10 Tips Browsing Di Internet Yang Aman Dari Virus Dan Hacker

Melakukan browsing internet mungkin menjadi kegiatan sehari-hari bagi kebanyakan dari kita. Namun, browsing internet sebenarnya menghadapkan kita pada berbagai macam ancaman, baik itu ancaman pencurian identitas, virus dan penipuan online. Tapi dengan tips berikut, browsing internet kamu akan menjadi lebih aman dan efektif.

Browsing Di Internet

Berselancar Yang Aman Di Internet Via Google.co.id

1. Pastikan Menggunakan Anti-Virus Komputer dan Alat Browsing Yang Kamu Gunakan Aman

Terdengar sepele, tetapi umumnya komputer yang terserang virus adalah komputer yang tidak menggunakan anti-virus didalamnya. Dalam ilmu Cyber, benteng pertahanan sebuah komputer adalah anti-virus, sistem operasi komputer yang harus selalu diperbarui dan cara kerja hardware.

Oleh karena itu, komputer kamu harus dilengkapi dengan semua pengamanan tersebut.

2. Browser Harus Cepat Dan Tepat

Ketika kamu melakukan browsing dengan menggunakan aplikasi tertentu, pastikan untuk selalu mengupdate aplikasi ke dalam versi terbaru. Hal ini bertujuan agar proses browsing yang kamu lakukan cepat dan tepat.

Oiya, Jangan Lewatkan 4 Cara Mudah Mempercepat Loading Di Android

3. Add-ons Untuk Menguatkan Keamanan Browsing Di Internet

Beberapa attachable add-ons yang tersedia, berfungsi untuk melindungi data dan identitas kamu selama kamu melakukan browsing. Dengan menginstal beberapa add-ons seperti Flashblock dan Last Pass akan sangat bermanfaat untuk memperkuat keamanan kamu selama melakukan browsing.

4. Menaikkan Standar Kemanan Komputer

Biasanya, komputer menjadi rentan terhadap serangan karena kelemahan dalam pengaturan keamanan. Dengan membuat dan menyesuaikan pengaturan keamanan pada komputer kamu, browser kamu akan dengan cepat merespon potensi ancaman yang mengganggu seperti pop-up, add-ons yang berbahaya dan spyware.

5. Scan file-file Sebelum Mendownload

Downloadlah hanya file-file yang kamu rasa aman dan tidak mengandung virus di dalamnya. Apabila kamu ragu apakah file tersebut mengandung virus atau tidak maka sebelum mendownload file-file tersebut disarankan untuk melakukan scan dengan perangkat lunak anti-virus.

6. Berhati-hati Dari Usaha Fhising dan Penipuan Lainnya

Penipuan yang sering terjadi pada dunia online adalah penipuan yang dilakukan dengan melakukan penyamaran. Biasanya mereka mengatasnamakan sebuah instansi (seperti bank, situs media sosial, situs belanja online, situs traveling dan situs pembayaran) untuk memperoleh informasi penting kamu (seperti: username, password, rincian kartu kredit dll).

Kamu dapat menghindari penipuan ini dengan melakukan pengecekan pada email-email yang masuk dan jangan mudah percaya. Kamu harus melakukan pengecekan kembali apakah pengirim merupakan instansi resmi atau tidak. Jika tidak abaikan, atau apabila modus penipuan yang digunakan sudah kamu melewati batas lakukan pengaduan kepada pihak berwajib.

7. Pastikan Situs Online Yang Kamu Kunjungi Aman

Ketika kamu berbelanja online, pastikan situs yang kamu kunjungi merupakan situs yang aman dan bebas dari virus. Berbelanjalah dari situs SSL yang dilengkapi dengan tombol gembok ‘https’ di kiri atau kanan address bar.

8. Password yang kamu gunakan harus tidak mudah ditebak

Penjahat cyber dapat dengan mudah mengambil akun yang menggunakan password yang sederhana dan mudah ditebak. Jika kamu masih menggunakan password yang mudah ditebak saatnya untuk menggantinya. Jangan menggunakan password sederhana seperti: Superman123 atau mamapapa.

Gantilah dengan huruf yang lebih bervariasi seperti ao3989dJId7 atau 8ks3Kd3ss

9. Apabila sudah tidak menggunakan internet matikan sambungan wi-fi kamu

Para penjahat cyber sering menyamar dalam jaringan wi-fi. Oleh karena itu, yang terbaik adalah untuk menghindarinya matikan wi-fi apabila kamu tidak lagi menggunakan internet. Atau hindari pemakain domain publik karena akan memperbesar kemungkin penjahat cyber akan menyamar.

Selain itu, pengaturan default router harus diubah dan sambungan harus dilindungi sandi.

10. Menghindari Hal-Hal Yang Instan dan Menggiurkan

Ketika kamu ingin masuk kedalam sebuah aplikasi atau fitur tertentu hindari melakukan centang pada dialog ‘mengingat password Anda’ fitur akan memberikan peluang kepada penjahat cyber untuk dengan mudah mengambil akun kamu.

Oiya, Simak Juga Tips Mengamankan Seluruh Data Pribadi Anda Di Internet

Kemungkin lain yang terjadi adalah penjahat cyber dapat dengan mudah membajak sesi browsing kamu dan mengekstrak informasi sensitif untuk menjatuhkan kamu.

10 Tips Browsing Di Internet Yang Aman Dari Virus Dan Hacker | Siopung | 4.5