur melekat dikalangan gemslover Indonesia saat ini . Ciri-Ciri kecubung Wulung yang asli adalah memiliki warna yang gelap atau hitam berkilau . Dan Saat disenter , maka terlihat warna ungu . Lain halnya dengan Wulung api saat disenter terlihat warna merah . Black Jade sering juga disebut Wulung Hijau , karena saat disenter terlihat adanya warna hijau .

Daerah Penghasil Batu Akik Kecubung Wulung Terbaik

Sampai saat ini , Kalimantan masih dijuluki sebagai raja kecubung . Karena berbagai jenis Kecubung yang kita ketahui saat ini , banyak ditemukan disana . Kualitas dari Batu Kecubung Kalimantan memang tidak bisa diragukan lagi . Pasti ada banyak gemslover yang merekomendasikan kepada anda untuk membeli kecubung disana . Hal ini perihal kualitas dari batu tersebut . Baik itu dari segi keindahaan dan juga ketahanannya .

Berdasarkan informasi yang kami dapatkan , selain di Kalimantan anda juga bisa mendapatkan jenis Kecubung Wulung di daerah Baturaja . Namun sampai sampai artikel ini diterbitkan , kami masih meragukan perihal informasi tersebut . Hal ini karena kita ketahui bahwa Baturaja tidak menghasilkan batu kecubung , melainkan Batu lavender .

Simak juga : Perbedaan Batu Lavender Dengan Kecubung

Kini anda setidaknya memahami sedikit mengenai defenisi batu kecubung wulung . Mungkin pemahaman anda selama ini salah dan saat ini nama tersebut tidak perlu dipermasalahkan .

Khasiat dan Manfaat Batu Kecubung Wulung

Kecubung atau Amethyst merupakan batu perlindungan , ketenangan , dan pemancaran . Kecubung memiliki energi positif alamiyang selalu memancar saat dipakai . Pancaran energi positif dari Kecubung mampu memberikan rasa nyaman orang-orang yang ada di lingkungan sekitar anda . Oleh sebab itu , Kecubung atau Amethyst adalah salah satu dari sekian banyaknya jenis batu mulia yang berkhasiat untuk pengasihan .

Pancaran energi positif dari Kecubung juga bermanfaat untuk lawan jenis . Mungkin anda pernah mendengar bahwa Kecubung dapat digunakan untuk Pelet . Baik itu untuk pria dan juga wanita . Bentuk sugestifitas yang ditimbulkan juga memberikan dampak positif yang baik terhadap prilaku seseorang yang memakai batu ini . Karena mudah memancarkan energi positif , maka batuan ini jjuga sering digunakan sebagai properti para ahli metafisika .

Kecubung ( Amethyst ) adalah batu zodiak Pisces atau bagi mereka yang lahir pada tanggal 19 Februar – 20 Maret . Dan juga sangat cocok dipakai bagi mereka yang selalu bekerja dibawah tekanan . Secara fsikologi , warna ungu yang lembut dapat memberikan ketenangan secara tidak langsung pada fikiran manusia .

Harga Pasaran Batu Akik Kecubung Wulung

Jika kita berpatokan dengan harga jual Kecubung Wulung di pasaran Kalimantan , maka untuk batu cincin medium size , dengan ikatan cincin titanium , maka batu ini dijual dengan harga Rp 400 ribu – Rp 700 ribu . Untuk big size dengan bahan ikatan cincin yang sama , harganya bisa mencapai jutaan rupiah . Jika anda pintar sedikit saja untuk menawar disana , maka anda bisa mendapatkan potongan harga .

Simak juga : Jenis Batu Akik Kalimantan Termahal

Harga jual tentunya tergantung kualitas dari batu tersebut . Seperti kecacatan alami , baik itu inklusi atau lainnya dapat mempengaruhi harga jual dari Kecubung Wulung . Semakin jernih sebuah batu kecubung , maka harganya bisa lebih mahal lagi . Untuk tipe Kecubung Cutting , maka haganya bisa lebih tinggi dari angka yang telah kami tuliskan . 

Batu Akik Kecubung Wulung Jenis Harga dan Khasiat | Siopung | 4.5