Batu Kecubung Es: Jenis Mineral Kuarsa Paling Dicari

Batu kecubung es adalah jenis mineral kuarsa (Quartz) dengan tingkat kekerasan mencapai 7 Skala Mohs , merupakan salah satu jenis yang paling dicari akhir-akhir ini oleh gemslover tanah air . Selain bentuk kekristalan yang sangat luar biasa , batu ini juga memiliki keindahaan dan keunikan tersendiri serta mempunyai khasiat tertentu . Bahkan , pada tahun 2016 harga batu akik kecubung es diprediksi akan mengalami kenaikan .

Batu Kecubung Es

Gambar Batu Akik Kecubung Es Via Google.co.id

Peminat Batu Kecubung Es Tidak Pernah Surut

Walaupun banyak saat ini beredar jenis kecubung es replika atau palsu yang terbuat dari kaca , namun tetap saja tidak menyurutkan para gemslover untuk mengincar jenis batu akik yang satu ini . Pasalnya , pembeli saat ini sudah mulai mengetahui cara membedakan kecubung es yang asli atau yang palsu .

Pada saat ini , harga dari kecubung es masih sangat normal . Berdasarkan pengamatan yang kami lakukan melalui situs-situs marketplace yang ada di indonesia , pada saat ini harga batu kecubung berkisar antara Rp 300 ribu – Rp 500 ribu untuk ukuran yang besar ( Big Size ) . Dan untuk small size , berada di kisaran Rp 200 ribu – Rp 300 ribu.

Untuk tahun ini , peminat dari batu kecubung es tidak hanya datang dari gemslover laki-laki , melainkan juga para wanita dan remaja . Dengan berbagai inovasi , pada saat ini anda sudah bisa menemukan berbagai model cincin , liontin , dan lain-lain yang menambah varian yang ingin anda beli .

Cara Mengetahui Batu Kecubung Es Yang Palsu

Batu Kecubung Es

Untuk mengetahui apakah kecubung es milik anda asli atau kaca , anda dapat memperhatikan tiap-tiap bagiannya secara seksama . Bentuk kristal buatan , pada umumnya tanpa memiliki kecacatan sedikitpun . Sedangkan untuk kristal kuarsa yang alami , memiliki sisi yang jika dilihat terdapat retakkan kecil , dan sebagian terdapat warna putih pekat ( keruh ) . Hal ini disebabkan adanya bentukan dari kandungan mineral lainnya yang ikut terproses bersama dengan batu .

Berbeda jauh dengan jenis kecubung es palsu ( pabrikasi ) , yang memiliki bagian-bagian yang sama disetiap sisinya tanpa ada perbedaan sedikitpun . Retakkan kristal alami , bisa anda lihat seperti adanya garis didalam batu . Retakkan tersebut tentunya akan sangat sulit untuk ditiru manusia . Untuk kecubung es yang asli , umumnya memiliki kekerasan 7 Skala Mohs . Nilai 7 Skala Mohs , sudah bisa dianggap sebagai permata yang memiliki struktur tahan terhadap goresan . Anda dapat mencoba untuk menggesekkan bagian batu tersebut ke permukaan kaca . Pada umumnya , kaca akan mendapatkan goresan sedangkan batu kecubung es sama sekali tidak mudah tergores .

Teknik ini bisa anda terapkan dan sama sekali tidak berbahaya . Karena pada dasarnya , kaca buatan memiliki kekerasan 5,5 Skala Mohs . Jika dilihat perbandingannya , maka sebenarnya kekerasan dari Kecubung es lebih tinggi daripada kaca pabrikasi .

Baca: Batu Akik Kecubung: Ini 3 Jenis Yang Paling Banyak Dicari

Karena mineral kuarsa memiliki kelemahan alami seperti adanya retakkan dan kekeruhan warna , maka sebuah sistem kelas dikembangkan untuk menentukan kualitas dari kristal mineral kuarsa . Untuk kelas A , jenis ini diindentifikasi memiliki transparansi yang sangat jelas dan tidak memiliki perbedaan disetiap sisi . Untuk jenis ini , diperlukan alat bantu untuk mengetes atau mengukur kekerasannya , karena tampilannya yang menyerupai kaca buatan .

Untuk kelas B , mineral kuarsa yang satu ini memiliki kelainan disetiap sisinya . Anda bisa melihat bagian tertentu sangat jernih , dan bagian lainnya sama sekali tidak jernih ( keruh ) . Dan kelas ini sendiri diidentifikasi memiliki beberapa retakkan kecil yang tertanam di dalam kristal.

Batu Kecubung Es: Jenis Mineral Kuarsa Paling Dicari | Siopung | 4.5