Batu Akik Purbalingga Terbaru Terbaik dan Termahal

Purbalingga merupakan sebuah kabupaten penghasil batu akik di Jawa Tengah . Batu akik purbalingga dikenal memiliki karakteristik yang unik dan tidak akan anda temukan pada daerah lain . Salah satu keunikan batu dari daerah ini adalah memiliki corak dan motif yang beragam . Jenis pancawarna merupakan salah satu yang terbaik dari beberapa jenis lainnya . Lantas , jenis batu akik purbalingga manakah yang paling banyak dicari ? .

Batu Akik Purbalingga

Gambar Batu Akik Klawing Naga Sui

Batu Akik Purbalingga Terbaik Adalah Jenis Batu Yang Berasal Dari Sungai Klawing

 

Klawing merupakan sungai utama yang membelah kabupaten Purbalingga . Dari sungai ini , para penambang mendapatkan berbagai jenis batuan mulia . Diantaranya adalah Jasper , Chalcedony , Obsidian , dan lain-lain . Oleh sebab itu , anda akan menemukan banyak sekali pengrajin batu akik di sekitaran Sungai Klawing . Walaupun pada saat ini trend batu sedang menurun , namun para pengrajin tidak pernah kesepian order dari luar kota .

Hal ini dikarenakan banyaknya peminat batu klawing yang berasal dari luar daerah . Supriatno salah seorang penggosok batu mengatakan bahwa , batu klawing paling banyak dikirim ke Jakarta . Mengingat Jakarta merupakan kota besar yang memiliki peminat batu mulia yang cukup tinggi . Selain itu , Jakarta juga tidak pernah absen dalam mengadakan kontes batu mulia .

Salah satu jenis batu klawing yang paling populer adalah Pancawarna Naga Sui . Jenis ini dikabarkan pernah memenangkan kontes batu se-Asia Tenggara ( ASEAN ) . Ciri khas dari batuan ini adalah memiliki warna yang beranekaragam dan memiliki corak atau gambar seperti naga . Jenis batuan ini tergolong unik dan langka . Hal ini berdasarkan pengakuan para penambang yang sulit mencari bahan sejenis di alam .

Simak juga: Jenis Batu Akik Panca Warna Terbaik Di Indonesia

Saat mendapatkan jenis Naga Sui , para penambang menilai hal ini sebagai faktor keberuntungan . Pasalnya , tidak semua bahan yang akan digosokkan memiliki motif naga . Jenis batuan dengan motif naga sendiri dinilai memiliki nilai estetika yang tinggi dikalangan penggemarnya . Selain memiliki keindahan yang luar biasa , batu naga sui dipercaya dapat memberikan keberuntungan bagi pemakainya .

Salah satu negara tujuan ekspor Naga Sui adalah Thailand , Jepang , dan Singapura . Negara-negara tersebut terbilang memiliki penggemar batu yang cukup tinggi . Apalagi , naga merupakan salah satu hewan mitologi yang memiliki nilai yang tinggi bagi kebudayaan tertentu . Oleh sebab itu , Naga Sui dapat dijual dengan harga yang tinggi di luar negeri dibandingkan dengan lokal .

Pada saat ini , permintaan Naga Sui terbilang cukup tinggi . Padahal , para pengrajin kewalahan untuk menyediakan stok barang . Hal ini dikarenakan sulitnya mendapatkan jenis batu naga sui yang memiliki kualitas yang baik . Bahkan diperlukan waktu berminggu-minggu untuk mencari jenis batu Naga Sui dengan kualitas super . Selain dijadikan sebagai cincin , batu ini juga banyak dijadikan dalam bentuk liontin .

Naga Sui merupakan salah satu jenis batu akik purbalingga yang berasal dari sungai Klawing . Di Purbalingga , ada beberapa daerah lainnya yang  menghasilkan batu mulia . Namun , jenis batu klawing adalah yang terbaik dibandingkan jenis yang lainnya berdasarkan jumlah permintaannya di pasar .

Oiya Simak Juga: Batu Akik Klawing Yang Paling Banyak Dicari

Pada tahun ini , permintaan dari batu akik purbalingga dinilai mengalami penurunan diibandingkan tahun sebelumnya . Namun , para pengrajin tetap optimis jika trend batu akan kembali naik apabila perekonomian indonesia kembali membaik . Tentunya , akan ada banyak orang yang diuntungkan jika trend batu kembali menjamur di seluruh Indonesia .

Batu Akik Purbalingga Terbaru Terbaik dan Termahal | Siopung | 4.5