Batu Akik Pacitan Yang Populer Dikalangan Gemslover

Pacitan adalah sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Timur , dikenal oleh para gemslover sebagai salah satu daerah penghasil batu akik berkualitas di Indonesia . Batu akik pacitan umumnya terdiri dari beberapa jenis , diantaranya Quartz , Jasper , dan jenis batuan Chalcedony lainnya . Batuan dari Pacitan mulai menjadi pusat perhatian setelah beberapa waktu yang lalu mantan presiden Indonesia yaitu Susilo Bambang Yudhoyono ( SBY ) dikabarkan juga ikut mengoleksi batuan dari daerah tersebut .

Batu Akik Pacitan

Gambar Peta Kabupaten Pacitan Penghasil Batu Akik Via Google.co.id

Jenis Batu Akik Pacitan Terpopuler

Beberapa jenis batu akik yang berasal dari Pacitan dibawah ini , merupakan varian yang paling populer dan memiliki harga termahal diatas rata-rata . Salah satu yang menjadi daya tarik tersendiri bagi gemslover untuk memilikinya terletak pada kualitas keindahaan warna dan keunikannya . Daftar jenis batu dibawah ini tidak diurutkan berdasarkan harga dan kualitasnya , setiap gemslover memiliki persepsi masing-masing . Berikut beberapa jenis batu akik pacitan terpopuler versi Siopung.com .

1. Batu Akik Red Baron / Brown

Batu Akik Red Baron Pacitan

Gambar Cincin dan Bongkahan Batu Akik Red Baron Pacitan Via Kompas.com

Red Baron ( Brown ) disebut sebagai batu para bangsawan berasal dari jenis Agate Carnelian Chalcedony yang memiliki sedikit perbedaan dengan Red Raflesia yang ada di Bengkulu dan Cempaka Merah di Aceh . Batu red baron dinilai paling diincar oleh gemslover karena memiliki harga jual yang tinggi . Harga jual nya yg tinggi dianggap sebanding dengan keindahaan alami yang terlihat pada batuan grup Chryptocristaline Sillica ini .

Batu red baron yang berkualitas super memiliki harga jual hingga jutaan rupiah . Ciri-ciri dari red baron super terlihat dari warna dan serat inklusi yang membentuk kekristalannya . Semakin jernih dan merah , maka harga jual nya akan semakin tinggi . Untuk mendapatkan jenis red baron super , biasanya para pengrajin batu akik membutuhkan kesabaran ekstra untuk dapat memilah tiap-tiap bongkahaan dari batuan tersebut . Bahkan pengrajin mengakui sulit untuk mendapatkan jenis red baron super karena sangat langka dan sulit ditemukan . Sedangkan untuk jenis Red Baron Semi-Super ( Tomato ) , umumnya memiliki harga jual yang lebih rendah . Hal ini dikarenakan warna dari batu tersebut lebih pucat dibandingkan jenis red baron super .

Red Baron semakin heboh setelah beberapa waktu yang lalu batuan sejenis koleksi milik Tommy Soeharto dilelang dan berhasil dibawa pulang oleh Haji Lulung hingga puluhan juta rupiah .

2. Batu Bulu Monyet

Batu Bulu Monyet

Gambar Batu Bulu Monyet Via Google.co.id

Batu bulu monyet adalah jenis Natural Obsidian , dengan bintik mineral membentuk pola sugestif seperti bulu monyet . Ini adalah jenis yang paling populer dari Pacitan dimana banyak gemslover dari seluruh Indonesia mengoleksinya . Walaupun tidak memiliki harga jual yang tinggi , justru menambah animo gemslover untuk memilikinya . Keunikan dan keindahaan dari batuan ini , membuat banyak gemslover terpesona melihatnya . Selain di Pacitan , batu bulu monyet juga bisa di dapatkan di daerah Kabumen , Lumajang , Jember , yang masih berada di wilayah Provinsi Jawa Timur .

Simak juga : Mengetahui Perbedaan Bulu Macan dan Batu Bulu Monyet

Demikian artikel tentang daftar batu akik pacitan yang populer dikalangan gemslover . Selain dua jenis batuan diatas , Pacitan juga dikenal menghasilkan batuan Red Jasper ( Batu Akik Ati Ayam ) , Pancawarna yang merupakan batuan dari jenis Silika , dan jenis batuan lainnya . Mungkin Pacitan bisa menjadi destinasi wisata bagi anda untuk berburu batu akik .

Batu Akik Pacitan Yang Populer Dikalangan Gemslover | Siopung | 4.5