Kumpulan Gambar Batu Akik Sungai Dareh Super: Lengkap

Batu sungai dareh ( Sumbar ) yang termahal adalah jenis Idocrase atau Vesuvinite yang memiliki bentuk kristal tetragonal . Berdasarkan informasi , jenis idocrase sungai dareh super memiliki ciri-ciri tembus cahaya , dengan warna dominan hijau dan memiliki inklusi yang lebih sedikit . Selain itu juga , berdasarkan informasi yang kami dapatkan melalui forum jual beli di berbagai situs di Indonesia , terdapat beberapa tipikal jenis idocrase yang bisa disebut super . Super adalah sebuah sebutan untuk batu yang memiliki kualitas tinggi . Baik itu dari warna dan struktur kekristalan dari batu tersebut .

Batu Idocrase Sungai Dareh Super Cuting

Gambar batu idocrase super model cuting Via ww.jtv.com

Ciri-Ciri Batu Idocrase Sungai Dareh Super

Berdasarkan pengumpulan dari berbagai tipe idocrase sungai dareh yang disebut super , kami mendapatkan bahwa jenis idocrase super harus memiliki 3 syarat utama. Berikut beberapa syarat utama yang bisa anda jadikan sebagai acuan untuk menentukan kualitas dari sebuah batu idocrase . Berikut beberapa syarat-syaratnya agar batu tersebut disebut super yang kami rangkum berdasarkan pengakuan para gemslover dan pedagang batu akik :

1. Kristal

Yang pertama adalah bentuk kristal dari sungai dareh super harus memiliki tingkatan yang tinggi . Faktanya adalah jenis yang seperti ini sangat sulit dicari , oleh sebab itu harganya tergolong tinggi . Para penambang atau pencari batu akik biasanya banyak menemukan jenis idocrase yang belum memiliki waktu metamorfosis yang lama , sehingga pembentukan kristal yang ada pada batu bisa dibilang belum sempurna .

Bagi gemslover awam , bentuk kristal sungai dareh dengan tingkatan yang tinggi dilihat dari apakah batu tersebut tembus cahaya atau tidak . Namun bagi mereka yang sudah lama menggeluti batu , biasanya mengeceknya melalui sebuah alat teropong pembesar serat batu . Kita ketahui bahwa mineral kristal yang terdapat pada sebuah batu permata , sangat menentukan ukuran dari kekerasan atau ketahanan batu tersebut . Jika dilihat dari berbagai data idocrase terbaik di dunia , umumnya memiliki kekerasan diatas 6.5 Skala Mohs . Jika batu idocrase milik anda berada dibawah angka tersebut , maka belum bisa dianggap super .

2. Warna

Batu Akik Sungai Dareh Super

Dua Jenis Warna Sungai Dareh Yaitu Hijau Dominan dan Hijau Kekuningan Via Google.co.id

Warna juga menentukan apakah batu tersebut super atau tidak , hal ini menyangkut keindahan yang merupakan salah satu syarat sebuah batu disebut permata . Batu sungai dareh super umumnya memiliki warna hijau pekat yang menyala . Biasanya memiliki warna seperti timun . Oleh sebab itu , para gemslover lokal sering menyebutnya sebagai sungai dareh timun . Sungai dareh timun memiliki warna dominan ke hijau daripada ke kuning . Apakah idocrase super harus memiliki dominan hijau , diantara gemslover pandangan ini tentunya berbeda-beda . Sebagian gemslover menganggap warna tidaklah terlalu penting . Namun diantara mereka juga ada yang menjadikan warna sebagai faktor penting untuk menentukan kualitas dari Idocrase sungai dareh .

Namun jika kita telusuri lebih lanjut ternyata terdapat ragam warna dari jenis Idocrase selain dominan ke hijau . Diantaranya adalah Idocrase coklat kekuningan ( Bio Solar , Terdapat di Aceh ) , biru muda ke biru kehijauan ( Blue Idocrase ) , abu-abu ( Smoky Idocrase ) dan putih . Namun ternyata tidak semua jenis tersebut ada di Indonesia . Oleh sebab itu , kebanyakan gemslover lokal memandang jenis Idocrase yang memiliki warna dominan ke hijau adalah jenis idocrase terbaik . Jadi , apakah warna menjadi faktor penting ? jawabannya adalah sangat penting . Warna seperti apa ? , sangat relatif . Namun pada umumnya batu Idocrase yang memiliki warna yang kuat , akan memiliki harga yang tinggi .

3. Inklusi

Batu Sungai Dareh Super

Contoh Berbagai Model Inklusi Sungai Dareh Super Via Google.co.id

Inklusi atau senyawa pengotor ( terlihat seperti daun ) yang ada pada jenis idocrase sungai dareh jika semakin kecil atau berjumlah sedikit , maka akan meningkatkan kualitas batu tersebut . Namun pandangan ini berbeda-beda dikalangan gemslover pecinta sungai dareh . Sebagian menggap bahwa inklusi itu lah yang menjadikan sungai dareh terlihat unik . Kita ketahui juga bahwa keunikan merupakan salah satu faktor yang memberikan nilai tambah pada sebuah batu permata . Kecuali untuk inklusi yang berwarna hitam ( Sering disebut Sungai Dareh Loreng atau Army ) yang dinggap oleh kebanyakan gemslover merupakan inklusi yang dapat menurunkan kualitas dari batu tersebut .

Simak juga : Tips Membuat Batu Akik Sungai Dareh Cepat Kristal

Demikian artikel mengenai gambar dan penjelasan lengkap mengenai batu idocrase sungai dareh super . Artikel ini bersifat opini , karena tidak semua gemslover setuju dan panilaian gemslover terkait kualitas dari batu sungai dareh tentu berbeda-beda .

Kumpulan Gambar Batu Akik Sungai Dareh Super: Lengkap | Siopung | 4.5