Melihat Keindahan Batu Bacan Madina dari Tapsel Sumut

Bacan madina ( mandailing natal ) adalah jenis Turquoise atau Batu Pirus yang memiliki keindahaan yang tidak boleh dilewatkan . Disebut bacan madina bukan berarti batu ini berasal dari Pulau Bacan Maluku , malainkan karena kecantikan dari batu tersebut . Sehingga disebut sebagai bacan ( Batu Cantik ) dari Madina . Batu bacan madina berasal dari sebuah daerah di Kabupaten Mandailing Natal , Sumatera Utara , tepatnya di daerah Panyabungan dan juga di anak desa Aek Botung, Kecamatan Muara Sipongi .

Batu Bacan Madina

Batu bacan madina pada saat ini sudah mulai memiliki banyak sekali penggemar . Bahkan , batu ini memiliki permintaan yang cukup tinggi dari para gemslover yang ada di luar Sumatera . Seperti di Jawa dan Bali . Pesona keindahaan dari bacan madina , membuat kita sampai lupa waktu memandanginya .

Pada saat ini , jenis batu bacan doko dan Palamea memang yang paling diburu . Mungkin dikarenakan kedua jenis ini terlanjur punya nama dan memiliki harga pasaran yang tinggi di Indonesia . Sehingga , banyak dari mereka para gemslover berlomba-lomba untuk memilikinya .

Namun tidak menutup kemungkinan jika Bacan Madina datang menandingi jenis bacan-bacan lainnya . Apalagi berdasarkan data di lapangan , peminat dari batu bacan madina naik signifikan dalam beberapa bulan terakhir ini . Mengingat demam batu akik tidak kunjung surut di berbagai daerah di Indonesia bahkan selalu naik .

Kandungan Batu Bacan Madina

Batu Bacan Madina Mandailing Natal

Baatu bacan madina memiliki kandungan campuaran aluminium, fosfat, tembaga, besi dan memiliki rumus kimia CuA16 (PO4) 4 (OH) 8 . 4H 20 . Dan memiliki kekerasan antara 5 – 6 Skala Mohs . Walaupun tidak memiliki tektur kepadatan dan kekerasan yang tidak terlalu tinggi , namun jenis ini sudah bisa terlihat cantik jika dibuat menjadi batu cincin dalam segala bentuk . Sampai saat ini belum ada data ( penelitian ) lebih lanjut mengenai jenis batu madina . Kami mengambil sampel rujukan dari kandungan umum yang terdapat pada Batu Pirus .

Simak juga : Batu Red Raflesia Fanta Super Bengkulu

Bacan madina memiliki ragam varian warna . Salah satunya adalah hijau pekat , biru toska ( seperti Bacan Palamea ) , dan juga memiliki varian warna biru tua . Bacan Madina ( Batu Cantik dari Mandailing Natal ) , merupakan salah satu kekayaan daerah yang harusnya diperhatikan oleh seluruh elemen masyarakat . Tentu dengan tersebut , dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk meningkatkan ekonomi masyarakat di daerah Mandailing Natal .

 

Melihat Keindahan Batu Bacan Madina dari Tapsel Sumut | Siopung | 4.5