Batu Lumut Suliki Harga Jenis dan Khasiat

Batu lumut ( lumuik ) Suliki merupakan salah satu varian jenis permata  terpopuler setelah idocrase sungai dareh yang berasal dari Sumatera Barat . Suliki adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Lima Puluh Kota , yang berjarak kurang lebih 130 Km dari kota Padang , Sumbar . Daerah ini menghasilkan berbagai jenis batu akik , termasuk jenis batu lumut ( moss agate ) yang sangat unik .

Gambar Batu Lumut Suliki Super

Gambar Batu Lumut Suliki via Google.co.id

Salah satu keunikan dari jenis Batu Lumut Suliki terletak pada kekristalannya . Mungkin hanya beberapa daerah saja di Indonesia yang menghasilkan Moss Agate berkualitas seperti lumut suliki . Batu ini diduga naik daun , setelah adanya kabar yang menyebutkan bahwa batu ini pernah menang kontes di Jakarta .

Kandungan dan Proses Terbentuknya Batu Lumut Suliki

Batu akik lumut suliki atau Moss Agate sering disebut juga sebagai batu Mocha . Proses terbentuknya batu ini berasal dari silikon diaoksida . Adanya kandungan cryptocrystalline silica ( Chalcedony ) yang berwarna hijau dan tertanam didalam batu , membentuk filamen dan pola sugestif seperti lumut .

Anda akan melihat bentuk dari mineral kuarsa yang sangat jernih dan terkadang memiliki warna putih susu tembus cahaya pada batu lumut suliki . Hal itu disebabkan mineral kuarsa bertemu dengan beberapa mineral lainnya seperti besi oksida dan juga manganese . Manganese adalah salah satu unsur kimia dengan simbol Mn dan dengan nomor atom 25 .

Walaupun dalam penyebutannya disebut sebagai batu lumut . Namun sama sekali tidak memiliki kandungan organik dan bukanlah terbentuk dari turunan organik yang mengalami metamorfosis menjadi mineral  . Tetapi nyatanya batu lumut suliki terbentuk dari batuan vulkanik .

Jenis-Jenis Lumut Suliki

Untuk beberapa jenis lainnya , anda akan menemukan batu lumut suliki yang berwarna merah , perak , coklat , biru , kuning , dan warna campur ( lumut suliki panca warna ) . Hal ini disebabkan adanya jejak logam yang terkandung di dalam batu , dan hadir sebagai senyawa pengotor .

Jenis logam yang paling sering muncul adalah krom , besi oksida , perak , dan beberapa logam lainnya yang telah mengalami perubahaan . Logam dapat membentuk warna yang berbeda , tergantung pada valensi atau tingkatan keadaan oksidasi . Dalam bahasa pasaran , jenis batu lumut suliki super memiliki ciri-ciri yaitu jernih , tembus cahaya ( Full Kristal ) , memiliki warna yang indah , dan juga memiliki motif yang unik .

Khasiat dan Manfaat Batu Lumut

Khasiat Batu Lumut Suliki

Walaupun umumnya para gemslover tidak memandang lumut suliki ( Moss Agate ) memiliki khasiat , namun sebagian para gemslover tanah air bahkan dunia sangat percaya jika batu ini memiliki manfaat bagi si pemakainya. Adapun beberapa khasiat dan manfaatnya akan kami jelaskan secara singkat dibawah ini . Percaya atau tidak , kembali kepada diri sendiri .

Batu lumut suliki sangat cocok dipakai oleh mereka yang memiliki tanggal lahir ( 20 April – 20 Mei  ) atau yang memiliki zodiak Taurus dan juga bagi mereka yang memiliki zodiak Gemini  ( 21 Mei – 21 Juni ) . Dalam sebuah kutipan yang kami ambil dari sebuah buku yang berjudul “Stone Power 2” yang ditulis oleh Dorothee L. Mella dan diterbitkan pada tahun 1986 , menyebutkan bahwa Batu lumut telah dikenal sebagai batu permata bagi mereka para petani . Untuk mendapatkan keberuntungan dan panen yang melimpah .

Dan batu ini juga dianggap dapat menyembuhkan oleh mereka para pemimpin suku di masa lampau . Selain itu juga , para prajurit menggunakan batu lumut sebagai jimat untuk membuat mereka memiliki mental dan fisik yang kuat dan mendapatkan kemenangan . Pada saat ini , batu lumut juga dipakai dalam terapi kesehatan ( Lithotherapy ) . Lithotherapy adalah sebuah terapi kesehatan dengan memanfaatkan batu permata atau batu mineral lainnya .

Harga Pasaran

Batu lumut suliki memiliki harga yang bervariasi . Jika anda membeli ke daerah asal-nya , kemungkinan harganya relatif lebih murah . Namun jika bahan atau bongkahan batu telah berada di luar dari daerah Sumbar , maka harganya bisa lebih mahal .

Untuk ukuran batu cincin medium size ( luar daerah sumbar ) , harganya bisa dibandrol antara Rp 300 ribu – Rp 500 ribu . Untuk batu cincin big size , maka harganya bisa mencapai Rp 500 ribu – Rp 1 juta . Lain hal jika batu tersebut memiliki motif unik atau ber-gambar . Maka harganya bisa mencapai jutaan bahkan puluhan juta rupiah . Kami belum memiliki data tentang jenis dan gambar batu lumut suliki termahal . Tetapi tersiar kabar bahwa batu suliki yang menang kontes , dibandrol dengan harga Rp 50 juta .

Batu Lumut Suliki Harga Jenis dan Khasiat | Siopung | 4.5