Batu Akik Sungai Dareh: 2 Tips Agar Cepat Kristal ( Tembus )

Batu akik sungai dareh adalah jenis batuan idocrase atau Vesuvianite yang memiliki bentuk kristal tetragonal , dan merupakan bentuk metamorfosis dari batuan gamping . Batu akik sungai dareh terdiri dari 2 jenis , yaitu kristal ( kembang jati ) dan semi-kristal ( totol sayur ) . Bentuk dari semi-kristal bukan berarti bahwa batu belum mengalami proses kristalisasi . Namun adannya senyawa pengotor yang terkandung didalam batu , membuat tampilannya tidak seperti kristal ( tidak tembus cahaya ) . Untuk membuatnya menjadi lebih terlihat tembus cahaya , diperlukan beberapa metode perawatan yang sering diterapkan oleh para gemslover dan pengerajin . Beberapa metode tersebut dilakukan dengan tujuan untuk dapat mengurai dan mengubah susunan senyawa yang ada didalam batu tersebut . Berikut beberapa tips cara merawat batu akik sungai dareh biar menjadi cepat kristal .

Batu Akik Sungai Dareh Kristal

Gambar Batu Akik Sungai Dareh Yang Sudah Kristal ( Tembus ) via Okezone.com

Merendam Batu Akik Sungai Dareh

Metode pertama adalah merendam batu sungai dareh dengan cairan tertentu . Jenis cairan yang umum digunakan untuk merendam batu idocrase sungai dareh adalah air hujan , air kelapa , dan minyak zaitun . Apakah cairan dan minyak tersebut ampuh untuk mengubah struktur mineral pada batu sungai dareh anda ? . Sampai artikel ini dituliskan , para gemslover masih mengakui kehebatan ketiga jenis bahan tersebut . Namun lama prosesnya berbeda-beda , dan hal ini tergantung tipe idocrase milik anda . Jika bentuk kekristalan benar-benar sudah dominan , maka prosesnya bisa lebih cepat .

Perendaman dengan menggunakan air hujan membutuhkan waktu yang tidak sebentar , apalagi jika senyawa pengotor yang ada didalam batu idocrase tersebut sangat tebal . Untuk mempercepat prosesnya , dibutuhkan bahan tambahan yaitu jeruk nipis . Belum ada penjelasan ilmiah yang pasti kenapa Jeruk Nipis digunakan sebagai tambahan untuk cairan perendaman batu idocrase . Namun kandungan asam yang ada di dalam Jeruk Nipis , sangat ampuh untuk melunakkan kandungan kapur  ( Kalsium ) dan senyawa logam oksidasi lainnya yang ada didalam batu tersebut , dan ini sudah dipakai oleh para gemslover tidak hanya yang berasal dari Indonesia , melainkan juga para gemslover luar negeri . Sebagai penggantinya , biasanya mereka menggunakan cairan asam cuka putih .

Cukup menyediakan air hujan yang telah ditampung langsung dari langit , kemudian Jeruk Nipis dipotong-potong dan dimasukkan kedalam air hujan tersebut , maka proses perendaman sudah bisa dimulai . Proses perendaman membutuhkan waktu kurang lebih 4 – 6 hari . Lama proses perendaman sangat relatif . Apabila sudah terlihat perubahan pada batu sungai dareh milik anda , maka proses perendaman sudah bisa dihentikan . Tips , jangan lupa untuk menutup wadah perendaman .

Memanaskan Batu Akik Sungai Dareh ( Heat Treatment )

Mungkin anda pernah mendengar istilah apabilah batu akik sering dipakai setiap hari , maka batu tersebut akan mengalami perubahan secara bertahap atau disebut tua . Hal ini adalah bentuk treatment alami yang memanfaatkan panas tubuh kita . Ratusan tahun yang lalu , pengerajin batu permata secara tidak sengaja menemukan perawatan untuk memperindah batu dengan memanfaatkan suhu panas . Pada saat itu , mereka hanya mencoba untuk memanaskan batu karena terpengaruh hal-hal yang berbau takhayul . Saat batu dipanaskan , secara tidak sengaja terlihat perubahaan yang luar biasa batu yang dibakar tersebut .

Cara Merawat Batu Akik Dengan Bara Api

Gambar Tunguku Api Tradisional Perawatan Batu di Kamboja via Quora.com

Pada saat ini metode perawatan dengan memanfaatkan suhu panas telah diadaptasi dan berkembang berdasarkan perkembangan jaman yang ada . Pada zaman dahulu , orang menggunakan bara api dan meniupnya dengan bambu untuk menjaga bara dalam keadaan sempurna , sementara batu berada di dekat bara api tersebut .

Namun saat ini perawatan dengan memanfaatkan suhu panas dikembangkan oleh gemslover lokal . Seperti memanfaatkan mejikom ( rice cooker ) dan alat-alat elektronik rumah tangga lainnya yang mengeluarkan hawa panas . Perawatan dengan memanfaatkan suhu panas dianggap merupakan treatmen alami untuk meningkatkan kualitas dari batu akik sungai dareh . Hal ini merupakan proses lanjutan yang terjadi di bumi ketika batu tersebut pertama kali dibentuk .

Batu Akik Sungai Dareh: 2 Tips Agar Cepat Kristal ( Tembus ) | Siopung | 4.5