3 Cara Menghentikan Kebiasaan Bermain Facebook Menurut Psikolog

3 Cara Menghentikan Kebiasaan Bermain Facebook Menurut Psikolog

Gambar Facebook Via Pixabay.com

Facebook adalah sebuah situs jajaring sosial diaman kamu banyak mendapatkan informasi tentang kabar terbaru dari teman-temanmu. Berdasarkan data, rata-rata pengguna facebook menghabiskan setidaknya 40 menit-1 jam lebih hanya untuk membaca kabar terbaru dan membuat status. Hal ini tentunya sangat berbahaya, dimana sifat candu membuat anda menjadi tidak produktif.

Berdasarkan penelitian yang ada, mereka yang tidak membuka jejaring sosial dalam satu hari, cenderung lebih bahagia daripada mereka yang tiap hari memainkannya. Apa yang membuat seseorang menjadi tidak bahagia jika terlalu sering membuka facebook ?

Dampak Negatif Bermain Facebook

Ada berbagai sudut pandang berbeda terkait apakah sebenarnya fb memberikan efek negatif atau tidak. Sebagian pendapat menyatakan bahwa facebook menyumbang pengaruh yang sangat besar terhadap kejahatan saat ini. Pasalnya, informasi kekerasan dan kejahatan bebas bertebaran di dinding pengguna. Hal ini memicu masuknya informasi yang salah dan berbahaya.

Sebagian orang mungkin menganggap hal tersebut tidak terlalu penting. Namun bagi sebagian orang lagi dengan kondisi mental yang berbeda, hal ini tentulah sangat berbahaya.

Bahkan ada rumor yang menyatakan jika pemilik dan pendiri facebook yaitu Mark Zuckernberg akan datang ke indonesia memenuhi panggilan pemerintah untuk membahas salah satu isu yang sangat marak pada akhir-akhir ini yaitu berita hoax.

Berita hoax ternyata menjadi sebuah ancaman yang sangat mengerikan bagi sebuah negara. Pasalnya, ada pihak-pihak tertenu terkhusu yang sangat kontra dengan pemerintah memanfaatkan sebagai sumber daya untuk menjatuhkan atau menggulingkan.

Selain sangat berbahaya bagi negara, ternyata kabar hoax juga sangat berbahaya bagi ketentraman hidup bermasyarakat. Selain beberapa masalah tersebut, adapun beberapa dampak negatif bermain facebook lainya adalah sebagai berikut.

Mengganggu Pekerjaan

Ini adalah hal yang sangat wajar mengingat kebanyakan orang menghabiskan waktu yang terlalu lama untuk membuka facebook. Hal ini tentunya membuat seseorang tidak menjadi produktif terhadap pekerjaannya. Orang yang terlalu candu dengan internet akan menimbulkan sifat buruk yaitu malas.

Kurangnya Interaksi Sosial

Akibat kurangnya interaksi sosial, kebanyakan pengguna facebook akan cenderung egois dan sulit beradaptasi dengan lingkungan. Bahkan kecendrungan menjadi anti sosial. Hal ini tentu sangat buruk dalam kehidupan bermasyarakat. Mengingat interaksi sosial sangatlahh penting untuk kepribadian seseorang.

Menjadi Tidak Bahagia

Di Facebook, orang hanya akan memperlihatkan sisi sempurna. Manusia memiliki kecendrungan mendapatkan kesedihan jika melihat orang lain bahagia. Jika dalam jumlah yang sedikit, hal ini tentu tidak menjadi masalah. Namun jika anda selalu melihat kebahagian orang lain setiap hari, hal ini akan menjadi tekanan bagi anda secara pribadi. Pasalnya, anda akan selalu membandingkan diri anda dengan orang lain.

Cara Menghentikan Kebiasaan Bermain Facebook

Ada banyak cara yang bisa anda terapkan untuk menghentikan kebiasaan yang satu ini. Berikut ini kami akan jabarkan kepada anda cara alternatif yang bisa anda lakukan untuk menghilangkan kecanduan tersebut.

1. Akui Bahwa Anda Kecanduan

Yang pertama adalah akui bahwa diri anda memiliki kecanduan bermain facebook. Salah satu indikasi anda memiliki kecanduan bermain facebook adalah memiliki perasaan sulit jika tidak membuka nya dalam satu hari. Hal ini adalah tanda-tanda bahwa facebook sudah menjadi kebutuhan anda.

Oleh sebab itu, yang pertama anda harus sadar terlebih dahulu bahwa anda adalah seorang yang sangat maniak facebook. Jika anda tidak sadar dahulu, maka langkah-langkah selanjutnya mungkin tidak akan anda lakukan.

2. Ubah Pola Pikir Anda Tentang Facbook

Ada berbagai alasan yang menyebabkan seseorang selalu membuka facebook. Yang harus anda lakukan anda menghapus semua alasan tersebut dan mulailah untuk tidak membuka nya setiap hari. “hari ini aku tidak membuka facebook”, ini adalah pola pikir yang salah.

Mulai kenali dampak negatifnya terlebih dahulu. “Jika anda selalu update status atau membagikan sesuatu di facebook, teman atau keluarga anda akan mudah mendikte anda”. Tentu hal ini sangatlah berbahaya bukan? . Pola pikir seperti ini akan membantu anda terlepas dari kecanduan bermain facebook.

3. Coba Cari Kegiatan Yang Lebih Positif

Berinteraksi dengan teman-teman atau bersosial akan membuat anda lupa bermain facebook. Pastikan bahwa anda memiliki pandangan memiliki sedikit teman di dunia nyata lebih baik dibandingkan memiliki ribuan teman di dunia maya. Traveling atau mengunjungi tempat-tempat terbaru adalah cara terbaik anda menghentikan kebiasaan bermain facebook.

Baca Dulu Bongkar Rahasia Cara Mendapatkan Uang Dari Facebook Yang Halal

Jika anda tidak ingin mengeluarkan dana yang berlebih, anda dapat mencari alternatif lain seperti melukis atau belajar bermain musik terbaru yang tidak anda ketahui.

 

3 Cara Menghentikan Kebiasaan Bermain Facebook Menurut Psikolog | Siopung | 4.5