Cara Mencari Batu Akik Di Alam Bebas

Meningkatnya trend batu akik tentunya membuka pintu yang lebar bagi siapa saja yang ingin mencari keuntungan . Nilai bisnis yang menjanjikan , membuat banyak orang berlomba-lomba untuk mencari batu yang dianggap berkhasiat tersebut . Indonesia merupakan negara dengan kondisi alam yang sangat cocok untuk anda menemukan batu akik sendiri .

Cara Mencari Batu Akik

Untuk memulai mencari batu akik , anda tentunya memerlukan peralatan-peralatan yang biasa digunakan oleh mereka para penambang . Peralatan tersebut meliputi palu ( martil ) , senter , cangkul , dan jarum . Dalam artikel ini , kami akan menjelaskan manfaat dan fungsi masing-masing alat tersebut .

Survei Tempat Yang Cocok Untuk Mencari Batu Akik

Yang harus anda lakukan pertama kali adalah melakukan survei tempat . Anda dapat mencari informasi terkait daerah yang memungkinkan menghasilkan batu akik dari mulut ke mulut . Sebenarnya tidak ada ciri-ciri khusus dimana tempat batu tersebut berada . Namun secara umum , tempat yang sangat memungkinkan dan memiliki peluang untuk anda menemukan batu akik adalah disekitaran aliran sungai .

Di Indonesia ada banyak tempat yang memiliki batu akik terpopuler dan batu tersebut berasal dari Sungai . Contohnya saja adalah sungai dareh ( Sumatera Barat ) , sungai Klawing ( Purbalingga ) , sungai code ( Yogyakarta ) , dan masih banyak lagi . Mungkin anda bisa memulainya dari aliran-aliran sungai terdekat di daerah anda .

Membawa Teman atau Sahabat

Demi kemanan dan keselamatan anda , tidak ada salahnya untuk pergi mencari batu akik bersama teman . Hal ini tentunya untuk mengurangi resiko terhadap kemungkinan terburuk yang akan anda alami selama berada di sungai .

Selain itu juga , proses pencarian batu akik akan lebih cepat jika ada yang membantu anda . Jangan lupa membawa bekal , saat anda bersama dengan teman pergi mencari batu . Karena , mencari batu akik akan menguras tenaga anda .

Persiapkan Peralatan

Sebelum pergi , persiapkan semua peralatan yang kami sebutkan diawal . Yaitu Palu ( martil ) , senter , cangkul , dan jarum . Selain dari peralatan tersebut , anda juga dapat menambahkannya sesuai kebutuhan . Dan kini , anda telah bersiap untuk mencari batu akik .

Sungai Tempat Menemukan batu Akik

Namun , untuk membuat anda tidak buta sewaktu di lapangan . Anda dapat mempelajari terlebih dahulu , bentuk dan karakteristik dari bongkahan batu akik . Untuk dapat mempelajarinya , anda dapat melihat berbagai macam gambar bentuk bongkahan yang ada di Internet , atau anda dapat langsung datang ke pedagang batu akik di kota anda .

Adapun beberapa hal tentang batu akik yang harus anda pelajari adalah sebagai berikut :

A. Bentuk dan Karakteristik Batu Akik

Pada umumnya , agate ( batu akik ) yang ada di sungai memiliki bentuk yang bulat dan terpecah-pecah menjadi bongkahan yang kecil . Berbeda dengan jenis batu yang ada di dalam tanah , perbukitan atau juga di gunung , yang memiliki ukuran bongkahaan yang lebih besar .

B. Jenis dan Nama Batu Akik

Mengenal jenis dan nama batu akik juga sangat berguna untuk anda di lapangan . Dengan anda mengenal berbagai jenis batu , maka anda akan lebih peka dan mudah menemukannya . Jenis dan nama batu akik , dapat anda pelajari secara bertahap melalui buku gemologi yang mempelajari tentang batuan mineral dan permata atau anda juga bisa menggunakan internet sebagai media belajar .

Setelah anda berhasil mempelajari sedikit bentuk dan karakteristik dari batu akik , maka peruburan pun bisa dimulai . Anda dapat memperhatikan berbagai macam batu yang anda lalui saat menjelajah area dimana anda mencari batu akik . Untuk memeriksa apakah batu tersebut pantas untuk dijadikan , maka anda dapat menerapakan beberapa teknik indentifikasi sederhana dibawah ini .

1. Menusuk Batu Dengan Jarum 

Metode pertama adalah menusuk batu dengan jarum . Jenis batu akik yang cocok untuk dijadikan perhiasan , seharusnya memiliki tekstur kepadatan dan kekerasan yang baik . Jika jarum berhasil masuk , maka batu tersebut tidak layak untuk dijadikan perhiasan .

2. Memukul Sisi Batu Dengan Martil

Bongkahan Batu

Memukul batu dengan martil atau palu , bermanfaat untuk melihat motif , corak , atau warna . Sebagian batu memiliki karakteristik warna yang buram dan hitam , tetapi hal tersebut tidak masalah . Anda dapat melihat dengan sangat jelas batu tersebut saat dipukul . Untuk batu akik yang berwarna hitam , maka saat dipukul akan terlihat warna hitam jug dan terlihat hampir glossy .

3. Menyenter Batu Dengan Cahaya

Menyenter batu dengan cahaya adalah cara terbaik untuk mencari petunjuk batu tersebut . Banyak jenis batu akik yang tembus dan ada juga yang buram alias tembus sedikit . Jika batu tersebut menjukkan warna yang berbeda saat disenter , sudah bisa dipastikan bahwa batu tersebut layak untuk dijadikan .

Sebenarnya , suatu mineral dapat disebut sebagai batu permata jika memiliki 3 sifat dasar . Sifat dasar ini lah yang bisa anda gunakan untuk menjadi acuan menentukan apakah batu tersebut layak disebut permata .

– Keindahan

Suatu mineral dapat dikatakan sebagai permata apabila ia memiliki keindahan . Baik itu pada warna , motif atau coraknya . Walaupun begitu , nilai keindahaan dari sebuah batu menjadi sangat relatif di mata orang .

– Ketahanan

Sebuah mineral dapat dikatakan sebagai batu permata , apabila ia memiliki ketahanan yang kuat . Oleh sebab itu , batu permata akan memiliki harga yang semakin tinggi apabila memiliki kekerasan dan kepadatan yang kuat . Satuan dalam pengukuran kekerasan batu adalah Skala Mohs .

Mohs sendiri merupakan suatu Skala kekerasan sebuah mineral dengan mengklasifikasikan resistensi goresan terhadap berbagai mineral melalui kemampuan suatu bahan keras menggores bahan yang lebih lunak . Skala ini diciptakan oleh mineralog Friedrich Mohs pada tahun 1812 .

– Kelangkaan

Selain itu , sebuah mineral dapat dikatakan sebagai batu permata apabila memiliki kelangkaan atau sulit ditemukan . Jenis batu yang langka , pastilah memiliki harga yang sangat tinggi .

Walaupun tidak ada yang salah dalam mencari batu akik , tetap saja akan salah apabila dalam pencarian anda merusak alam . Jadi , marilah kita rawat keindahaan alam jangan sampai alam yang ada ditempat kita menjadi rusak karena kerakusan mencari batu akik demi uang .

Cara Mencari Batu Akik Di Alam Bebas | Siopung | 4.5