Batu Kecubung Teh Harga dan Khasiat

Batu kecubung teh atau Smoky Quartz adalah jenis mineral kuarsa yang memiliki warna coklat kehitaman . Batu kecubung teh ini sendiri banyak ditemukan di berbagai daerah Indonesia , khususnya di pulau Kalimantan . Kalimantan sendiri memang dikenal sebagai daerah penghasil jenis kecubung dengan kualitas terbaik di Indonesia .

Batu Kecubung Teh

Disebut sebagai kecubung teh , karena batu ini memiliki tektur warna yang hampir sama dengan teh saat diseduh dengan air panas . Kecubung teh sendiri adalah sebutan para gemslover untuk dapat mengingat jenis-jenis dari salah satu spesies mineral kuara ini . Selain di Kalimantan , jenis ini juga terdapat di daerah Sumatera Barat . Kalau di Kalimantan disebut sebagai kecubung teh , di Sumatera Barat disebut sebagai Batu Solar Solok Selatan , Padang .

Cara Membedakan Kecubung Teh Asli atau Palsu

Untuk membedakan jenis mineral kuarsa yang asli dan palsu , anda dapat melihat perbedaannya sebagai berikut  . Untuk yang palsu , batu terlihat sangat jernih dan tanpa cacat sedikitpun . Kecacatan ini sendiri meliputi retakkan dalam , warna , dan juga bagian-bagian yang keropos .

Sedangkan yang asli , biasanya memiliki kecacatan seperti retakkan dalam , adanya gradiasi warna tebal dan tipis disetiap sisi . Selain itu , jenis kecubung teh yang asli memiliki kekerasan hingga 7 Skala Mohs . Kekerasannya hampir sama  dengan jenis mineral kuarsa jernih lainnya .

Khasiat dan Manfaat Batu Kecubung Teh

Batu kecubung teh juga dipercaya memiliki khasiat dan manfaat bagi si pemakainya . Adanya kandungan mineral kuarsa dominan didalam batu , menyebabkan kecubung teh memiliki dampak yang baik untuk penyembuhan . Kecubung teh sendiri memiliki komposisi kimia Silikon Dioksida , adanya senyawa pembentuk lainnya menyebabkan terciptanya warna teh didalam mineral kuarsa .

Sedangkan kandungan mineral kuarsa didalam batu batu , selain memberikan efek penyembuhan , juga dapat memberikan tambahan energi halus kepada tubuh . Mineral kuarsa adalah komponen utama dari berbagai macam jenis batuan yang ada di Dunia ini . Seperti jenis Agate ( Batu Akik ) , dan juga Jasper . Selain berwarna seperti teh , jenis mineral kuarsa juga bisa anda dapatkan pada spesies Amethyst ( Kecubung Asihan Ungu ) .

Di Indonesia , batu ini dipercaya memiliki energi dan kekuatan . Kekuatan tersebut antara lain digunakan untuk pengasihan dan juga untuk menundukkan lawan jenis ( pelet ) . Walaupun bukan jenis yang paling umum untuk digunakan , namun banyak para praktisi spritual di Indoneia menggunakan jenis batu Quartz ( mineral kuarsa ) sebagai media untuk mengalirkan dan memancarkan energi .

Di Jepang , mineral kuarsa banyak dimanfaatkan dalam berbagai kegiatan tradisional . Tradisi Jepang kuno percaya bahwa jenis batu mineral kuarsa terbentuk dari nafas naga putih . Untuk warna lainnya , sama halnya seperti itu . Orang Aborigin australia juga menggunakan mineral kuarsa dalam menjalankan ritual untuk memohon kepada sang maha kuasa untuk menurunkan hujan .

Harga Pasaran Batu Kecubung Teh

Di Kalimantan untuk batu kecubung teh dengan medium size lengkap dengan ikatan batu cincin titanium , harganya berkisar antara Rp 200 ribu – Rp 300 ribu . Untuk ukuran yang lebih besar atau Big Size , maka harganya bisa mencapai Rp 300 ribu – Rp 500 ribu . Namun harga sangat relatif apabila sudah masuk kedalam transaksi jual beli secara personal .

Simak juga : Melihat Batu Kecubung Air Asli atau Palsu

Harga kecubung teh bisa naik apabila berada di luar daerah dari Sumatera dan juga Kalimantan . Di Jawa , batu kecubung teh sendiri sama kelasnya dengan jenis batu kecubung air dan juga kecubung wulung asihan .

 

Batu Kecubung Teh Harga dan Khasiat | Siopung | 4.5