Batu Akik Sarang Tawon ( Teratai ) Harga dan Khasiatnya

Batu akik sarang tawon ( lebah ) merupakan salah satu jenis batuan unik yang berasal dari daerah Musirawas Utara , sebuah Kabupaten di Provinsi Sumatera Selatan . Selain di daerah tersebut , jenis yang juga disebut batu akik teratai dan badar lebah ini terdapat di beberapa daerah di Provinsi Bengkulu , Jambi , dan Aceh . Disebut sarang tawon , karena terdapat motif unik yang menyerupai sarang lebah . Ada yang menyebut jenis ini sarang semut , tetapi lebih umum menyebutnya sebagai jenis batu akik sarang tawon dan teratai .

Batu Akik Sarang Tawon

Gambar Batu Akik Sarang Tawon via Google.co.id

Macam-Macam Jenis Batu Akik Sarang Tawon ( Teratai )

Batu akik sarang tawon ( Teratai ) memiliki ragam jenis yang dikenal oleh para gemaslover tanah air . Biasanya , penamaan dari jenis tersebut diambil dari warna dan juga motifnya . Berikut beberapa jenis batu akik sarang tawon ( Teratai ) yang banyak dicari ,

  • Batu akik teratai hitam , ungu , putih , merah , hijau , coklat dan biru abu-abu .
  • Batu akik teratai lipan
  • Batu akik teratai panca warna
  • Batu akik teratai kuning dan madu / emas
  • Batu akik teratai kembang
  • Batu akik teratai air
  • Batu akik teratai sarang tawon api

Jenis yang paling termahal saat ini adalah batu akik teratai hitam . Karena jenis ini sangat langka dan sulit untuk didapatkan . Bahkan para penambang mengatakan rezeki-rezekian kalau mau mendapatkan yang berwarna hitam . Selain yang berwarna hitam , jenis panca warna atau teratai yang memiliki banyak warna juga termasuk yang paling banyak dicari oleh para gemslover .

Kandungan dan Proses Terbentuknya Batu Akik Sarang Tawon ( Teratai )

Batu akik sarang tawon merupakan bentuk fosil dari turunan organik yang telah mengalami metamorfosis yang sangat panjang dan berubah menjadi batuan mineral tanpa menghilangkan sturuktur dari kandungan organik lama . Disebutkan juga bahwa batu akik sarang tawon berasal dari senyawa organik bawah laut , yang telah mengalami proses kristalisasi selama ribuan bahkan jutaan tahun . Ini adalah hasil dari pergeseran posisi daratan dan lautan yang ada di bumi .

Batu akik sarang tawon atau teratai memiliki kandungan magnesium oxyde (MgO2) , Sodium aluminium silicate hydrate [Na(Si2Al)O6.H2O] , Si (Silika ) , dan beberapa senyawa kimia lainnya . Namun kandungan Kapur Ca (Calsium) dalam komposisi yang besar , membuat batu ini memiliki kekerasan yang rendah . Kekerasan dari batu akik sarang tawon berkisar antara 5 – 5.5 Skala Mohs .

Khasiat Batu Akik Sarang Tawon ( Teratai )

Batu Akik Teratai Hitam

Gambar Batu Akik Teratai ( Sarang Tawon ) Hitam , Abu-Abu , dan Api via Google.co.id

Sama hal-nya dengan jenis batu akik lainnya , sarang tawon atau teratai memiliki khasiat yang dipercaya oleh para penggemarnya . Salah satu khasiat dari batu akik sarang tawon yang paling terkenal adalah mampu untuk mengobati panas dalam dan dapat membuat si pemakainya tidur nyenyak . Adanya gelombong inframerah yang dipancarkan batu akik sarang tawon menjadi salah satu penyebab kenapa batu ini sangat baik dipakai oleh manusia . Aliran elektromagnetik ( Inframerah ) , sudah diakui didalam dunia kedokteran bermanfaat untuk memperlancar peredaran darah .

Batu akik teratai sarang tawon sering digunakan untuk mengobati anak-anak yang sedang mengalami demam atau suhu tubuh mengalami peningkata . Hanya dengan merendam batu didalam air selama beberapa menit , dan airnya diminum , maka hasilnya langsung bereaksi dalam hitungan menit saja . Oleh sebab itu , para penggemar batu akik sarang tawon menyebutkan bahwa batuan ini benar-benar memberikan manfaat tidak hanya dijadikan perhiasan saja , tetapi juga dapat bermanfaat untuk kesehatan .

Harga Pasaran Batu Akik Teratai ( Sarang Tawon )

Harga dari batu akik sarang tawon tentunya sangat relatif . Tergantung daerah dimana batu ini dijual . Jika anda ingin membelinya langsung di daerah Sumatera Selatan , Bengkulu , Jambi dan beberapa daerah penghasil lain , harganya masih sangat murah . Untuk bongkahan sebesar genggaman tangan orang dewasa , batu ini hanya dijual seharga Rp 30 ribu – Rp 40 ribu .

Simak juga: Memilih Bongkahan Batu Akik Sarang Tawon Yang Bagus

Harga bongkahaan tentu berbeda dengan yang sudah menjadi batu cincin . Kisarannya antara Rp 100 ribu – Rp 150 ribu . Untuk jenis tertentu seperti batu akik teratai api yang memiliki tekstur berwarna hitam dan saat disenter terlihat merah , harganya bisa mencapai jutaan rupiah .

Batu Akik Sarang Tawon ( Teratai ) Harga dan Khasiatnya | Siopung | 4.5