3 Syarat Agar Sebuah Bebatuan Disebut Batu Mulia

Batu mulia atau permata adalah mineral dari golongan bebatuan dan logam yang memiliki nilai lebih dalam pandangan manusia . Dalam sejarahnya , bebatuan telah lama dijadikan sebagai perhiasan oleh manusia . Bahkan perhiasan dipercaya telah ada lebih dari 100 ribu tahun yang lalu . Perhiasan dalam bentuk batu mulia merupakan lambang status sosial , ekspresi integral , dan kekayaan . Fungsi perhiasan berdasarkan budaya tentu berbeda-beda . Tetapi semuanya lebih mengarah kepada identitas diri .

Batu Mulia

Gambar Berbagai Jenis Batu Mulia Dalam Bentuk Perhiasan

Sejarah Batu Mulia

Perhiasan merupakan bagian dari peradaban manusia . Bahkan tercatat ketika manusia pertama kali menggunakan pakaian dan alat-alat dalam kurun 100 ribu tahun yang lalu , perhiasan yang melekat sudah tersedia saat itu . Baik berupa bebatuan , kulit dan bulu binatang , tanaman , tulang , kerang , kayu , dan lain-lain . Kemajuan peradaban saat itu telah memungkinkan manusia untuk dapat memanfaatkan logam dan permata menjadi karya seni dari masa ke masa , hingga mempengaruhi budaya modern saat ini .

Perkembangan dunia perhiasan terbagi menjadi beberapa bagian peradaban . Diantaranya adalah Mesir , India dan China , dan Mesopotamia yang menetapkan dasar dalam metalurgi , baik berupa pengumpulan permata , dan pembuatan kaca . Bahkan peradaban ini lah yang meletakkan dasar yang kuat untuk peradaban di Benua Eropa . Di sisi lainnya , China dan India berhasil menjadi pendorong pengembangan seni dan memiliki andil yang besar terhadap perkembangan seni di seluruh Asia . China memiliki keunikan dengan fokus pada keindahaan alam dan hewan . Contohnya saja adalah Naga yang hingga saat ini masih digunakan .

Syarat dan Kriteria Batu Mulia

Batu Mulia

Gambar Batu Mulia Jenis Amethyst atau Kecubung Via Google.co.id

Berdasarkan pandangan gemologyst Ada 3 syarat dasar sebuah bebatuan disebut batu mulia , berikut ulasannya untuk anda .

1. Keindahaan

Sebuah bebatuan disebut batu mulia haruslah melewati syarat pertama yaitu keindahaan . Sebuah batu harus memiliki bentuk dan warna yang menarik . Hal ini merupakan bagian dari sifat utama perhiasan yaitu memiliki nilai estetika . Seperti sebuah fosil kayu yaitu batu akik bulu macan yang memiliki keindahaan pada motif-nya .

2. Kelangkaan

Kelangkaan menjadi nilai lebih dari sebuah bebatuan yang membuatnya mendapatkan perhatian manusia . Kenapa batu kerikil tidak bisa dikatakan sebuah batu mulia ? . Karena unsur kelangkaan tidak ada pada dirinya . Oleh sebab itu , langka yang dimaksud adalah tidak mudah didapatkan dan tidak semua wilayah menghasilkan .

3. Ketahanan

Ketahanan dari sebuah bebatuan mengarah pada kekerasan , kepadatan , dan spesifik gravitasinya . Selama ini kita mengenal Mohs untuk mengukur sebuah ketahanan dari mineral . Apakah batu mulia anda telah memenuhi syarat-syarat diatas ?

3 Syarat Agar Sebuah Bebatuan Disebut Batu Mulia | Siopung | 4.5