Batu Akik Teratai: Treatment Untuk Menjaga Warna dan Motif

Batu akik teratai atau sering disebut sarang tawon adalah jenis batuan fosil yang banyak ditemukan di daerah Bengkulu , Jambi , dan Sumatera Selatan . Keunikan dari batu akik teratai terletak pada warna dan motif unik yang menyerupai sarang lebah . Namun , banyak para gemslover yang mengalami masalah terkait memudar atau hilang-nya warna dan motif batu tersebut . Treatment perendaman mungkin menjadi penyebabnya , karena dapat mengikis atau mengurangi komposisi senyawa pembentuk motif pada batu tersebut .

Batu Akik Teratai Sarang Tawon

Gambar Batu Akik Teratai via Google.co.id

Menjemur Batu Akik Teratai Dibawah Sinar Matahari

Metode penyinaran menggunakan matahari merupakan salah satu treatment populer di kalangan gemslover Indonesia . Tapi tahukah anda bahwa untuk jenis teratai terkhusus yang belum memiliki bentuk kristal sempurna , treatment penyinaran sinar matahari sangat tidak dianjurkan . Karena dapat berakibat hilangnya warna dan motif pada batu akik teratai milik anda . Proses kerja sinar matahari umumnya berfungsi untuk menghangatkan batu guna merangsang perkembangan senyawa kimia yang ada didalam batu , dan merupakan proses lanjutan alami selama batu terbentuk di alam .

Untuk jenis batu tertentu , penyinaran dibawah sinar matahari tentu akan memberikan efek positif . Namun hal ini sangat berbeda dengan jenis batu akik teratai yang dapat berakibat negatif . Jika anda sudah terlanjur menjalankan treatment tersebut , maka kami anjurkan untuk tidak melanjutkannya . Apalagi untuk penjemuran dengan suhu yang sangat tinggi .

Cara Merawat Batu Akik Teratai Yang Benar

Gambar Batu Akik Teratai

Gambar Batu Akik Teratai via Liputan6.com

Perawatan batu akik teratai yang tepat adalah menggunakan metode waxing . Treatment Waxing adalah proses pemberian minyak terhadap batu akik . Fungsi minyak diantaranya adalah memperkuat warna , menyamarkan retakkan , dan dapat meningkatkan kekerasan pada batu . Minyak yang diserap pada batu , dapat mengurangi kadar uap air pada struktur batu .

Simak juga : Batu Akik Sarang Tawon ( Teratai ) Harga dan Khasiatnya

Minyak yang digunakan untuk batu akik teratai adalah jenis minyak goreng tradisional . Bagaimana dengan minyak zaitun ? , minyak zaitun sangat populer digunakan oleh gemslover . Kami tidak merekomendasikan jenis minyak tersebut pada batu akik teratai . Dalam beberapa kasus , minyak zaitun justru dapat menghilangkan motif pada batu tersebut . Gunakan minyak goreng rumahan , karena tidak mengandung anti oksidan yang tinggi .

Batu Akik Teratai: Treatment Untuk Menjaga Warna dan Motif | Siopung | 4.5