Cara Aman Merendam Batu Akik Dengan Air Hujan

Air hujan adalah cairan yang dianggap ampuh untuk membuat batu menjadi lebih indah , bahkan disebut dapat membuat batu menjadi tembus cahaya . Perawatan dengan merendam air hujan , menjadi salah satu yang paling banyak dilakukan oleh para gemslover di Indonesia . Selain menggunakan air hujan , banyak yang menggunakan cairan lain seperti air kelapa , cairan isotonik , air mineral , dan lain-lain .

Cara Merendam Batu Akik Dengan Air Hujan

Air hujan memiliki beberapa kandungan yang dapat meregenasi Kristal mineral pada batu akik . Adapun kandungan air hujan tersebut adalah besi , neon , asam , dan beberapa senyawa lainnyaa . Dengan merendam air hujan dengan cara yang tepat , anda akan melihat perubahaan yang sangat signifikan dari batu tersebut .

Lalu , bagaimana cara aman merendam batu akik dengan air hujan ?

Memastikan Air Hujan Ditampung Langsung

Air hujan yang ditampung langsung dari langit , mengurangi resiko tercemar oleh senyawa yang tidak diperlukan oleh batu . Contohnya saja adalah beberapa senyawa yang ada di atap rumah . Untuk itu , pastikan bahwa anda menampung air hujan yang langsung jatuh dari langit .

Memastikan Bahwa Batu Tidak Memiliki Pori-Pori Besar

Ada beberapa jenis batu akik yang memiliki kepadatan dan kekerasan yang sangat rendah , sehingga menyebabkan pori-pori terlihat sangat jelas oleh mata kita . Jenis batu yang seperti ini , sangat tidak cocok dengan teknik perendaman . Karena akan mengikis kandungan yang ada didalamnya , sehingga menyebabkan batu menjadi lebih rapuh dari biasanya .

Tidak Menggunakan Campuran Bahan Kimia

Jika anda ingin menerapkan metode perawatan yang alami , maka jangan campurkan air hujan dengan bahan kimia . Dalam beberapa kasus , bahan kimia tertentu sangat bagus untuk mempercantik batu . Namun , jika anda tidak mengenal dengan baik karakteristik batu anda , dapat menyebabkan kesalahaan yang berujung pada rusaknya batu . Namun , jika anda ingin memberikan campuran terhadap air hujan , kami sarankan anda untuk menggunakan jeruk nipis saja .

Ketiga tips diatas , dapat anda terapkan dalam merendam batu akik dengan air hujan . Durasi atau waktu perendaman , tentunya tergantung reaksi yang sudah dialami oleh batu . Jika batu tidak mengalami reaksi apapun , maka waktu perendaman dapat dilakukan lebih lama lagi . Lalu bagaimana jika sampai satu bulan perendaman , batu tidak mengalami reaksi apapun ? Berikut penjelasannya untuk anda

Tidak Semua Batu Cocok Dengan Metode Perendaman

Ternyata , tidak semua jenis batu cocok dengan metode perendaman . Adapun beberapa jenis batu yang tidak cocok dengan teknik perendaman adalah jenis Pangelite, beberapa jenis calcites, howlite, aragonite, azurite, dolomite, malachite, selenite, dan jenis batu sulfur . Jika memang tidak menghasilkan apapun , maka lebih hentikan metode perendaman dengan menggunakan air hujan dan cobalah menggunakan metode lainnya .

Cara Aman Merendam Batu Akik Dengan Air Hujan | Siopung | 4.5