Batu Akik Puser Bumi Sejarah Harga dan Khasiatnya

Batu akik puser bumi adalah jenis batuan Sub-Chalcedony Agate yang memiliki keunikan dari segi corak dan warnanya . Disebut puser bumi karena memiliki corak lingkaran yang menyerupai sebuah pusaran dan penambahan bumi untuk menjelaskan bahwa proses terciptanya batuan tersebut berasal dari pembentukan alam . Dianggap memiliki kekuatan alamiah yang baik untuk tubuh manusia , membuat batuan jenis ini banyak dicari oleh para kolektor batu akik dari seluruh Indonesia dan memiliki harga pasaran yang sangat tinggi .

Batu Akik Puser Bumi

Gambar Batu Akik Puser Bumi Via Google.co.id

Sejarah dan Kandungan Batu Akik Puser Bumi

Batu akik puser bumi merupakan varian dari Chalcedony atau Crptocrystalline yang memiliki kekilauan seperti lilin . Kandungan dominan yang terdapat didalamnya adalah Silikon Dioksida ( SiO2) dan beberapa kandungan mineral lainnya seperti besi , magan , dan lain-lain . Komposisi dari tiap-tiap batuan puser bumi memiliki perbedaan yang disebabkan oleh struktur kandungan mineral pada lingkungannya .

Batu puser bumi memiliki kekerasan 6.5 – 7 Skala Mohs . Termasuk batuan berkelas permata dengan spesifik grafitasi 2.6 – 2.7 . Puser bumi masuk kedalam grup Silkat , Tectosilicate , dengan bentuk kekristalan Hexagonal dan tembus cahaya . Beberapa varian warna yang banyak ditemukan adalah putih , biru , merah , hijau , kuning , orange , abu-abu , coklat , hitam , pink , dan warna transparan atau putih bening ( lebih condong ke batuan Quartz ) .

Dalam sejarahnya di Indonesia , batu yang masih bersaudara dengan jenis Junjungdrajat ini dikenal dengan istilah benda bertuah atau yang dapat memberikan keberuntungan dan manfaat yang diluar nalar manusia . Selain itu , batuan ini juga dijadikan sebagai properti bagi para aktifis supranatural yang ada di Indonesia .

Khasiat Batu Akik Puser Bumi

Batu dari Grup Chalcedony sudah diakui oleh komunitas gemstone dunia memiliki pancaran radiasi yang baik untuk tubuh manusia . Terkhusus untuk batu akik puser bumi , gemslover indonesia banyak yang percaya bahwa batuan ini dapat memberikan manfaat bagi kesehatan dan hal-hal lainnya dalam bentuk non-fisik . Seperti memberikan kenyamanan dan ketenangan fikiran , dan juga menambah rasa percaya diri pada setiap orang yang memakainya .

Simak juga : Batu Merah Delima Mitos dan Cara Mengetahui Yang Asli

Bahkan ada yang menyebutkan bahwa batu puser bumi dapat memberikan kekebalan dari serangan benda tajam . Seperti pisau , pedang , atau peluru sekalipun . Apalagi untuk jenis Combong yang memiliki lubang alami setelah melewati pembentukan di alam. Bahkan pelatih Perseru yaitu Agus Sutyono juga ikut mengoleksi batuan ini , seperti yang kami kutip melalui Tribunnews . Kalaupun anda tidak percaya dengan khasiat yang diberikan batuan ini , anda harus percaya bahwa batuan ini memiliki keindahaan tersendiri dibandingkan batuan lainnya .

Harga Pasaran Batu Puser Bumi

Batu puser bumi akan memiliki harga yang tinggi apabila dijual kepada para kolektor . Bahkan kolektor yang sedang mencari puser bumi tertentu , berani membandrol dengan harga yang sangat tinggi . Bisa ratusan ribu , jutaan , atau puluhaan juta . Tergantung bagaimana kondisi dari batuan tersebut . Namun secara umum , harga pasaran dari batu puser bumi tidaklah terlalu mahal . Untuk small size , batuan ini dibandrol dengan harga Rp 300 ribu – Rp 500 ribu . Untuk big size , yang cocok untuk dibuat liontin , harganya bisa mencapai Rp 1 juta .

Batu Akik Puser Bumi Sejarah Harga dan Khasiatnya | Siopung | 4.5