Cara Menabung Yang Baik dan Efektif Agar Cepat Kaya

Cara Menabung Yang Baik dan Efektif Agar Cepat Kaya – Menabung adalah salah satu kegiatan manajemen keuangan yang baik untuk masa depan . Sedari dulu kita telah dibumbui dengan kata-kata mutiara “Hemat Pangkal Kaya” .Ternyata pernyataan ini tidaklah salah dan tidak juga benar . Dalam hal apa kita harus berhemat ? dan dalam hal apa kita harus menghabiskan uang ? . Jika untuk pendidikan , tentu tidak ada salahnya kita habiskan uang yang begitu besar mengingat manfaatnya yang juga besar untuk kita . Kegiatan menabung adalah salah satu dari tindakan hidup hemat secara finansial . Lantas , apa yang menyebabkan kita terkadang sulit untuk melakukan kegiatan positif yang satu ini ? .

Cara Menabung Yang Baik dan Efektif

Penyebab Sulitnya Membiasakan Menabung

Ada beberapa penyebab yang menjadi faktor utama seseorang sulit untuk membiasakan menabungkan uangnya . Kami akan membagi penyebab ini menjadi 2 yaitu Internal dan Eksternal . Internal merupakan permasalahaan yang datang dari dalam diri , sedangkan eksternal adalah permasalahaan yang datang dari lingkungan atau diluar dari diri anda .

Internal – Hal ini bisa mengacu pada niat dan kesungguhan anda dalam menabung dan lemahnya target yang ditentukan . Sebaiknya , anda tentukan terlebih dahulu tujuan anda menabung . Sehingga anda mendapatkan dorongan yang kuat dari dalam diri . Kita ambil contoh bahwa anda menabung untuk membeli rumah demi tempat tinggal yang nyaman untuk istri dan anak-anak anda .

Eksternal – Hal ini menyangkut akan kebutuhan yang tidak terbendung lagi . Seperti biaya pendidikan anak , sewa rumah , dan lain-lainnya . Selain itu , lingkungan pertemanan juga sangat mempengaruhi kebiasaan menabung anda . Anda harus membentengi diri untuk tidak mengikuti gaya hidup konsumtif yang dilakukan oleh lingkungan pertemanan anda . Mungkin saat ini anda harus memikirkan dua kali jika ada teman yang mengajak untuk nongkrong .

Cara Menabung Dengan Metode Unik dan Mendorong Anda Mengumpulkan Uang Sebanyak-banyaknya

Ada berbagai cara menabung yang bisa anda terapkan dalam kehidupan sehari-hari . Beberapa metode tersebut tentunya tidak akan berjalan dengan baik jika anda tidak serius untuk melakukannya . Hal ini menyangkut permasalahan internal yang telah kami singgung sebelumnya . Ada keterkaitan permainan dengan perhatian manusia . Cenderung kita akan lebih serius bermain dibandingkan serius untuk hal-hal yang serius . Jadi , mari kita ubah mindset menabung yang melelahkan menjadi sebuah permainan . Berikut beberapa metode yang bisa anda terapkan dalam kehidupan sehari-hari .

Metode Nominal – Metode nominal yang satu ini dianggap sangat efektif diterapkan untuk anda yang malas dalam menabung . Karena dengan metode tersebut , anda dipacu tidak hanya untuk menabung , tetapi ditantang untuk mencari nominal uang tertentu . Misalkan saja adalah nominal uang 20 rb . Saat anda menemukan uang dengan nominal tersebut , maka anda wajib untuk menyimpannya dalam sebuah celengan . Begitu seterusnya . Jika anda tidak mendapati uang nominal 20 rb , maka anda tidak menabung . Sangat simpel , namun memiliki tantangan tersendiri .

Jika dalam sebulan anda menemukan uang dengan nominal 20 rb sebanyak 20 kali , maka anda telah berhasil menyimpan uang sebanyak Rp 400.o00 dalam satu bulan . Mungkin saja angka tersebut lebih besar daripada yang bisa anda simpan selama ini . Metode ini sangat cocok diterapkan oleh mereka mahasiswa , pekerja lepas , yang tidak memiliki pendapatan tetap .

Ketahui juga : Tips Menabung dan Mengelola Keuangan Untuk Mahasiswa

Metode Kelipatan – Metode kelipatan seperti sebuah permainan . Orang yang menerapkan metode ini cenderung menyebutkan hal ini adalah sebuah Game yang memiliki tantang tersendiri dan dapat memacu anda untuk lebih bekerja keras dalam mencapai target . Dalam menabung menggunakan metode kelipatan , anda diharuskan menabung dalam waktu 1 minggu sekali . Setiap minggunya , uang yang harus anda tabung ditambah dengan nominal uang di tabungan awal .

Menabung

Menabung Dengan Metode Kelipatan Memberikan Tantangan Tersendiri Via id.theasianparent.com

Misalnya saja minggu pertama anda memasukkan Rp 10.000 , maka di minggu kedua anda memasukkan Rp 20.000 , dan di minggu ketiga Rp 30.000 . Permainan ini akan finish saat tabungan anda memasuki minggu ke 52 . Namun jika anda merasa tidak sanggup dengan metode tersebut , anda dapat mengurangi nominal kelipatannya . Bayangkan saja , jika anda berhasil menjalankan tantangan ini maka anda dapat mengumpulkan uang senilai Rp 13.780.000 / tahun .

Tempat Menabung Yang Memberikan Nilai Tambah dan Anda Akan Cepat Kaya

Secara umum banyak orang akan menabungkan uangnya ke Bank , karena dapat memberikan bunga . Tapi tahukah anda bahwa keuntungan yang diberikan oleh Bank lebih kecil dibandingkan anda menabungkan uang di berbagai sektor . Contohnya saja adalah menabung uang dengan emas . Hal ini akan memberikan nilai tambah yang baik untuk tabungan anda . Hal ini merupakan dorongan untuk anda mencari jenis investasi yang baik dan menguntungkan .

Untuk anda yang ingin mencari aman , anda dapat menabungkan uang di bank . Ada banyak bank nasional saat ini yang dijamin oleh Ojk . Seperti Bank Mandiri , BRI , BCA , dan lain-lain . Anda dapat menerapkan metode kelipatan ataupun metode nominal yang sudah kami jelaskan diatas . Jika anda lebih serius lagi , anda dapat mencoba layanan tabungan deposito yang memberikan bunga yang lebih tinggi dari tabungan biasa . Menyimpan uang di bank tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan .

Ketahui Juga : Manfaat Menabung di Bank

Salah satu kekurangan menabung di bank adalah bunga yang relatif lebih kecil sehingga dana yang anda simpan sulit untuk berkembang . Untuk itu anda dapat mencoba menyimpan uang dalam bentuk emas , properti , dan barang-barang lainnya yang memiliki peningkatan harga di masa depan .

Cara Menabung Yang Baik dan Efektif Agar Cepat Kaya | Siopung | 4.5