Batu Cincin Termahal di Aceh: Ulasan dan Daftar Lengkap

Aceh adalah  adalah sebuah provinsi di Indonesia yang terkenal menghasilkan beragam jenis batu cincin terbaik . Aceh terletak di ujung utara pulau Sumatera dan merupakan provinsi paling barat di Indonesia (wikipedia) . Bahkan Aceh diklaim menjadi daerah penghasil jenis batu cincin terbanyak di Indonesia setelah provinsi Jawa Barat . Disebutkan bahwa kemanapun kaki melangkah , anda akan menemukan banyak batuan yang bisa dijadikan sebagai cincin . Sungguh daerah yang sangat kaya akan ragam batu mulia-nya .

Batu Cincin Termahal di Aceh

Wilayah Aceh Dalam Peta

Batu Cincin Termahal di Aceh

Walaupun memiliki ragam jenis batu cincin yang populer di Indonesia , tidak semuanya memiliki harga yang tinggi di pasaran . Adapun penyebab sebagian batu dijual dengan harga yang mahal , dikarenakan persediaan yang tidak menentu atau bisa dikatakan langka . Selain itu , tingginya minat para gemslover untuk mengincar batu tersebut , disinyalir menjadi salah satu penyebab meningkatnya harganya di pasaran . Berikut beberapa jenis batu cincin termahal di Aceh , yang kami rangkum secara singkat dengan mengambil data dari situs perbandingan harga dan juga situs jual beli online di Indonesia .

1. Batu Bio Solar Aceh

Batu Bio Solar Aceh

Gambar Batu Bio Solar Aceh via Google.co.id

Bio solar aceh disebut-sebut menjadi jenis Idocrase dengan kualitas nomor 1 di Indonesia setelah sungai dareh . Perbedaan kualitas idocrase bio solar aceh dengan sungai dareh terletak pada kekristalannya . Oleh sebab itu , bio solar aceh lebih diincar dibandingkan jenis Idocrase sungai dareh Sumbar . Bahkan harganya bisa mencapai jutaan hingga puluhan juta rupiah .

Dalam sebuah acara Gems Award 2015 yang berlangsung di Solo beberapa waktu yang lalu , para perajin memerkan beragam jenis batuan yang berasal dari seluruh Indonesia termasuk Aceh . Seorang pemilik bio solar aceh bernama Denny Irawan bahkan membandrol batu miliknya seharga Rp 300 juta ( Kompas ). Bio Solar Aceh menjadi jenis batu cincin termahal di Aceh dan batu ini layak untuk ditempatkan di posisi pertama . Hal ini berbarangan dengan banyaknya pengakuan dari para komunitas gemslover yang menempatkan bio solar sebagai jenis dengan harga termahal .

2. Batu Giok Nephrite Aceh

Batu Giok Nephrite Aceh

Gambar Batu Nephrite Aceh via Google.co.id

Batu Giok Nephrite ( Nephrite Jade ) Aceh adalah salah satu jenis yang menjadi kebanggaan masyarakat Aceh . Pasalnya , tidak semua daerah bahkan negara di Dunia ini juga menghasilkan jenis batuan Nephrite . Batu yang memiliki kekerasan antara 6 – 6.5 Skala Mohs ini , berada di posisi kedua dalam daftar batu cincin termahal di Aceh .

Nephritie Jade memiliki kandungan antara lain magnesium , besi , dan ditulis dalam kompisisi kimia Ca2(Mg,Fe)5Si6022(OH) . Aceh diklaim menjadi daerah penghasil jenis Nephrite terbaik di Dunia setelah Burma . Hal ini menjadi kebanggan tersendiri untuk masyarakat di daerah serambi mekkah tersebut . Bahkan saat ini Aceh telah memiliki museum batu mulia yang memperkenalkan beragam jenis batu giok yang berasal dari daerah tersebut sebagai bentuk kebanggan dan juga sebagai media edukasi , salah satunya adalah Nephrite Jade .

3. Batu Black Jade Aceh

Batu Black Jade Aceh

Gambar Batu Black Jade Aceh via Google.co.id

Batu black jade aceh atau disebut juga Giok Aswad oleh gemslover lokal merupakan salah satu varian jenis termahal di peringkat ketiga . Batu ini diklaim memiliki peminat yang sangat tinggi , bahkan lebih tinggi daripada bio solar Aceh . Hal ini dikarenakan jenis batu yang berwarna hitam tersebut dipercaya memiliki khasiat untuk kesehatan .

Bahkan gubernur Sumsel yaitu Alex Noerdin terpikat melihat keindahaan dari Batu yang disebut Giok Aswad Aceh tersebut . Dalam sebuah berita yang dituliskan oleh Tribunnews.com , Gubernur Sumsel yaitu Alex Noerdin menawar batu giok aswad seharga Rp 50 juta dalam sebuah pameran batu mulia yang berlangsung awal Juni lalu , di kompleks Stadion Jakabaring .Walaupun berada diperingkat ketiga dalam daftar batu aceh termahal , namun jenis ini memiliki penggemar yang lebih tinggi daripada jenis aceh lainnya.

Jangan lewatkan : Batu Black Jade Aceh Harga Khasiat dan Perawatannya

4. Batu Serpentine Aceh ( Pucuk Pisang )

Batu Serpentine Pucuk Pisang Aceh

Gambar Batu Serpentine ( Pucuk Pisang ) Aceh via Google.co.id

Batu Serpentine atau Pucuk Pisang Aceh adalah jenis batu mulia yang masuk kedalam peringkat keempat untuk jenis termahal . Jenis ini mengalami permintaan yang cukup signifikan , sehingga membuat harganya kian melambung tinggi . Pucuk Pisang memiliki bentuk kristal yang sangat baik . Sehingga banyak para kolektor maupun gemslover yang mengincar batu tersebut . Pada saat ini , harga dari batu pucuk pisang telah mengalami peningkatan diatas Rp 500 ribu . Hal ini sangat wajar mengingat permintaan yang cukup tinggi , sedangkan persediaan tidak menentu .

 

Batu Cincin Termahal di Aceh: Ulasan dan Daftar Lengkap | Siopung | 4.5