Batu Alexandrite Ulasan Lengkap Harga dan Khasiat

Batu Alexandrite adalah jenis permat kelas mineral Chrysoberyl, memiliki keunikan yang terletak pada perubahaan warnanya. Jika diperhatikan , warnanya akan terlihat biru kehijau-hijauaan di siang hari dan terlihat kuning saat dimalam hari . Termasuk juga warna-warna lain dari Alexandrite seperti , Biru , Merah , Hijau , Kuning , Pink , Ungu , Abu-abu , dan varian warna yang bercampur padu .

Batu Alexandrite

Gambar Batu Alexandrite Via Google.co.id

Jenis Batu Alexandrite

Batu alexandrite ditulis dalam rumus kimia BeAl2O4 dan merupakan bentuk sistem mineral kristal Orthorhombic . Alexandrite adalah permata berkualitas dengan kekerasan 8,5 Skala Mohs dan memiliki spesifik gravitasi 3,5 – 3,8 . Memiliki kejernihaan yang sangat baik dan kilauan seperti kaca . Alexandrite masuk dalam grup permata Chrysoberyl yang memiliki kandungan aluminat dari berllium . Varian lainnya dari Alexandrite yang sudah populer adalah Columbine atau Raspberry  . Proses terbentuknya Alexandrite adalah akibat dari proses pegmatitic . Yang mencair di dalam kerak bumi menghasilkan magma cair yang dapat naik keatas permukaan . Sebagian cairan magma mengalami proses pendinginan yang disebabkan adanya kandungan air di permukaan .

Berdasarkan sejarahnya yang masih kontroversial saat ini , Alexandrite ditemukan oleh mineralogy Finlandia bernama Nils Gustaf Nordenskiol ( 1792 – 1866 ) , dan dibernama Alexandrite karena menghargai Tsar Alexander II dari Rusia . Awalnya mereka mengidentifikasi bahwa permata tersebut adalah Zamrud . Namun Perovskii menyerahkan bahan temuan tersebut kepada Gustaf untuk diidentifikasi lebih lanjut . Dan ditemukanlah varian baru yang bernama Alexandrite . Negara terbaik yang menghasilkan batuan ini adalah Australia , Brazil , Sri Lanka , Myanmar , Republik Cheko , Madagaskar , Rusia , Spanyol , India , Amerika , Tanzania , dan Zimbabwe .

Harga dan Khasiat Batu Permata Alexandrite

Dibandingkan Ruby , Safir , Zamrud , dan Intan , Batu Alexandrite masih tergolong spesies yang baru ditemukan sekitar lebih kurang 150 tahun yang lalu . Walaupun tergolong baru dalam sejarah , namun sudah banyak dituliskan tentang kaitan batuan Alexandrite dengan hal-hal magis dan berbau mistis . Penulis Rusia bernama Nikolai Semyonovich Leskov , tercatat pertama kali sebagai seorang yang mengaitkan batu Alexandrite dengan hal-hal magis dalam sebuah novel berjudul ” Alexandrite , Mysterious Interpretation of a True Fact “.

Alexandrite dikenal sebagai batu keberuntungan dan cinta . Sangat cocok dipakai oleh mereka yang memiliki zodiak Gemini dan bulan kelahiran Juni – Agustus  . Alexandrite dikenal memiliki energi positif yang mampu memberikan kebahagiaan hati . Sangat direkomendasikan sebagai hadiah batu permata kepada kekasih atau calong pasangan . Dan juga dapat membuka aura bagai mereka para wanita yang memakainya .

Simak juga : Batu Labrador Ulasan Lengkap Harga dan Khasiat

Alexandrite memiliki pasaran harga yang sangat tinggi di Indonesia . Per-gram nya Batu Alexandrite dijual dengan harga Rp 3 juta – Rp 3 , 5 juta . Selain itu , varian warna dari Alexandrite juga sangat mempengaruhi harga jual batu tersebut .

Batu Alexandrite Ulasan Lengkap Harga dan Khasiat | Siopung | 4.5