Aneka Resep: Cara Membuat Tempe Gembus, dan Bacem

Tempe adalah makanan wajib bagi orang indonesia yang berasal dari fermentasi biji kedelai . Bahkan saat ini, makanan ini tidak hanya populer di didalam negeri, kabarnya tempe saat ini dijual dengan harga yang mahal di luar negeri seperti Amerika . Namun, sungguh aneh jika kita selaku orang indonesia hanya tahu memakannya saja tetapi tidak mengetahui proses pembuatannya . Untuk itu, kami akan bagikan kepada anda bagaimana proses membuat tempe dengan mudah dan cepat . Berikut ulasannya .

Artikel Cara Membuat Tempe

Gambar Tempe Dalam Berbagai Bentuk Via Google.co.id

Cara Membuat Tempe Gembus

Tempe gembus adalah salah satu jenis yang sangat populer di pulau jawa, lombok, dan bali . Ini adalah jenis yang berasal dari ampas tahu jawa , dan ampas kacang gude . Namun cenderung banyak orang yang lebih sering menggunakan ampas tahu dibandingkan kacang gude . Dalam proses pembuatannya sebenarnya tidak terlalu sulit . Namun takaran air hingga ragi harus benar-benar tepat untuk mendapatkan hasil yang bagus . Berikut proses pembuatannya :

Pertama, bahan yang diperlukan adalah ampas tahu . Ampas tahu perlu direbut menggunakan air mendidih kurang lebih selama 15-20 menit . Hal ini dilakukan untuk mendapatkan kondisi ampas yang steril terhindari dari bakteri . Sebaiknya ampas tahu direbus untuk mempermudah proses fermentasi .

Kedua, menggunakan tampah atau tikar yang terbuat dari bambu, anda dapat mendinginkan ampas tahu yang sebelumnya telah direbus . Tunggu sampai ampas tersebut dapat dipegang dengan tangan . Setelah itu, kita lanjut ke proses berikutnya .

Ketiga, campurkan bahan ragi tempe sebanyak 3-4 sendok makan untuk ukuran 50 liter ampas tahu . Setelah itu, aduk hingga merata sampai ragi tempe benar-benar teraduk .

Keempat, cetak adonan menggunakan pembungkus pelastik atau daun pisang .

Kelima, Lakukan proses pengeraman dengan meletakkan tempe gembus di ruangan bersuhu normal . Tunggu hingga 2 hari 2 malam . Setelah itu, anda akan melihat tempe gembus siap pengolahan selanjutnya .

Cara Membuat Tempe Bacem

Cara Membuat Tempe Bacem

Gambar Tempe Bacem Gurih Via Google.co.id

Tempe bacem sangat enak bila dihidangkan bersama dengan lauk pauk lainnya . Jika ingin dijadikan cemilan, sebaiknya dihidangkan bersama dengan dengan sambel kecap atau sejenisnya . Makanan yang satu ini sangat populer di indonesia . Berasal dari tanah jawa, makanan ini menjadi salah satu makanan nusantara yang paling enak.

Ada beberapa varian dalam membuat tempe bacem . Yang pertama adalah menggunakan air kelapa dan kedua tidak menggunakan air kelapa . Pada saat ini sudah banyak bumbu praktis dalam bentuk tepung yang dijual di supermarket, untuk dijadikan sebagai bumbu tabur dari tempe bacem . Namun , akan lebih nikmat jika kita bisa membuat bumbu sederhana sendiri .  Berikut bahan-bahan yang diperlukan .

  1. 800 gram tempe, potong sesuai selera
  2. 600 ml air
  3. 2 sdm gula merah
  4. 2 sdm air asam
  5. garam, gula dan kecap manis sesuai selera
  6. 4 lembar daun salam
  7. 4 cm lengkuas, geprek
  8. minyak untuk menggoreng aluskan

Untuk bumbu, haluskan beberapa bahan dibawah ini:

  • 8 butir bawang merah
  • 6 siung bawang putih
  • 1½ sdt ketumbar
  • 3 butir kemiri

Masukkan bahan-bahan seperti, gula merah, asam, gula, garam, dan kecap manis di dalam wajan atau panci yang sudah terisi air kelapa. Masukkan tempe, susun dan ratakan hingga kerendam bumbu, tambahkan daun salam dan lengkuas. Setelah itu , angkat dan kemudian lakukan proses penggorengan . Tips, air kelapa digunakan agar  rasa dari tempe tidak pahit .

Jangan lewatkan ! Resep Masakan: Cara Membuat Bubur Ayam Spesial

Bumbu yang sudah dihaluskan, dicampurkan dengan air secukupnya . Panaskan minyak goreng, kemudian taburkan atau rendamkan tempe di wadah cairan bumbu sebelumnya . Setelah itu, masukkan kedalam minyak goreng yang sudah memanas . Setelah itu, tempe siap untuk disajikan . Demikian resep sederhana membuat tempe gembus dan bacem .

Aneka Resep: Cara Membuat Tempe Gembus, dan Bacem | Siopung | 4.5