10 Perbedaan Unik Cara Berpikir Orang Kreatif Dan Inovatif

Berfikir Kreatif adalah sebuah mental dan tindakan yang memberikan gagasan orisinil dan mampu untuk memberikan sesuatu yang berbeda . Menurut penelitian, orang-orang yang cenderung berfikir kreatif akan mudah menjalani kehidupannya . Mereka adalah kelompok orang yang sama sekali tidak menyedihkan tentang kehidupannya . Mereka selalu menemukan jalan dari masalah yang dihadapinya .

Cara Berfikir Orang Kreatif Dan Inovatif

Orang Kreatif Selalu Bekerja Dan Bertingkah Secara Unik Via Google.co.id

1. Orang Kreatif Mengikuti Pola

Secara khusus, mereka akan memanfaatkan Apophenia. Apophenia adalah kemampaun untuk memahami pola-pola acak dalam sebuah data yang akan membantu mengarahkan kepada arah potensi masalah yang ada. Jika kamu memperharikan hal-hal kecil yang ada di sekitar kamu, kamu pasti dapat melihat pola yang ada dalam masyarakat itu sendiri.

Pada dasarnya kemampuan manusia berbeda-beda. Namun, ada beberapa orang yang dapat melihat pola dalam kejadian acak melebihi kemampuan dari rata-rata orang. Kemampuan untuk melihat peluang yang ada dalam setiap masalah yang timbul. Orang yang mempunyai kemampuan ini sering disebut sebagai inovator yang baik dan pemimpin yang baik.

2. Mereka Menganalisa Secara Luas

Setelah mereka mengamati pola-pola yang terjadi yang sudah disebut pada poin 1, mereka akan cenderung melakukan analisa konkret terhadap sesuatu hal yang besar. Bahkan mereka cenderung mendalam dalam menganalisa suatu permasalahan . Ini adalah perbedaan mencolok orang-orang berfikir kreatif dibandingkan mereka yang tidak.

3. Mereka Mengambil Banyak Resiko Dalam Hidup

Sebagai contoh, ketika mereka diberi tantangan untuk melakukan investasi pendanaan pembukaan sebuah bisnis baru, yang memiliki resiko tinggi dalam pencapaiannya. Mereka justru akan menjadikan hal tersebut menjadi sebuah tantangan dan bukan sebagai ancaman.

4. Mereka Cenderung Sangat Penasaran Pada Hal Yang Tidak Diketahui

Karena mereka cenderung sangat penasaran terhadap hal-hal baru, mereka akan sangat tertarik untuk belajar sebanyak-banyaknya dari orang dan kejadian yang ada di sekitar mereka. Mereka juga akan mencari berbagai informasi baru melalui kegitan-kegiatan seperti membaca, berekreasi atau melakukan berbagai penelitian terhadap topik yang menurut mereka menarik. Pada dasarnya mereka autodidacts, mereka suka belajar sendiri, tanpa adanya dorongan dari orang lain.

5. Mereka Adalah Pendengar Yang Baik

Artinya, tidak hanya mendengarkan perkataan orang-orang yang mereka anggap layak untuk didengar, tetapi mereka juga mampu menempatkan diri secara mental dan emosional dalam setiap kesempatan yang ada, membayangkan apa yang terjadi seperti apa yang sedang mereka dengarkan dan mereka adalah seorang pendengar yang baik. Artinya dengan kemampuan seperti itu mereka akan dengan mudah mampu memahami situasi dan keadaan karyawan dengan baik.

6. Mereka Adalah Orang-Orang Yang Gigih

Artinya, saat mereka berusaha untuk mencapai sebuah kesempurnaan, mereka akan terus maju, terlepas dari adanya hambatan atau masalah dalam mereka mencapai apa yang mereka inginkan. Abraham Lincoln contohnya, sebuah artikel menarik menunjukkan bahwa keberhasilan yang dicapai Abraham Lincoln adalah sebanyak kegagalan yang dia lalui, itu karena kegigihan dari Abraham Lincoln dan pada kenyataannya ia mampu berhasil. Namun, satu hal yang pasti, jika anda gagal dalam mencapai sesuatu cobalah untuk berusaha dan lakukan upaya yang lebih besar lagi.

7. Mereka Mampu Bekerja Dibawah Tekanan

Contohnya saja kehidupan seorang penulis yang membutuhkan kesabaran, tenggat waktu dan dibutuhkan dedikasi yang tinggi untuk membuat sebuah buku. Ketika mereka menyelesaikan sebuah buku mereka kemudian akan dihadapkan pada revisi-revisi terkait perbaikan kearah yang lebih baik. Dalam hal ini, mereka akan dituntut untuk berfikir secara kreatif dan inovatif untuk menciptakan sebuah buku yang sempurna dibawa tekanan.

8. Mereka Suka Merangkul Orang Yang Berpikir Paradoks

Adanya sebuah penolakan atau penerimaan terhadap sesuatu yang hal baru merupakan salah satu hal yang paling penting yang masuk ke dalam sikap berpikir kritis yang baik. Walt Whitman mengatakan bahwa inovator besar tidak melihat dunia dalam hitam dan putih. Sementara banyak orang yang dengan sengaja hanya menarik kesimpulan benar atau salah, baik atau benar dari suatu kejadian.

Para pemikir-pemikir besar selalu sangat nenyadari nilai paradoks dan kompleksitas dalam segala hal. Mereka tidak akan takut apabila hanya mereka yang tidak setuju atau hanya mereka yang setuju terhadap sesuatu hal.

9. Mereka Adalah Non-Konformis

Dengan kata lain, inovator yang baik akan memilih untuk menghindari apa yang orang lain biasanya lakukan dan melakukan sesuatu yang baru sesuai dengan cara mereka sendiri. Contohnya adalah Steward Butterfield, seorang co-founder dan CEO dari Slack yang baru-baru ini menciptakan inovasi yang dicatat pada majalah Wall Street. Slack adalah aplikasi chat room baru yang menjadi sangat populer dan menjadi salah satu chat room bisnis yang berkembang paling cepat sepanjang masa dan itu adalah sebuah prestasi.

10.Mereka Sama Seperti Manusia Yang Lain, Tapi Lebih Tangguh

Sebuah artikel terbaru yang dikeluarkan oleh Kim Booth mengatakan ada beberapa sifat yang berbeda yang sering ditemukan pada pemimpin yang inovatif dan salah satunya adalah kemampuan untuk bertahan dalam menghadapi sebuah masalah. Kemampuan bertahan dalam menghadapi masalah terutama pada situasi yang sangat berat akan menunjukkan seberapa tangguh pemimpin tersebut. Pemimpin yang tangguh juga akan memberikan contoh sikap yang baik kepada orang lain agar orang lain juga dapat ikut berjuang bersama.

10 Perbedaan Unik Cara Berpikir Orang Kreatif Dan Inovatif | Siopung | 4.5