Batu Merah Delima Mitos dan Cara Mengetahui Yang Asli

Batu merah delima adalah salah satu permata terpopuler dan sudah lama dikenal di Indonesia . Hal ini berkaitan dengan mitos dan cerita (legenda) mistis yang menyangkut kekuatan batu tersebut . Dalam pemahaman umum gemslover nusantara , jenis merah delima mengarah ke salah satu permata yang bernama Batu Ruby . Batu Ruby adalah salah satu permata termahal berkualitas setingkat zamrud , intan , dan safir dengan kekerasan mencapai 9 mendekati 10 Skala Mohs . Jenis ruby yang asli sangat langka , namun saat ini sudah banyak dijual jenis duplikat/sintetis/pabrikasi kualitas tinggi hasil produksi perusahaan Chatam America .

Batu Merah Delima Chatam America

Gambar Batu Merah Delima ( Ruby ) via Google.co.id

Mitos atau Legenda dan Ciri-Ciri Batu Merah Delima

Apakah mitos dan legenda ini benar atau tidak tentu tergantung anda secara pribadi . Jenis batu merah delima dalam pemahaman banyak orang mengarah kepada jenis batu benda tarikan alam gaib . Jenis batu tarikan alam gaib yang berwarna merah , biasanya disebut mustika merah delima . Mungkin anda sering mendengar julukan sebuah batu dengan kata “Mustika” . Bagi sebagian gemslover , jenis batu mustika adalah benda tarikan dari alam gaib . Namun bagi sebagian gemslover lainnya mendefenisikan mustika adalah batuan fosil .

Seperti mustika kelapa , yang merupakan fosil air dan buah kelapa yang telah menjadi batu . Selain itu , terdapat banyak jenis-jenis fosil yang berasal dari senyawa organik seperti hewan , kayu , dan tumbuh-tumbuhan lainnya . Batu fosil umumnya juga disebut sebagai mustika . Pemahaman ini tentunya berbeda-beda disetiap daerah di Indonesia . Di Sumatera dan Jawa misalnya , pada umumnya gemslover menganggap batu mustika adalah jenis-jenis bertuah yang berkaitan dengan hal-hal metafisika .

Batu merah delima dinggap memiliki kekuatan magis yang kuat dan dipercaya memiliki khasiat . Hal ini juga berkaitan dengan kepercayaan terhadap batu bertuah ( keberuntungan ) . Dalam sebuah mitos yang beredar atau mungkin sudah sering anda dengar , menyebutkan bahwa salah satu khasiat batu mustika merah delima adalah mampu menaikkan derajat seseorang dan juga dapat memenuhi segala keinginan dari si empunya batu . Bahkan konon katanya , Soekarno juga memiliki sebuah batu yang memiliki ciri-ciri berwarna merah tersebut .

Batu Mustika Merah Delima

Gambar Batu Mustika Merah Delima via Google.co.id

Disebutkan juga dalam sebuah Legenda yang beredar luas bahwa batu mustika merah delima terdiri dari 2 jenis . Yang pertama adalah merah delima putri dan kedua adalah merah delima raja . Untuk jenis merah delima putri merupakan batuan berwarna merah yang merupakan pemberian dari seorang putri . Dalam perspektif yang lain , putri yang dimaksud adalah dari makhluk astral yaitu golongan Jin bersosok wanita .

Dan begitu juga untuk merah delima raja , yang merupakan pemberian dari sosok raja / pria . Sering dijuluki Jin Khodam didalam islam  , karena dapat membantu permasalahaan dari si Empunya batu . Untuk mendapatkan batu merah delima diperlukan sebuah ritual khusus dilakukan oleh seseorang yang mengerti dan memiliki kemampuan dibidang supranatural . Dalam cerita lainnya , ada yang mendapatkan batu merah delima secara tidak sengaja . Dan yang mendapatkan batu tersebut merupakan orang-orang pilihan atau khusus .

Berikut beberapa mitos tentang ciri-ciri dan cara melihat jenis mustika merah delima yang asli :

#Mustika merah delima memiliki cahaya yang kuat . Berdasarkan cerita , cahayanya mampu membuat warna air didalam 10 gelas bahkan lebih berubah menjadi merah . Saat dipegang di telapak tangan , maka seluruh area tangan memerah .

#Mustika merah delima asli merupakan benda tarikan dan sangat langka . Umumnya berukuran sangat kecil dan hanya bisa didapatkan oleh orang-orang yang sudah memahami dan memiliki kemampuan metafisika tingkat tinggi .

#Batu merah delima mampu mengeluarkan cahanya sendiri disaat terang maupun gelap .

#Jika tidak dirawat , maka benda tersebut akan hilang .

