Cara Membuat Batu Akik Cepat Tua Dengan Air Kelapa

Batu akik disebut tua oleh para gemslover apabila sudah dalam bentuk kristal sempurna dan memiliki teksutur yang kuat . Bentuk kristal dari batu akik tentunya beranekaragam dan tidak bisa disamakan . Contohnya saja adalah untuk jenis batuan Onyx yang memiliki bentuk kristal yang hanya bisa dilihat melalui mikroskop . Dan ada juga jenis batuan idocrase yang disebut tua apabila sudah dalam bentuk tembus cahaya .

Cara Membuat Batu Akik Cepat Tua Dengan Air Kelapa

Gambar Batu Akik via Google.co.id

Bagaimana Supaya Batu Akik Cepat Tua atau Kristal?

Para gemslover tanah air mengembangkan berbagai macam treatment atau perawatan sederhana untuk membuat batu akik mereka menjadi cepat mengkristal . Dari berbagai jenis perawatan yang populer saat ini adalah dengan menggunakan air kelapa . Disebutkan bahwa kandungan mineral dan beberapa senyawa kimia lainnya yang ada didalam air kelapa , mampu untuk mempercepat proses regenerasi senyawa yang ada didalam batu akik.

Sifat anti-oksidan yang terkandung di dalam air kelapa sebenarnya memperlambat proses oksidasi . Hal ini merupakan pemahaman yang salah diantara para gemslover yang kemudian mengembangkan cairan alternatif pengganti air kelapa seperti air oxy , dan beberapa minuman yang mengandung senyawa anti-oksidan lainnya . Namun , tidak ada yang salah dengan teknik perendaman air kelapa selama batu akik anda memiliki kekerasan diatas 5.5 Skala Mohs . Jika batu akik anda memiliki kekerasan dibawah 5 Skala Mohs , dikhawatirkan justru air kelapa dapat merusak batu anda .

Dalam beberapa uji coba yang dilakukan oleh siopung.com , memang tidak ada perubahan drastis setelah merendam batu akik dengan air kelapa . Kami melakukan uji coba terhadap jenis batuan fosil kayu , Chalcedony , Quartz , dan Idocrase . Untuk fosil kayu , tidak terlihat perubahan bentuk kristal yang signifikan setelah melakukan perendaman selama 7 hari . Tetapi air kelapa berhasil menambah keindahan dari warna batuan fosil kayu yang telah kami coba .

Untuk jenis Chalcedony , perubahan drastis terlihat pada warnanya yang terlihat lebih lembut . Kami menambahkan garam sebagai tambahan . Karena informasi ini kami dapatkan melalui para gemslover yang ada di forum-forum internet . Jenis Chalcedony yang kami uji coba sudah dalam bentuk kristal yang baik , namun warnanya tidak terlihat baik . Setelah melakukan uji coba dengan menggunakan air kelapa selama 3 hari , terlihat perubahan yang cukup signifikan terhadap warna pada batu Chalcedony . Jika anda memiliki batuan jenis Chalcedony , mungkin anda dapat mencobanya dirumah dan melihat perubahaannya .

Untuk jenis Quartz ( Mineral Kuarsa ) , tidak terlihat perubahan sama sekali . Kondisi batu sama saat pertama kali dimasukkan . Untuk jenis Idocrase sungai dareh yang belum tembus cahaya , kami telah melakukan uji coba dengan menggunakan air kelapa dan menambahkan sedikit garam . Dalam waktu 2 hari , hasilnya memang tidak terlihat signifikan , namun pada saat hari ke 5 , kami melihat adanya perubahan pada bentuk kristal batu . Walaupun tidak dominan , namun ada beberapa sisi yang sudah tembus cahaya yang sebelumnya tidak .

Tips Merendam Batu Akik Dengan Air Kelapa

Air kelapa adalah cairan alternatif sebagai bahan alami yang digunakan untuk merawat agar batu akik cepat tua . Anda tetap saja harus berhati-hati , karena tidak semua jenis batu cocok dengan metode yang satu ini . Adapun beberapa tips yang dapat anda terapkan saat menjalankan treatment menggunakan air kelapa adalah sebagi berikut :

– Gunakan air kelapa muda / masih baru

– Gunakan wadah kaca / pelastik / dan jangan gunakan wadah berbahan kaleng .

– Anda bisa menambahkan sedikit garam untuk mempercepat prosesnya . Sulit dijelaskan secara ilmiah , namun dalam beberapa uji coba , anda dapat melihat hasilnya lebih cepat

– Saat melakukan perendaman , tutup wadah untuk menghindari terjadinya perubahan yang cepat terhadap air kelapa . Karena air kelapa memiliki kandungan asam yang sangat rendah .

Selain air kelap , masih  banyak lagi cairan yang digunakan oleh para gemslover tanah air dalam membuat batu akik cepat tua . Salah satunya adalah dengan menggunakan air hujan . Air hujan merupakan treatment aman setelah menggunakan air kelapa .

Simak juga : Cairan Yang Digunakan Untuk Merawat Batu Akik

Treatment menggunakan air kelapa tidak menjanjikan hasil . Namun banyak diantara para gemslover yang telah membuktikan khasiat air kelapa untuk membuat batu akik cepat tua . Untuk batu akik yang memiliki kepadatan rendah , kami sarankan untuk tidak menggunakan teknik perawatan yang satu ini . Dalam beberapa kasus tertentu , air kelapa dapat membuat akik anda menjadi bolong .

Cara Membuat Batu Akik Cepat Tua Dengan Air Kelapa | Siopung | 4.5