Batu Belimbing Retak: Tips dan Cara Mudah Menghilangkannya

Batu belimbing aceh memiliki kekerasan yang sangat rendah . Hal ini mengakibatkan retakkan atau hairline sering kali muncul . Tukang gosok batu , sering kali gagal dalam usaha membentuk dan memolesnya . Selain kegagalan pada tahap pemolesan , para gemslover juga sering mendapatkan kegagalan pada tahap perawatan . Bahkan di artikel sebelumnya kami menganjurkan untuk menyimpan batu tersebut ditempat khusus yang berbeda dengan batu lainnya ( Jangan Dicampur ) . Karena sangat rentan terbentur dengan jenis batu yang keras .

Batu Belimbing Retak Aceh Super

Tips Mengatasi Batu Belimbing Retak

Untuk dapat mengatasi timbulnya retakkan atau pengeroposan pada batu belimbing terkhusus bagi anda para pengerajin atau tukang gosok batu , dianjurkan untuk menggosok batu dengan perlahan dan memperhatikan suhu-nya . Tips mudah agar batu belimbing aman dari retakkan , pada saat menggosok usahakan berada didalam air atau ember yang berisi air . Hal ini dapat mengurangi resiko batu kepanasan dan terjadi retakkan . Selain menggunakan air , anda dapat menggunakan minyak .

Tips bagi anda yang saat ini sedang merawat batu belimbing : Jenis ini tidak cocok dengan metode treatment penyinaran matahari . Kalaupun anda bersikeras untuk menggunakan metode tersebut , maka dianjurkan untuk tidak menjemurnya dalam waktu yang lama . Jika terlalu lama dijemur dibawah sinar matahari , maka batu belimbing kesayangan anda akan retak dan warnanya juga akan memudar .

Simak juga: Cara Merawat Batu Belimbing Aceh

Saat batu telah menjadi cincin , usahakan untuk tidak mencampurnya dengan jenis batu cincin lainnya . Jika disatukan dalam satu bungkusan , dikhawatirkan akan berbenturan dan menciptakan retakkan . Namun jika anda memiliki kotak penyimpanan batu cincin khusus yang terpisah-pisah pada tiap bagiannya , maka hal itu akan lebih baik .

Cara Menghilangkan Retakkan ( Crack ) Pada Batu Belimbing Dengan Menggunakan Minyak ( Waxing )

Meminyaki batu disebut metode Waxing Treatment . Metode ini sebenarnya sudah lama dipakai oleh gemslover terdahulu , namun sampai saat ini masih digunakan karena dianggap merupakan perawatan yang paling tepat untuk menghilangkan retakkan pada batu mulia . Jenis minyak yang dapat digunakan adalah minyak-minyak alami . Seperti zaitun , minyak goreng , dan minyak alami lainnya . Cara mudahnya adalah dengan merendam batu didalam minyak selama beberapa hari hingga meresap .

Untuk jenis batu belimbing , anda akan melihat perubahaan pada warnanya . Namun jangan khawatir , karena perubahaan warna tersebut tidak bersifat permanen . Perubahaan warna dapat dihilangkan dengan menggunakan metode perendaman air . Untuk jenis batu belimbing super yang telah memiliki tingkat kejernihaan yang lebih tinggi , biasanya tidak akan terjadi perubahaan warna .

Simak juga : Mengetahui Ciri-Ciri Batu Belimbing Aceh Super

Demikian artikel tentang tips mengatasi dan menghilangkan retakkan pada batu belimbing . Metode ini tidak untuk menghilangkan retakkan secara permanen . Hanya menyamarkan retakkan menggunakan minyak . Jika anda ingin menghilangkan retakkan secara permanen , maka treatment yang cocok untuk itu adalah Glass filling . Glass Filling adalah proses pengisian atau pencelupan batu menggunakan timah kaca . Tentu metode tersebut menghilangkan kesan tradisionalnya .

Batu Belimbing Retak: Tips dan Cara Mudah Menghilangkannya | Siopung | 4.5