Batu Black Jade Aceh Harga Khasiat dan Perawatannya

Batu black jade atau juga disebut badar lumut aceh , merupakan salah satu jenis dari varian batu akik yang berasal desa Gayo dan beberapa daerah disekitarnya yang juga sering disebut sebagai giok hitam dari serambi mekkah . Ada yang menyebut batu ini dengan sebutan Giok Aswad dan ada juga yang menyebut batu ini sebagai Black Stone . Disebut sebagai giok aswad , karena batu ini memiliki penampilan seperti hajar aswad yang ada di Mekkah .

Batu Black Jade Aceh Harga Khasiat dan Perawatannya

Ciri-Ciri dan Kandungan Batu Black Jade Aceh

Ada dua jenis varian dari black jade aceh . Yang pertama adalah kristal dan semi-kristal . Jenis batu yang kristal , memiliki ciri-ciri tembus cahaya . Sedangkan untuk yang semi-kristal , hanya tembus tipis pada bagian luar . Walaupun begitu , sebenarnya kandungan mineral kristal pada kedua jenis tersebut memiliki komposisi yang sama . Namun untuk jenis yang tidak tembus , memiliki senyawa pengotor yang sangat dominan . Sehingga , cahaya yang masuk terhalangi oleh senyawa tersebut . Dan inilah yang menjadi penyebab batu black jade tidak tembus cahaya .

Senyawa tersebut bisa anda lihat berbentuk lumut berwarna hitam . Diperkirakan bahwa kandungan senyawa yang terlihat seperti lumut adalah besi oksida . Oleh karena itu , semakin tebal warna hitam pada batu maka akan semakin kuat ia melekat pada magnet . Namun , untuk beberapa jenis yang sudah full kristal , anda akan melihat kandungan besi oksida yang sudah menghilang atau mengalami proses metamorfosis yang disebabkan oleh kandungan dari struktur tanah dimana batu tersebut terbentuk dan ditemukan .

Saat kandungan besi oksida yang ada didalam batu mulai berkurang dan bahkan menghilang , anda akan mendapatkan jenis batu black jade yang tembus cahaya atau tidak memiliki daya tarik yang kuat terhadap magnet . Oleh sebab itu , banyak perdebatan dan pendapat yang berbeda dari kalangan para gemslover mengenai apakah black jade lengket dengan magnet atau tidak .

Walaupun black jade mengandung mineral besi oksida , tetapi jenis ini sangat berbeda dengan badar besi . Perbedaan badar besi dengan black jade , dapat anda lihat dari tekstur warnanya yang terlihat hitam pekat sedangkan badar besi memiliki warna hitam abu-abu dan terkadang terlihat adanya warna coklat .

Kandungan dari batu black jade sendiri pada umumnya mengandung magnesium silikat , sodium aluminium silikat . Kandungan ini bisa berbeda komposisinya , tentunya hal ini tergantung suhu , cuaca , kandungan tanah , dari daerah dimana batu ini ditemukan .

Baca juga: Perbedaan Batu Black Jade Dengan Badar Besi

Ciri-ciri dari black jade aceh dapat anda kenali dari warnanya yang hitam pekat , dan terlihat warna hijau atau kuning saat disenter . Dalam beberapa kasus yang sangat langka , anda juga akan menemukan batu black jade berwarna putih saat disenter .

Cara Mengetes Batu Black Jade

Cara Mengetes Batu Black Jade

Para gemslover khususnya yang berada di Aceh , sering menggunakan teknik sederhana ini dalam mengetes batu black jade yang asli atau tidak . Karena jenis ini mengnadung beberapa mineral dan senyawa seperti sodium , magnesium , yang juga terkandung di dalam air Zam-Zam , maka para gemslover menggunakan air tetesan betadine untuk melakukan pengujian .

Terinspirasi dari Air Zam-Zam yang dapat menjernihkan air yang telah ditetesi oleh betadine , para gemslover menerapkan pengetesan yang sama terhadap Batu tersebut . Adapun langkah-langkah yang bisa anda terapkan untuk mengetes batu black jade adalah sebagai berikut .

  • Sediakan Air putih biasa dalam wadah gelas yang jernih .
  • Sediakan betadine yang digunakan sebagai obat untuk luka pada kulit .

Setelah itu , coba teteskan betadine ( Obat Merah ) secukupnya  kedalam gelas yang berisi air . Aduk sampai warnanya terlihat merah . Kemudian masukkan batu black jade kedalam gelas yang sudah berisi air tetesan dari betadine . Tunggu kira-kira 3 – 12 Jam . Biasanya , reaksi akan terlihat pada jam-jam ke 4 jalannya proses pengetesan . Jika sudah lebih dari 12 jam , maka air akan berubah menjadi jernih kembali .

Jangan pergi dulu , sebagai tambahan untuk memperkaya informasi anda , kami juga menyertakan ulasan terkait khasiat dan manfaat dari batu black jade dan juga tips dan cara perawatannya agar tembus cahaya dan semakin indah .

