Mengetahui Kualitas Batu Red Borneo Super Dari Kalimantan

Batu Red Borneo adalah sebutan jenis permata Rhodonite yang berasal dari Kalimantan . Memiliki ciri khas yang terletak pada warna dan motifnya , sehingga menyebabkan batu ini menjadi salah satu jenis yang paling dicari oleh para gemslover tanah air . Untuk jenis yang terbaik , biasanya para gemslover sering menyebutnya dengan sebutan batu red borneo super .

Batu Red Borneo Super

Gambar Batu Red Borneo via Google.co.id

Red borneo memiliki kandungan inosilicate mangan , yang merupakan salah satu unsur kimia yang dituliskan dalam bentuk Mn, Fe, Mg, Ca , SiO3 dan merupakan kelompok mineral pyroxenoid . Yang memiliki bentuk kristal dalam sistem triklinik . Warna yang dari batu red borneo yang dapat anda lihat adalah pink atau merah muda ( bentuk dari seng oksida atau Zinc Oxide ) , putih ( bentuk dari magnesium dan kalsium ) , hitam ( bentuk dari kandungan besi ) , dan beberapa warna lainnya seperti abu kecoklatan yang merupakan bentuk dari senyawa oksidasi yang terjadi pada permukaan batu .

Mengetahui Ciri-Ciri Batu Red Borneo Super

Untuk jenis Red Borneo yang memiliki kualitas super karena disukai oleh banyak para penggemarnya adalah jenis yang memiliki bentuk yang bersih dan memiliki warna dominan merah muda . Jenis Rhodonite yang seperti itu , disebut Fowlerite . Fowlerite merupakan varian dari batu Rhodonite ( Red Borneo ) yang memiliki testur warna dominan ke merah muda pekat ( merah semuanya ) .

Simak juga: Tips Merawat Batu Red Borneo Agar Lebih Merah

Karena memiliki sedikit senyawa pengotor seperti besi , magnesium , dan lebih dominan kepada senyawa Zinc Oxide . Oleh sebab itu , anda akan sangat mudah melihat bentuk kristal dari red borneo ( Fowlerite ) disaat disenter dengan cahaya . Dan ini adalah metode pertama yang dapat anda terapkan dalam mengenal ciri-ciri dari jenis batu red borneo super .

Batu Red Borneo Super

Gambar Batu Red Borneo Super via Google.co.id

Selain dari warnanya , metode lainnya yang dapat anda gunakan adalah dengan melihat kekerasan batu . Saat batu red borneo memiliki kekerasan 6 – 6.5 Skala Mohs , maka batu tersebut sudah bisa dianggap super . Namun jika batu tersebut memiliki kekerasan lebih kecil dari 6 Skala Mohs , maka jenis tersebut belum bisa dianggap super . Metode ini dapat anda terapkan untuk memilih dan membedakan kualitas red borneo yang terbaik .

Mengetahui Kualitas Batu Red Borneo Super Dari Kalimantan | Siopung | 4.5