Batu Akik Pandan Ulasan Lengkap Harga dan Khasiat

Batu akik pandan adalah jenis Chalcedony dengan ciri-ciri tertentu . Jenis ini bisa dilihat melalui struktur warna , serat , serta inklusi-nya. Batu pandan berasal dari beberapa daerah di Indonesia . Seperti Aceh , Bengkulu , Palembang , Sumatera Utara , Lampung , Bogor , Banten , Sukabumi dan Garut ( Jawa Barat ) , Jakarta dan beberapa daerah lainnya yang ada di Indonesia . Batu pandan sangat populer dikalangan orang betawi , yang mana batu akik dengan berbagai macam varian warna tersebut sudah menjadi ciri khas bagi pria-pria betawi dahulu . Namun kini kaum muda-mudi sudah mulai meninggalkan tradisi ini .

Batu Akik Pandan

Gambar Batu Akik Pandan Via Google.co.id

Jenis Batu Akik Pandan

Jenis terbaik adalah batu akik pandan suji . Batu pandan suji ( memiliki motif ) terdiri dari beberapa jenis dan warna , diantaranya adalah yang berwarna hijau ( lumut ) atau kembang kol dan merah . Batuan tersebut bisa didapat di daerah Cikotok , Banten . Karena kualitas dan keindahaannya , batu akik dari daerah Cikotok sudah tidak asing lagi ditelinga gemslover tanah air , khususnya yang berada di Pulau Jawa .

Selain dari daerah Cikotok , ada juga pandan suji yang berasal dari Sukabumi dan sungai Ciliwung Jakarta . Model dari pandan suji juga bervariasi . Diantaranya adalah Cat Eye , Serat Kura , Biru Laut , Bulmon , Bulu Monyet , Sisik Naga , Serat Mecin , Sutra , dan lain-lain . Jika kita menelusuri jenis-jenis batu akik panda dari berbagai daerah di Indonesia , maka tidak ada habis-habisnya untuk dibahas . Hal ini dikarenakan penyebutan untuk berbagai model batu akik sangat berbeda-beda di tiap daerah .

Batu Pandan Suji

Gambar Batu Pandan Suji Via Google.co.id

Batu akik pandan merupakan jenis Chalcedony dengan kekerasan mencapai 6 – 5 Skala Mohs . Bentuk motif serta inklusi yang terdapat pada batu tersebut , merupakan sentuhan dari berbagai mineral . Seperti besi oksida ( Fe2O ) , aluminium oksida , dan lain-lain .

Harga dan Khasiat Batu Pandan

Dikalangan sebagian orang betawi , batu pandan dianggap mampu meningkatkan kewibawaan . Bahkan batu akik tersebut perlambang status sosial dahulunya dikalangan orang betawi . Biasanya , yang memakai batu pandan adalah orang-orang terpandang kala itu . Batuan Chalcedony dikenal oleh gemslover luar sebagai batu perdamaiaan . Energi positif yang dihasilkan oleh batu tersebut mampu untuk menciptakan suasana nyaman dalam bersosial .

Chalcedony dikenal memiliki kemampuan untuk menyerap energi negatif dan mengubahnya menjadi energi positif , serta menyeimbangkan fikiran , tubuh , dan jiwa pada diri seseorang . Untuk kesehatan , batuan Chalcedony dikenal sangat bermanfaat untuk menyembuhkan berbagai keluhan penyakit seperti mata , mengatasi masalah tulang , dan melancarkan sistem peredaran . Dan digunakan sebagai properti pengobatan alternatif menggunakan batuan mineral ( Lithotherapy ) .

Simak juga : Batu Akik Badar Emas Ulasan Lengkap Harga dan Khasiat

Harga batu akik panda di tiap-tiap daerah sangat bervariasi . Untuk jenis pandan nanas standar size medium , dibandrol dengan harga Rp 300 ribu – Rp 350 ribu . Untuk pandan nanas super ( Cat Eye ) dengan ukuran yang sama , dibandrol dengan harga Rp 400 ribu – Rp 1 juta . Harga pandan suji size medium kualitas standart , dibandrol dengan harga Rp 300 ribu – Rp 350 ribu . Pandan suji super dengan ukuran yang sama , dibandrol dengan harga Rp 400 ribu – Rp 800 ribu . Pandan suji super dinilai dari motif dan kekerasannya .

Batu Akik Pandan Ulasan Lengkap Harga dan Khasiat | Siopung | 4.5