Batu Merah Delima Adalah Jenis Ruby

Batu Ruby Merah Delima

Gambar Ruby Alami via Wikipedia.org

Dalam perspektif lainnya , gemslover menganggap merah delima terdapat pada jenis batuan Ruby . Hal ini sejalan dengan kualitas dan harga batu ruby yang sangat tinggi . Jika benar merah delima yang dimaksuda adalah jenis Ruby , maka ulasan berikut ini mungkin dapat menambah wawasan anda .

Batu ruby adalah jenis permata yang memiliki warna merah muda ( pink ) dan juga merah darah . Batu Ruby umumnya memiliki kandungan mineral korundum ( aluminium oksida ) , Al 2 O 3 : Cr . Ruby berasal dari Bahasa Latin yaitu Ruber yang berarti merah . Jenis yang termahal bernama Sunrise Ruby , yang memilik harga US $ 160.900.000 . Berhasil dijual kepada pembeli yang tidak diketahui namanya di sebuah rumah lelang Sotheby’s Diamonds Sa , Jenewa , Swiss . Untuk melihat apakah batu ruby tersebut asli atau tidak , anda dapat mencoba beberapa cara sederhan yang akan kami ulas secara singkat ini .

Pertama , mencoba untuk membersihkan batu dengan menggunakan kain basah atau sikat gigi untuk menghilangkan kotoran atau tanda . Untuk jenis palsu , umumnya akan terlihat perubahaan warna . Kemudian anda dapat mencoba menggoreskan batu menggunakan kuku . Coba perhatikan dengan teliti apakah kuku anda meninggalkan goresan atau tidak . Jika anda sulit melakukannya , coba gesekkan secara perlahan ke benda-benda seperti kaca , pisau , atau amplas kasar . Jika salah satu benda tersebut dapat membuat batu anda tergores , maka batu anda bukanlah ruby yang asli .

Kedua , apabila milik anda adalah model cutting cobalah untuk menggesekkan sudut tajammnya ke uang logam atau sepotong kaca . Jika batu ruby anda asli tentu akan bisa membentuk goresan pada kedua benda tersebut . Hal ini merupakan bentuk dari kekerasan batu ruby yang sangat luar biasa .

Ketiga , cobalah untuk menggosok batu ke keramik atau ubin yang ada dirumah . Jika itu adalah jenis batu ruby asli , maka ia tidak akan meninggalkan warna . Pada umumnya , jenis ruby palsu akan meninggalkan warna merah yang merupakan hasil dari pengeroposan bagian batu saat digosok dengan ubin .

Keempat , merendam batu ruby kedalam air perasan jeruk lemon atau jeruk nipis . Jika batu tersebut asli , maka ia tidak akan terpengaruh. Jika warnannya berubah membentuk awan dalam hitungan menit , maka batu tersebut terbuat dari kaca . Selain menggunakan keempat cara tersebut , anda bisa menggunakan teknologi pembantu untuk mengukur kekerasan dan melihat serat batu tersebut asli atau palsu .

Batu Merah Delima Adalah Red Chalcedony

Batu Merah Delima Chalcedony

Gambar Batu Red Chalcedony via Google.co.id

Batu merah delima dalam pandangan lainnya mengarah kepada jenis Red Chalcedony . Hal ini disebabkan jenis red Chalcedony banyak ditemukan di berbagai daerah di Indonesia . Dalam nama lainnya seperti di Aceh disebut Cempaka Merah . Di Bengkulu jenis ini disebut Red Raflesia . Di Pacitan jenis ini disebut Red Baron . Jenis ini memiliki komposisi mineral yang berbeda-beda di tiap daerah dan juga keunikannya masing-masing .

Batu merah delima sampai saat ini masih menjadi sebuah misteri . Belum ada penjelasan yang pasti mengenai jenis yang satu ini . Apakah batu tersebut terdapat pada jenis Ruby atau jenis Red Chalcedony atau memang merupakan jenis permata dengan komposisi yang berbeda dari kedua jenis batu tersebut , atau kah Batu Merah Delima benar-benar benda metafisika yang sulit untuk diteliti dan diungkap secara ilmiah? .

Simak juga: Daftar Nama Batu Akik Yang Berwarna Merah

Seiring perkembangan jaman , para gemslover sudah mulai melupakan kaitan batu merah delima dengan hal-hal yang berbau mistis . Terlihat dari sebagian gemslover yang sudah menamakan beberapa jenis batu biasa berwarna merah dengan sebutan merah delima . Contohnya saja adalah jenis merah delima aceh yang merupakan batuan Red Chalcedony . Dan merah delima siam kalimantan , merupakan batuan yang berasal dari jenis obsidian merah .

Batu Merah Delima Mitos dan Cara Mengetahui Yang Asli | Siopung | 4.5