Khasiat dan Manfaat Batu Black Jade

Khasiat Batu Black Jade

Para gemslover khususnya yang ada di Aceh , sangat percaya jika batu black jade memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan . Pada dasarnya , yang membuat batu black jade sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh adalah aliran elektromagnetik ( Inframerah ) yang dihasilkannya . Inframerah sendiri secara kedokteran , telah diakui sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh manusia .

Inframerah sendiri tercipta dikarenakan adanya suhu hangat dari tubuh manusia yang mengalir ke batu black jade . Saat suhu hangat menyentuh dan mengalir ke batu , maka terciptalah aliran elektromagnetik alami . Aliran elektromagenetik tersebut , dapat mengaktifkan molekul air yang ada didalam tubuh . Hal ini dikarenakan aliran elektromagnetik tersebut memiliki getaran yang sama dengan moleku air .

Saat molekul air tersebut pecah , maka terciptalah molekul tunggal dapat meningkatkan cairan yang ada didalam tubuh . Sehingga , anda tidak akan mengalami dehidrasi yang berlebih dalam kondisi tertentu . Selain membentuk molekul air , getaran dari aliran elektromagnetik tersebut dapat meningkatkan sirkulasi mikro . Aliran panas yang mengalir didalam tubuh , dapat menyebabkan pembuluh kapiler menjadi membesar . Sehingga , dapat meningkatkan suhu kulit , memperlancar aliran darah , dan juga dapat mengurangi tekanan kerja Jantung .

Saat sirkulasi mikro yang ada didalam tubuh bekerja dengan baik , maka dampak dari kinerja tersebut dapat membuang racun atau membersihkan darah yang mengalir didalam tubuh melalui proses metabolisme . Selain itu juga , aliran elektromagnetik telah diteliti dapat mengembangkan Ph dalam tubuh .

Dalam buku yang berjudul “The New Crystal Bibel” yang ditulis oleh Cassandra Eason pada tahun 2010 , menyebutkan bahwa Batu Black Jade sendri memanfaatkan energi air , ketenangan dan keheningan , dan juga pemurnian . Sangat baik ditempatkan dirumah dan di bagian dalam pintu depan . Karena memanfaatkan energi air , black jade dapat menjaga keseimbangan energi yang ada didalam tubuh dan juga memberikan efek positif terhadap karir . Dalam Shio , elemen air membawa kekuatan regenerasi dan kelahiran kembali .

Cara Merawat dan Mengkilapkan Batu Black Jade Aceh

Cara Merawat Batu Black Jade Aceh

Batu black jade termasuk jenis yang sulit mengkilap . Hal ini dikarenakan adanya kandungan beberapa senyawa logam , yang membuat tampilannya terlihat kusam . Walaupun begitu , bukan tidak ada cara yang bisa anda lakukan untuk mengkilapkan batu black jade .

Untuk mengkilapkan batu black jade , anda dapat menggunakan Amplas grit 5000 atau yang lebih tinggi yaitu Grit 7000 . Selain menggunakan kertas pasir , anda juga dapat menggunakan serbuk intan dan bahan tradisional seperti abu gosok .

Untuk membuat batu black jade menjadi cepat tembus cahaya , maka diperlukan treatment atau perawatan menggunakan beberapa cairan yang kami rekomendasikan untuk anda . Beberapa cairan tersebut antara lain adalah air hujan dan air kelapa muda . Air kelapa sendiri dapat mengeluarkan kandungan besi oksida yang ada didalam batu . Selain itu juga , anda dapat menggunakan air hujan sebagai tambahan untuk bahan perawatannya .

Dalam merendam batu black jade dengan air hujan , anda harus mencari air yang tidak terkontaminasi dengan senyawa lainnya . Oleh karena itu , kami anjurkan untuk anda mengambil air hujan ditampung langsung saat jatuh dari langit . Selain itu juga , anda dapat menggunakan air kelapa muda setelah 3 hari 3 malam proses perendaman menggunakan air hujan .

Simak juga : Membuat Black Jade Cepat Tembus Dalam 7 Hari

Teknik perawatan ini sendiri dilakukan untuk mengurangi dan mengeluarkan senyawa pengotor yang ada didalam batu black jade . Anda dapat menerapkannya secara hati-hati , dengan melihat perkembangannya setiap hari .

Harga Batu Black Jade Aceh

Pada saat ini batu black jade aceh dibandrol dengan harga yang sangat relatif . Anda akan mendapatkan black jade yang murah dari para penjual di daerah Aceh , Sumatera Utara , dan beberapa daerah lainnya di Sumatera . Biasanya untuk bongkahan sebesar kotak rokok , harganya bisa mencapai Rp 100 – Rp 200 ribu . Namun jika batu ini sudah diperjualbelikkan diluar dari pulau Sumatera , maka harganya bisa lebih mahal lagi .

Lain hal dengan batu black jade yang sudah jadi beserta ikatan/ring . Secara umum , untuk medium size batu ini bisa dibandrol dengan harga Rp 400 ribu – Rp 600 ribu . Untuk big size , maka harganya bisa mencapai jutaan rupiah . Black jade akan semakin mahal , apabila batu tersebut tembus cahaya .

Batu Black Jade Aceh Harga Khasiat dan Perawatannya | Siopung | 4.5