Berkumur Setelah Sikat Gigi Boleh atau Tidak? Ini Penjelasannya

Berkumur Setelah Sikat Gigi

Gambar Gigi Via Google.co.id

Menurut Centers for Disease Control (CDC), sebagian orang Amerika pada usia 30 tahun atau lebih memiliki beberapa penyakit gusi. Menurut American Academy of Periodontology (AAP) penyakit ini dapat merusak gigi Anda apabila tidak ditangani dengan cepat. Bahkan pada beberapa kasus, penyakit ini dapat menyebabkan kehilangan gigi, dan beberapa penyakit inflamasi kronis lainnya, seperti diabetes dan penyakit kardiovaskular.

Masih Menjadi Perdebatan: Bolehkah Berkumur Setelah Sikat Gigi?

Sebagian besar dari kita selalu berkumur setelah menggosok gigi. Ini adalah langkah terakhir yang sering kita dilakukan setelah kita menggosok gigi kita. Kita akan merasa bahwa gigi kita akan menjadi bersih dan nafas menjadi lebih segar. Penelitian menunjukkan bahwa hal ini mungkin menjadi kontraproduktif terutama jika anda tidak menyikat gigi lebih dari 2 menit.

Jika anda segera berkumur setelah menyikat gigi, maka pada dasarnya anda akan menghilangkan manfaat fluoride yang diberikan oleh pasta gigi untuk gigi anda. Berbeda dengan tidak berkumur setelah menggosok gigi, anda akan memberikan fluoride lebih banyak untuk melindungi gigi Anda, sehingga bisa menjadi katalisator untuk gigi sehat dan mencegah gigi berlubang.

Namun, ada juga penelitian yang menunjukkan bahwa fluoride dapat menjadi racun bagi gigi Anda jika penggunaannya berlebihan.Karena para ilmuwan belum mencapai kesimpulan yang pasti tentang bahaya menelan fluoride secara berlebihan, maka ahli menyarankan bahwa Anda tidak harus berkumur setelah menggosok gigi

Dasar-Dasar Perawatan Gigi Yang Tepat

Berikut adalah kunci untuk meminimalkan risiko kerusakan gigi dan radang gusi

1. Menggosok Minimal Dua Kali Sehari

Menggosok gigi dua kali sehari. Menggosok menggunakan teknik yang tepat untuk menyikat gigi mungkin lebih penting daripada berapa lama anda benar-benar menggosok gigi menurut dokter gigi. Dengan menyikat gigi dua kali sehari dan tidak membilas anda memberikan manfaat fluoride untuk gigi sehingga lebih efektif membuat gigi lebih tahan terhadap asam dari bakteri plak dan gula.

2. Flossing Gigi Anda Setiap Hari

Ada yang merekomendasikan membersihkan sela-sela gigi sekali sehari. Hal ini penting dilakukan karena tidak semua plak dapat dihilangkan dengan menggosok gigi. Flossing juga dapat membantu mencegah penyakit gusi dan gigi berlubang.

3. Menggosok Gigi Setidaknya Selama 2 Menit

Ahli kesehatan mulut menyarankan untuk menggosok gigi selama dua menit karena “jika Anda tidak menyikat gigi Anda cukup lama, Anda mungkin tidak mendapatkan gigi Anda cukup bersih. Jika Anda meninggalkan bakteri pada gigi setelah menyikat gigi, dapat menyebabkan masalah serius seperti gingivitis atau periodontitis”. Dua menit adalah jumlah waktu minimum, peneliti mengatakan bahwa orang perlu menggosok gigi selama 2 menit terutama bagi mereka yang memilih untuk berkumur setelah menggosok gigi mereka.

4. Tidak Berkumur Setelah Gosok Gigi 

Faktanya, berkumur setelah gosok gigi dapat mencegah terciptanya penyakit gusi . Hal ini sudah dijelaskan sebelumnya tentang apa yang menyebabkan penyakit gusi sering menyerang kita .

Oiya, Baca Juga Cara Mengobati Sakit Gigi Sembuh Dalam 3 Hari

Dengan kebiasaan kita selama ini yang berkumur setelah gosok gigi, tentu sangat sulit untuk dihentikan . Namun, kamu bisa memulai semua ini mulai sekarang .

Berkumur Setelah Sikat Gigi Boleh atau Tidak? Ini Penjelasannya | Siopung | 4.5