Cara Membuat Batu Akik Tembus Cahaya

Batu akik yang belum mengalami kristalisasi yang baik , biasanya ditandai dengan terlihatnya struktur mineral yang belum tembus cahaya . Pada dasarnya , bahan pembentuk batu akik kebanyakan memiliki tekstur yang jernih . Namun , senyawa pengotor seperti besi , nikel , magnesium , dan beberapa kandungan mineral lainnya , menyebabkan batu akik terlihat tidak tembus cahaya .

Cara Membuat Batu Akik Tembus Cahaya

Sebagian dari bentuk Kristal dari sebuah batu mineral , hanya dapat anda lihat melalui alat pembantu seperti mikroskop . Hal ini dikarenakan batu tersebut tidak memiliki kandungan mineral Kristal yang dominan . Untuk membuat batu akik menjadi cepat tembus cahaya , maka diperlukan oksidator yang mampu  melepas senyawa-senyawa pengotor tersebut. Namun , untuk mengetahui oksidator apa yang cocok dengan batu akik anda , maka diperlukan uji laboratorium terkait kandungan mineral yang ada didalam batu .

Dalam beberapa uji dan tes menggunakan bahan yang sangat sederhana , anda dapat menggunakan air hujan untuk membantu proses kristalisasi dan juga menggunakan air kelapa untuk pelepasan senyawa pengotor yang ada didalam batu . Namun , kedua bahan perawatan ini sama sekali tidak memberikan hasil , apabila kandungan mineral yang ada didalam batu tidak cocok dengan bahan tersebut .

Kita ketahui bahwa terdapat berbagai jenis batuan alam yang memiliki kandungan mineral yang berbeda-beda . Sehingga , untuk metode perawatannya sendiri anda harus selalu berinovasi dan melakukan uji coba secara bertahap .

Air Hujan Membuat Batu Akik Tembus Cahaya

Banyak gemslover tanah air menggunakan air hujan sebagai bahan untuk merawat batu akik . Namun , tidak semua dari mereka yang mendapatkan hasil yang sesuai dengan apa yang diharapkan . Hal ini kembali lagi kepada kecocokan bahan perawatan yaitu air hujan dengan kandungan mineral yang ada didalam batu akik .

Sebagian jenis batu ternyata tidak cocok dengan metode perendaman . Seperti jenis Pangelite, beberapa jenis calcites, howlite, aragonite, azurite, dolomite, malachite, selenite, dan jenis batu sulfur . Jika anda tetap melakukan perawatan perendaman pada jenis-jenis batu tersebut , maka bisa berakibat terhadap melebarnya pori-pori pada struktur lapisan batu .

Apakah air hujan mampu membuat batu akik tembus cahaya ? . Kami tidak menyebutkan bahwa air hujan mampu melakukan itu . Namun berdasarkan pengkuan dari banyaknya para gemslover tanah air , air hujan menjadi bahan yang paling direkomendasikan untuk merawat batu akik menjadi tembus cahaya . Sebelumnya kami telah menuliskan dan anda boleh menyimak tentang tips aman merendam batu akik dengan air hujan .

Air Kelapa

Air kelapa termasuk kedalam jajaran Berdasarkan banyak pengakuan yang kami dapatkan , ternyata air kelapa tidak mampu untuk membuat batu akik menjadi tembus cahaya . Kandungan anti-oksidan yang ada didalam air , justru memperlambat oksidasi yang terdapat pada batu akik . Untuk membersihkan dan melepas beberapa senyawa yang tidak baik untuk batu , air kelapa dianggap sangat ampuh .

Saat anda melakukan perendaman dengan menggunakan air kelapa , maka anda akan melihat banyaknya kotoran yang berkeluaran dari dalam batu . Dalam penggunaan air kelapa untuk perawatan batu akik , kami menyarankan anda untuk berhati-hati . Karena untuk jenis batu yang memiliki kepadatan dan kekerasan yang rendah , air kelapa dapat membuat batu menjadi berlubang atau semakin memperlebar pori-pori pada lapisang batu .

Cara Membuat Batu Akik Tembus Cahaya | Siopung | 4.5