Resep Masakan: Cara Membuat Bubur Sumsum Enak Gurih

Indonesia terkenal dengan keanekaragaman kulinernya, salah satu jenis kuliner yang disukai masyarakat adalah bubur, ada banyak macam bubur khas Indonesia, seperti bubur kacang hijau, bubur kacang merah, bubur sumsum, bubur candil, bubur pulut hitam, dan sebagainya. Tapi disini kami hanya akan membahas tentang bubur sumsum, bubur ini sering dimakan pada waktu pagi hari sebagai serapan.

Resep Cara Membuat Bubur Sumsum

Gambar Bubur Sumsum Dengan Berbagai Tampilan Via Google.co.id

Bubur sumsum ini sangat baik untuk pencernaan karena tekstur buburnya yang lembut sehingga memakannya pun tidak perlu dikunyah berkali-kali, mungkin sebagian dari anda bertanya-tanya, Bagaimana cara membuat olahan bubur sumsum ini? Anda tidak perlu khawatir, karena dalam artikel ini kami akan membahas bagaimana cara membuat bubur sumsum, sehingga anda dapat mempelajarinya dirumah.

Jika keluarga anda salah satu penikmat bubur, mungkin anda bisa mencobanya dirumah, sehingga keluarga anda dapat merasakan nikmatnya bubur buatan anda, meyenangkan bukan? Okeee… kalau begitu dari pada berlama – lama, langsung saja kita ke resep dan cara pembuatannya.

Resep Membuat Bubur Sumsum

Bubur sumsum dapat kita temui dipasar pagi atau mungkin pedagang bubur keliling, namun jika anda malas untuk keluar rumah untuk membeli, anda dapat membuatnya sendiri dirumah . Ada hal-hal positif yang anda dapatkan dalam membuat bubur  sendiri dibandingkan anda membelinya dari para pedagang . Kalau begitu , dibawah ini kami sudah menyiapkan resep dan cara membuatnya menjadi lebih enak dan gurih . Berikut ulasannya untuk anda .

Bahan Utama, antara lain :

  1. Tepung beras sebanyak 100 gram
  2.  Daun pandan sebanyak 3 lembar, bersihkan dan kemudian sobek, buat menyimpul.
  3. Santan kental sebanyak 650 mililiter dari 1 buah kelapa tua.
  4. Garam sebanyak ½ sdt.
  5. Air bersih sebanyak 100 mililiter
  6. Gula merah sebanyak 200 gram. Serut halus.
  7. Daun pandan sebanyak 2 lembar. Bersihkan dan kemudian buat menjadi simpul

Proses Pembuatan Bubur Sumsum Gurih

Setelah semua bahan dari bubur sumsum dipersiapkan , kini saatnya anda untuk memulai proses pembuatannya . Secara garis besar , kami akan menjelaskannya kepada anda bagaimana tahap-tahap dari pembuatan bubur sumsum , berikut ulasannya untuk anda .

  • Pertama, bagi dua santan ke dalam dua wadah.
  • Santan pada wadah pertama di panaskan bersama dengan simpulan daun pandan dengan keadaan api kecil sembari terus diaduk dan jangan sampai pecah.
  • Kemudian santan di wadah kedua dicampur dengan tepung terigu, tambahkan juga garam secukupnya, aduk hingga merata.
  • Selanjutnya, tuang santan yang berada diwadah yang kedua tersebut ke dalam santan yang tengah dipanaskan. Aduk terus hingga menjadi bubur yang kental.
  • Setelah bubur mengental, angkat bubur dan letakkan kedalam mangkuk yang telah disiapkan, dan dinginkan.

Membuat Kuah Tabur Bubur Sumsum

  • Masukkan air dan gula merah kedalam panci, kemudian rebus dengan menggunakan api yg sedang.
  • Setelah rebusan air gula mendidih, masukkan lembaran daun pandan yang telah disiapkan, Aduk hingga rebusan mengental dan berbau pandan.
  • Setelah rebusan air gula mengental dan sudah tercium bau pandan, angkat rebusan dan tuang ke dalam wadah yang telah disiapkan.

Simak juga : Resep Masakan: Cara Membuat Bubur Ayam Spesial

Dan kini bubur sumsum siap untuk dihidangkan dan menemani cemilan anda di sore hari dan serapan anda di pagi hari . Makanan yang satu ini sangat nikmat disajikan dalam keadaan hangat maupun dingin. Bagaimana? sangat mudah bukan dan praktis. Anda patut mencobanya di rumah. Selamat mencoba !

Resep Masakan: Cara Membuat Bubur Sumsum Enak Gurih | Siopung | 4.5