Ini Sebab Batu Kecubung Cutting Memiliki Harga Yang Tinggi

Ini Sebab Batu Kecubung Cutting Memiliki Harga Yang Tinggi . Kecubung atau Amethyst dan varian lainnya seperti Citrine ( Yellow Quartz )  , Kecubung Asap ( Smoky Quartz ) , merupakan jenis batuan dengan kandungan dominan Mineral Kuarsa ( Quartz ) , bahan yang sangat cocok untuk dibuat model kecubung cutting . Hal ini dikarenakan struktur kekerasan dari Batu tersebut sudah berada dibatas aman , agar batu dapat dipoles dan dapat menghasilkan hasil model cutting yang baik yaitu 6,5 – 7 Skala Mohs . Selain jenis batu kecubung , jenis Obsidian dan juga beberapa permata seperti Intan , Zamrud , Opal , Ruby , telah lama kita kenal sebagai bahan yang cocok dijadikan model cutting . Berikut penyebab kenapa batu kecubung cutting memiliki harga yang relatif lebih tinggi daripada model umum seperti bulat , lonjong , atau oval .

Model Batu Kecubung Cutting

Gambar Kumpulan Model Cutting Pada Batu Mulia via Google.co.id

Tidak Semua Pengrajin atau Penggosok Bisa Membuat Batu Kecubung Cutting

Jumlah para pengrajin di Indonesia yang bisa membuat model Cutting sangatlah terbatas . Karena memerlukan pengalaman dan pengetahuan khusus dalam mengasah batu menjadi bentuk cutting yang diinginkan . Pada saat ini memang sudah banyak yang menggunakan mesin batu cutting otomatis , namun mesin tersebut tentunya memiliki harga yang mahal . Oleh sebab itu , bagi mereka yang membuka jasa cutting batu akik atau permata lainnya , tentunya mereka memasang biaya atau tarif yang lebih tinggi daripada pengrajin biasa .

Alasan yang paling utama kenapa para pembuka jasa cutting batu memasang tarif yang tinggi adalah hasil yang didapatkan . Mereka akan menjamin bahwa batu tersebut dalam kondisi yang baik dan juga mendapatkan model cutting sesuai pesanan . Berbeda halnya dengan mereka yang membuka jasa cutting manual , walaupun memiliki harga yang tinggi tetapi tidak setinggi harga mereka para pengrajin yang memakai mesin cutting otomatis . Hal ini terkait resiko yang didapat oleh pemesan kepada para pengrajin cutting manual . Bahkan tanggung jawab pengrajin terlihat kurang jelas saat batu cacat atau rusak .

Gambar Mesin Cutting Batu Via Wikihow.com

Gambar ilustrasi Mesin Cutting Batu Via Wikihow.com

Untuk model cutting kotak , pada umumnya hampir semua penggosok atau pengrajin batu dapat membuatnya . Sehingga harganya tidak terlalu mahal , dan masih memiliki biaya yang sama dengan memoles batu dengan model umum . Namun , untuk model cutting seperti pear , round , marquise dan octagon , merupakan bentuk model cutting yang sangat rumit . Terkadang model seperti ini dapat memakan waktu para pengrajin duduk satu harian untuk menyelesaikan satu batu saja dengan kualitas cutting sempurna . Lain hal dengan mereka yang menggunakan mesin cutting , tentu waktu pengerjaannya bisa lebih singkat dan tarifnya juga bisa lebih tinggi .

Batu Cincin kecubung Model Cutting

Gambar Kecubung Cutting . Paling Kiri Model Cutting Chusion dan sisanya adalah Model Kotak via Google.co.id

Simak juga : Jenis Batu Akik Kecubung Yang Paling Banyak Dicari

Alasan ini yang membuat harga dari batu kecubung cutting menjadi lebih tinggi daripada yang model biasa . Umumnya gemslover sangat suka untuk meng-cutting batu kecubung ungu Amethyst , dan juga kecubung teh atau Asap ( Smoky Quartz ) . Peminat paling tinggi tentunya berasal dari kaum hawa , yang ingin membuat batu menjadi cincin , anting , atau liontin .

Ini Sebab Batu Kecubung Cutting Memiliki Harga Yang Tinggi | Siopung | 4.5