5 Cara Membersihkan Batu Akik/Permata Efektif

Membersihkan batu akik atau permata adalah bagian dari perawatan yang harus anda lakukan secara rutin untuk mendapati tampilan yang selalu sempurna . Adapun beberapa penyebab mengapa batu akik anda menjadi terlihat kotor adalah debu yang mengendap dan senyawa-senyawa bebas yang bersentuhan secara tidak langsung dengan batu milik anda. Sehingga , tampilan dari warna dan kekilapannya menjadi kusam atau menurun .

Cara Membersihkan Batu Akik/Permata

Gambar Berbagai Model Batu Akik/Permata Google.co.id

1. Membersihkan Batu Akik Dengan Menggunakan Brush/Sikat Gigi

Pada tahap awal untuk membersihkan sebuah cincin atau batu mulia yang anda miliki , anda dapat menggunakan alat sederhana yang mudah ditemukan disekitaran rumah . Anda dapat menggunakan brush/sikat gigi yang tidak terpakai lagi untuk membersihkan bagian-bagian cincin atau batu yang sulit dijangkau oleh kain biasa .

Dengan menggunakan alat sederhana ini , anda tidak perlu khawatir jika batu milik anda rusak , karena sikat gigi sudah di desain sedemikian rupa agar ramah dengan kondisi mulut dan gigi manusia . Jika gigi anda tidak memiliki masalah saat menggunakannya , tentu untuk sebuah batu permata hal ini tidak akan mengancamnya .

2. Menggunakan Cairan Pembersih Kaca Populer

Anda dapat menggunakan cairan pembersih kaca yang banyak dijual di swalayan atau toko yang menjual peralatan dapur dan kamar mandi di lingkungan perumahaan anda . Metode ini adalah salah satu yang paling banyak digunakan oleh gemslover di dunia dalam membersihkan batu permatanya dari kotoran-kotoran , seperti minyak atau debu dengan sangat cepat . Sehingga anda akan mendapati batu terlihat bersinar dengan sangat cerah .

Tips: Jangan menggunakan odol/pasta gigi dalam membersihkan batu akik milik anda . Hal ini dapat merusak warna serta struktur lapisan pada batu tersebut .

Namun perlu diperhatikan , sebagian orang memiliki masalah alergi dengan cairan tersebut . Jadi pastikan anda menggunakan sarung tangan saat hendak melakukan proses pembersihan . Anda dapat menyemprotkannya dan kemudian menyikatnya dengan sikat gigi . Setelah itu , batu dibilas dengan air bersih .

3. Menggunakan Air Hangat Besarta Cairan Pembersih

Berkaitan dengan metode kedua , dalam metode ketiga ini kami akan memberikan rahasianya agar batu milik anda lebih cepat tampil bersih dan mengkilap . Siapkan beberapa bahan-bahan seperti mangkuk , air hangat , sikat gigi , dan cairan atau bubuk pembersih . Pada tahap awal , isi mangkuk dengan air hangat . Kemudian larutkan cairan atau bubuk pembersih kedalam mangkuk tersebut .

Rendam batu permata milik anda selama kurang lebih 30 menit untuk melunturkan kotoran-kotoran dan minyak yang mungkin menempel pada lapisannya . Setelah itu , anda dapat menyikat bagian-bagian pada cincin yang mungkin memiliki kotoran yang sudah mengeras dalam ukuran yang sangat kecil . Selepas itu , bilas batu cincin dengan menggunakan air biasa hingga bersih .

4. Anda Dapat Menggunakan Alat Pembersih Ultrasonik

Kemajuan dan perkembangan tekonologi memudahkan pekerjaan dan aktifitas manusia saat ini . Salah satunya alat pembersih ultrasonik yang saat ini mulai banyak dijual di pasaran . Dengan menggunakan alat tersebut , anda tidak perlu mengotori tangan dalam membersihkan batu permata kesayangan anda . Bahkan bagian-bagian yang sangat kecil sekalipun mampu untuk dibersihkan oleh alatĀ tersebut .

5. Membersihkan Batu dan Cincin Dengan Baking Soda

Untuk metode yang terkahir , anda dapat menggunakan baking soda . Anda dapat mencampur baking soda dengan menggunakan air . Kemudian anda dapat menyikatnya secara perlahan menggunakan sikat gigi yang tidak terpakai . Kemudian , anda dapat membilasnya menggunakan air biasa .

Simak juga :Ā Cara Menghilangkan Kapur Pada Batu Akik

Baking Soda sendiri tidak hanya digunakan sebagai bahan untuk membuat makanan , namun juga memiliki manaat untuk membersihkan . Salah satunya adalah untuk membersihkan batu akik atau permata milik anda .

5 Cara Membersihkan Batu Akik/Permata Efektif | Siopung | 4.5